BERANDA ABOUT US ADS : 1 USD FOREVER ASMARA BIOGRAFI BUKU BUKU PINTAR
CHRISTIAN FAITH DISCLAIMER DUNIA KERJA ENTREPRENEURS GO PUBLIC (IPO)
KESEHATAN LIST OF ALL ARTICLES MARKETING MY STARTUP OTHERS
TIP SUKSES DAN KAYA TIPS BLOGGER TIP SEO
APA ITU GOOGLE PAGERANK?
Pagerank adalah sebuah istilah SEO untuk sistem penilaian yang memberikan poin-poin pada setiap halaman web di dunia maya yang dimiliki oleh Google. Poin yang diperoleh masing-masing halaman akan diikutsertakan dalam penilaian akhir untuk posisi di halaman pencarian. Semakin besar poinnya, maka semakin besar juga "bantuan" yang diberikan untuk posisi anda. Tapi perlu diperhatikan, bahwa porsi yang diberikan kepada pagerank saat ini sudah tidak sebesar dulu. Jadi hanya karena anda mempunyai PR3 belum tentu anda bisa mengalahkan PR0, jika PR0 ini unggul di poin-poin lainnya....
Pagerank adalah sebuah istilah SEO untuk sistem penilaian yang memberikan poin-poin pada setiap halaman web di dunia maya yang dimiliki oleh Google. Poin yang diperoleh masing-masing halaman akan diikutsertakan dalam penilaian akhir untuk posisi di halaman pencarian. Semakin besar poinnya, maka semakin besar juga "bantuan" yang diberikan untuk posisi anda. Tapi perlu diperhatikan, bahwa porsi yang diberikan kepada pagerank saat ini sudah tidak sebesar dulu. Jadi hanya karena anda mempunyai PR3 belum tentu anda bisa mengalahkan PR0, jika PR0 ini unggul di poin-poin lainnya....
BAGAIMANA CARA MENGHITUNG GOOGLE PAGERANK?
Rumus Pagerank
Rumus untuk menghitung Google pagerank itu sendiri adalah:
PR = 0.15 + 0.85 (PR(T1)/C(T1) + PR(T2)/C(T2) + ... + PR(Tn)/C(Tn))
Keterangan:
PR(T1) itu nilai pagerank halaman T1
C(T1) itu jumlah link yang keluar dari halaman T1
berlaku seterusnya dari T2 sampai Tn
Rumus inilah yang akan diiterasi berulang-ulang sampai batas yang ditentukan Google. Kondisi akhir dari iterasi inilah yang akan menjadi poin untuk halaman-halaman saudara.
Rumus untuk menghitung Google pagerank itu sendiri adalah:
PR = 0.15 + 0.85 (PR(T1)/C(T1) + PR(T2)/C(T2) + ... + PR(Tn)/C(Tn))
Keterangan:
PR(T1) itu nilai pagerank halaman T1
C(T1) itu jumlah link yang keluar dari halaman T1
berlaku seterusnya dari T2 sampai Tn
Rumus inilah yang akan diiterasi berulang-ulang sampai batas yang ditentukan Google. Kondisi akhir dari iterasi inilah yang akan menjadi poin untuk halaman-halaman saudara.
Rumus inilah yang akan diiterasi berulang-ulang sampai batas yang ditentukan Google. Kondisi akhir dari iterasi inilah yang akan menjadi poin untuk halaman-halaman saudara.
Contoh Kasus Perhitungan Pagerank
Sekarang kita lihat contoh kasus penerapannya hitungan ini di antara dua halaman web:
Dalam kasus di atas, keduanya dimulai dengan PR2 (sebenarnya kita tidak tahu nilai PRnya berapa, tapi kita asumsikan saja nilainya sama-sama PR2.... Anda mau ganti nilai keduanya menjadi berapa saja boleh...hasilnya akan sama saja nanti, tidak percaya?
Perhitungan pertama....
PR Halaman 1 = 0.15 + 0.85(2/1) = 1.85
PR Halaman 2 = 0.15 + 0.85(1.85/1) = 1.72
Kita lakukan iterasi kedua....
PR Halaman 1 = 0.15 + 0.85(1.72/1) = 1.61
PR Halaman 2 = 0.15 + 0.85(1.61/1) = 1.51
Kita lakukan iterasi ketiga
PR Halaman 1 = 0.15 + 0.85(1.51/1) = 1.43
PR Halaman 2 = 0.15 + 0.85(1.43/1) = 1.21
Iterasi terus berlanjut
PR Halaman 1 = 0.15 + 0.85(1.21/1) = 1.17
PR Halaman 2 = 0.15 + 0.85(1.17/1) = 1.14
........
PR Halaman 1 = 0.15 + 0.85(1.14/1) = 1.11
PR Halaman 2 = 0.15 + 0.85(1.11/1) = 1.09
Anda bisa melihat bahwa angkanya semakin mendekati PR1, oleh karena itulah banyak yang beranggapan bahwa nilai default PR suatu halaman adalah PR1. Yang akan merubah itu nantinya adalah berapa banyak link masuk dan link keluar dari halaman tersebut.
Jadi mari kita buat perhitungannya sedikit lebih kompleks lagi... Bagaimana jika melibatkan 4 halaman, yaitu 1 homepage, 1 halaman artikel, dan 2 halaman dari website lain.... Lihat gambar di bawah ini.
Kita berikan lagi asumsi PR awal untuk keempat halaman ini...terserah berapa saja. Kali ini kita asumsikan semuanya bernilai PR1. Apa yang akan terjadi jika keempat halaman ini dirangkai seperti di atas? Mari kita lihat....
Iterasi pertama....
PR Halaman Beranda = 0.15 + 0.85(1/3 + 1/1) = 1.28
PR Halaman Artikel = 0.15 + 0.85(1.28/1) = 1.24
PR Halaman Eksternal 1 = 0.15 + 0.85(1.24/3) = 0.50
PR Halaman Eksternal 2 = 0.15 + 0.85(1.24/3) = 0.50
Iterasi kedua dengan nilai di atas
PR Halaman Beranda = 0.15 + 0.85(0.50/1 + 1.24/3) = 0.93
PR Halaman Artikel = 0.15 + 0.85(0.93/1) = 0.94
PR Halaman Eksternal 1 = 0.15 + 0.85(0.94/3) = 0.42
PR Halaman Eksternal 2 = 0.15 + 0.85(0.94/3) = 0.42
Setelah 40 kali iterasi maka nilainya menjadi seperti di bawah ini:
PR Halaman Beranda = 0.64
PR Halaman Artikel = 0.69
PR Halaman Eksternal 1 = 0.34
PR Halaman Eksternal 2 = 0.34
Sekarang kita lihat contoh kasus penerapannya hitungan ini di antara dua halaman web:
Dalam kasus di atas, keduanya dimulai dengan PR2 (sebenarnya kita tidak tahu nilai PRnya berapa, tapi kita asumsikan saja nilainya sama-sama PR2.... Anda mau ganti nilai keduanya menjadi berapa saja boleh...hasilnya akan sama saja nanti, tidak percaya?
Dalam kasus di atas, keduanya dimulai dengan PR2 (sebenarnya kita tidak tahu nilai PRnya berapa, tapi kita asumsikan saja nilainya sama-sama PR2.... Anda mau ganti nilai keduanya menjadi berapa saja boleh...hasilnya akan sama saja nanti, tidak percaya?
Perhitungan pertama....
PR Halaman 1 = 0.15 + 0.85(2/1) = 1.85
PR Halaman 2 = 0.15 + 0.85(1.85/1) = 1.72
Kita lakukan iterasi kedua....
PR Halaman 1 = 0.15 + 0.85(1.72/1) = 1.61
PR Halaman 2 = 0.15 + 0.85(1.61/1) = 1.51
Kita lakukan iterasi ketiga
PR Halaman 1 = 0.15 + 0.85(1.51/1) = 1.43
PR Halaman 2 = 0.15 + 0.85(1.43/1) = 1.21
Iterasi terus berlanjut
PR Halaman 1 = 0.15 + 0.85(1.21/1) = 1.17
PR Halaman 2 = 0.15 + 0.85(1.17/1) = 1.14
........
PR Halaman 1 = 0.15 + 0.85(1.14/1) = 1.11
PR Halaman 2 = 0.15 + 0.85(1.11/1) = 1.09
Anda bisa melihat bahwa angkanya semakin mendekati PR1, oleh karena itulah banyak yang beranggapan bahwa nilai default PR suatu halaman adalah PR1. Yang akan merubah itu nantinya adalah berapa banyak link masuk dan link keluar dari halaman tersebut.
Jadi mari kita buat perhitungannya sedikit lebih kompleks lagi... Bagaimana jika melibatkan 4 halaman, yaitu 1 homepage, 1 halaman artikel, dan 2 halaman dari website lain.... Lihat gambar di bawah ini.
Kita berikan lagi asumsi PR awal untuk keempat halaman ini...terserah berapa saja. Kali ini kita asumsikan semuanya bernilai PR1. Apa yang akan terjadi jika keempat halaman ini dirangkai seperti di atas? Mari kita lihat....
Iterasi pertama....
PR Halaman Beranda = 0.15 + 0.85(1/3 + 1/1) = 1.28
PR Halaman Artikel = 0.15 + 0.85(1.28/1) = 1.24
PR Halaman Eksternal 1 = 0.15 + 0.85(1.24/3) = 0.50
PR Halaman Eksternal 2 = 0.15 + 0.85(1.24/3) = 0.50
Iterasi kedua dengan nilai di atas
PR Halaman Beranda = 0.15 + 0.85(0.50/1 + 1.24/3) = 0.93
PR Halaman Artikel = 0.15 + 0.85(0.93/1) = 0.94
PR Halaman Eksternal 1 = 0.15 + 0.85(0.94/3) = 0.42
PR Halaman Eksternal 2 = 0.15 + 0.85(0.94/3) = 0.42
Setelah 40 kali iterasi maka nilainya menjadi seperti di bawah ini:
PR Halaman Beranda = 0.64
PR Halaman Artikel = 0.69
PR Halaman Eksternal 1 = 0.34
PR Halaman Eksternal 2 = 0.34
PR Halaman 1 = 0.15 + 0.85(2/1) = 1.85
PR Halaman 2 = 0.15 + 0.85(1.85/1) = 1.72
Kita lakukan iterasi kedua....
PR Halaman 1 = 0.15 + 0.85(1.72/1) = 1.61
PR Halaman 2 = 0.15 + 0.85(1.61/1) = 1.51
Kita lakukan iterasi ketiga
PR Halaman 1 = 0.15 + 0.85(1.51/1) = 1.43
PR Halaman 2 = 0.15 + 0.85(1.43/1) = 1.21
Iterasi terus berlanjut
PR Halaman 1 = 0.15 + 0.85(1.21/1) = 1.17
PR Halaman 2 = 0.15 + 0.85(1.17/1) = 1.14
........
PR Halaman 1 = 0.15 + 0.85(1.14/1) = 1.11
PR Halaman 2 = 0.15 + 0.85(1.11/1) = 1.09
Anda bisa melihat bahwa angkanya semakin mendekati PR1, oleh karena itulah banyak yang beranggapan bahwa nilai default PR suatu halaman adalah PR1. Yang akan merubah itu nantinya adalah berapa banyak link masuk dan link keluar dari halaman tersebut.
Jadi mari kita buat perhitungannya sedikit lebih kompleks lagi... Bagaimana jika melibatkan 4 halaman, yaitu 1 homepage, 1 halaman artikel, dan 2 halaman dari website lain.... Lihat gambar di bawah ini.
Kita berikan lagi asumsi PR awal untuk keempat halaman ini...terserah berapa saja. Kali ini kita asumsikan semuanya bernilai PR1. Apa yang akan terjadi jika keempat halaman ini dirangkai seperti di atas? Mari kita lihat....
Iterasi pertama....
PR Halaman Beranda = 0.15 + 0.85(1/3 + 1/1) = 1.28
PR Halaman Artikel = 0.15 + 0.85(1.28/1) = 1.24
PR Halaman Eksternal 1 = 0.15 + 0.85(1.24/3) = 0.50
PR Halaman Eksternal 2 = 0.15 + 0.85(1.24/3) = 0.50
Iterasi kedua dengan nilai di atas
PR Halaman Beranda = 0.15 + 0.85(0.50/1 + 1.24/3) = 0.93
PR Halaman Artikel = 0.15 + 0.85(0.93/1) = 0.94
PR Halaman Eksternal 1 = 0.15 + 0.85(0.94/3) = 0.42
PR Halaman Eksternal 2 = 0.15 + 0.85(0.94/3) = 0.42
Setelah 40 kali iterasi maka nilainya menjadi seperti di bawah ini:
PR Halaman Beranda = 0.64
PR Halaman Artikel = 0.69
PR Halaman Eksternal 1 = 0.34
PR Halaman Eksternal 2 = 0.34
Pertanyaan umum seputar perhitungan pagerank
Apa yang anda lihat? Apakah anda merasa ada yang aneh? Mungkin akan ada yang berkata: "Total awal PR itu adalah 4x1=4, kenapa setelah diiterasi nilai totalnya kurang dari 4?" Perlu anda catat bahwa nilai 1 untuk setiap halaman tadi hanyalah sebuah asumsi saja. Anda mau kasih masuk nilai asumsi berapa saja, hasil akhirnya tidak akan jauh dari nilai ini. Semua itu dikarenakan struktur link di antara ke empat halaman tersebut.
Mungkin ada juga yang bertanya: "Kenapa halaman beranda yang menerima 2 link masuk dan cuma memberi 1 link keluar nilainya lebih kecil dari halaman artikel yang menerima cuma 1 link masuk tapi memberi 3 link keluar? Bukankah link yang keluar dari halaman artikel lebih banyak dan link masuknya lebih sedikit? Kenapa PR-nya lebih besar?"
Jawabnya sederhana.... Untuk setiap putaran perhitungan, Google Pagerank itu dinilai hanya dari link yang masuk dan bukan dari link yang keluar. Tapi berhubung ini adalah iterasi yang melingkar akhirnya jumlah link yang keluar tadi akan kembali mempengaruhi nilai masukannya.
Untuk membuat anda paham, maka anda harus melihat 1 siklus iterasi saja. Beranda nilainya mengecil karena walaupun link masuknya ada dua tapi poin keduanya kecil-kecil. Link yang masuk ke beranda berasal dari 1 halaman artikel yang poinnya terbagi 3 dan 1 halaman eksternal yang memang kecil poinnya.
Berbeda dengan halaman artikel, walaupun link masuknya cuma 1, yaitu dari beranda.... tapi hanya ada 1 link keluar dari beranda, jadi poinnya tidak terbagi.... Jadi kalau anda mau meningkatkan Google pagerank suatu halaman, ada tiga hal yang harus anda perhatikan, yaitu: Jumlah backlink, PR masing-masing backlink, danjumlah link keluar dari masing-masing backlink.
Jadi hanya karena link masuk ke beranda lebih banyak daripada link masuk ke artikel belum tentu nilai beranda lebih besar. Lihat dulu nilai poin yang diteruskan oleh masing-masing backlink tadi.
Mudah-mudahan ini bisa memberikan sedikit gambaran cara kerja pagerank dari Google. Di mana Google memberikan suatu nilai asumsi awal yang sama untuk triliunan halaman web. Kemudian mulai melakukan iterasi berulang-ulang untuk triliunan halaman tersebut, hingga tercapai syarat dari kondisi terhentinya iterasi....
Apakah kita bisa juga ikut menghitung pagerank yang ditetapkan oleh Google? Rasanya tidak, kita akan terbentur 2 masalah besar:
- Kita tidak tahu apa kriteria yang ditetapkan oleh Google untuk menghentikan iterasinya, dan
- Kita tidak tahu bagaimana skema rangkaian seluruh webpage di jagad maya ini.
Berusaha menghitung pagerank halaman anda adalah sebuah kesia-siaan, karena pertambahan backlink itu adalah sesuatu yang mustahil anda usut dengan tenaga manusia anda. Anda harus membuat sebuah robot yang menjelajahi seluruh dunia maya.... Dan jika anda memang pada akhirnya membuat sebuah robot seperti itu, sekalian saja buat search engine anda sendiri.
Jadi sederhanakan saja pikiran anda. Cukup cari backlink yang banyak dan jika semua backlink itu one way dofollow, maka tidak akan ada masalah bagi anda. One way itu maksudnya cuma blog orang lain yang menunjuk ke blog anda, dan blog anda tidak menunjuk balik ke blog orang itu.
Apa yang anda lihat? Apakah anda merasa ada yang aneh? Mungkin akan ada yang berkata: "Total awal PR itu adalah 4x1=4, kenapa setelah diiterasi nilai totalnya kurang dari 4?" Perlu anda catat bahwa nilai 1 untuk setiap halaman tadi hanyalah sebuah asumsi saja. Anda mau kasih masuk nilai asumsi berapa saja, hasil akhirnya tidak akan jauh dari nilai ini. Semua itu dikarenakan struktur link di antara ke empat halaman tersebut.
Mungkin ada juga yang bertanya: "Kenapa halaman beranda yang menerima 2 link masuk dan cuma memberi 1 link keluar nilainya lebih kecil dari halaman artikel yang menerima cuma 1 link masuk tapi memberi 3 link keluar? Bukankah link yang keluar dari halaman artikel lebih banyak dan link masuknya lebih sedikit? Kenapa PR-nya lebih besar?"
Jawabnya sederhana.... Untuk setiap putaran perhitungan, Google Pagerank itu dinilai hanya dari link yang masuk dan bukan dari link yang keluar. Tapi berhubung ini adalah iterasi yang melingkar akhirnya jumlah link yang keluar tadi akan kembali mempengaruhi nilai masukannya.
Untuk membuat anda paham, maka anda harus melihat 1 siklus iterasi saja. Beranda nilainya mengecil karena walaupun link masuknya ada dua tapi poin keduanya kecil-kecil. Link yang masuk ke beranda berasal dari 1 halaman artikel yang poinnya terbagi 3 dan 1 halaman eksternal yang memang kecil poinnya.
Berbeda dengan halaman artikel, walaupun link masuknya cuma 1, yaitu dari beranda.... tapi hanya ada 1 link keluar dari beranda, jadi poinnya tidak terbagi.... Jadi kalau anda mau meningkatkan Google pagerank suatu halaman, ada tiga hal yang harus anda perhatikan, yaitu: Jumlah backlink, PR masing-masing backlink, danjumlah link keluar dari masing-masing backlink.
Jadi hanya karena link masuk ke beranda lebih banyak daripada link masuk ke artikel belum tentu nilai beranda lebih besar. Lihat dulu nilai poin yang diteruskan oleh masing-masing backlink tadi.
Mungkin ada juga yang bertanya: "Kenapa halaman beranda yang menerima 2 link masuk dan cuma memberi 1 link keluar nilainya lebih kecil dari halaman artikel yang menerima cuma 1 link masuk tapi memberi 3 link keluar? Bukankah link yang keluar dari halaman artikel lebih banyak dan link masuknya lebih sedikit? Kenapa PR-nya lebih besar?"
Jawabnya sederhana.... Untuk setiap putaran perhitungan, Google Pagerank itu dinilai hanya dari link yang masuk dan bukan dari link yang keluar. Tapi berhubung ini adalah iterasi yang melingkar akhirnya jumlah link yang keluar tadi akan kembali mempengaruhi nilai masukannya.
Untuk membuat anda paham, maka anda harus melihat 1 siklus iterasi saja. Beranda nilainya mengecil karena walaupun link masuknya ada dua tapi poin keduanya kecil-kecil. Link yang masuk ke beranda berasal dari 1 halaman artikel yang poinnya terbagi 3 dan 1 halaman eksternal yang memang kecil poinnya.
Berbeda dengan halaman artikel, walaupun link masuknya cuma 1, yaitu dari beranda.... tapi hanya ada 1 link keluar dari beranda, jadi poinnya tidak terbagi.... Jadi kalau anda mau meningkatkan Google pagerank suatu halaman, ada tiga hal yang harus anda perhatikan, yaitu: Jumlah backlink, PR masing-masing backlink, danjumlah link keluar dari masing-masing backlink.
Jadi hanya karena link masuk ke beranda lebih banyak daripada link masuk ke artikel belum tentu nilai beranda lebih besar. Lihat dulu nilai poin yang diteruskan oleh masing-masing backlink tadi.
Mudah-mudahan ini bisa memberikan sedikit gambaran cara kerja pagerank dari Google. Di mana Google memberikan suatu nilai asumsi awal yang sama untuk triliunan halaman web. Kemudian mulai melakukan iterasi berulang-ulang untuk triliunan halaman tersebut, hingga tercapai syarat dari kondisi terhentinya iterasi....
Apakah kita bisa juga ikut menghitung pagerank yang ditetapkan oleh Google? Rasanya tidak, kita akan terbentur 2 masalah besar:
- Kita tidak tahu apa kriteria yang ditetapkan oleh Google untuk menghentikan iterasinya, dan
- Kita tidak tahu bagaimana skema rangkaian seluruh webpage di jagad maya ini.
Berusaha menghitung pagerank halaman anda adalah sebuah kesia-siaan, karena pertambahan backlink itu adalah sesuatu yang mustahil anda usut dengan tenaga manusia anda. Anda harus membuat sebuah robot yang menjelajahi seluruh dunia maya.... Dan jika anda memang pada akhirnya membuat sebuah robot seperti itu, sekalian saja buat search engine anda sendiri.
Jadi sederhanakan saja pikiran anda. Cukup cari backlink yang banyak dan jika semua backlink itu one way dofollow, maka tidak akan ada masalah bagi anda. One way itu maksudnya cuma blog orang lain yang menunjuk ke blog anda, dan blog anda tidak menunjuk balik ke blog orang itu.
Jadi sederhanakan saja pikiran anda. Cukup cari backlink yang banyak dan jika semua backlink itu one way dofollow, maka tidak akan ada masalah bagi anda. One way itu maksudnya cuma blog orang lain yang menunjuk ke blog anda, dan blog anda tidak menunjuk balik ke blog orang itu.
PENGETAHUAN TAMBAHAN SEPUTAR PAGERANK
Apakah link gambar juga meneruskan pagerank?
Kalau yang anda maksud seperti banner maka jawabnya adalah YA! Hanya saja jangan sampai anda "menjual" banner yang meneruskan pagerank. Jika algoritma Google menangkap ini, maka pagerank anda yang dibanting. Seperti kejadian yang dialami salah satu kantor berita asing, yang Pageranknya semula 7 tapi kemudian diberi sanksi menjadi 3.
Jadi kalau suatu saat saya ternyata membuka layanan iklan banner, maka harap maklum, yang saya tawarkan cuma pengunjung blog ini dan bukan pagerank dari blog ini. Karena kalau sampai tertangkap dan pagerank saya dijatuhkan, pengunjung pasti drop....dengan demikian saya selaku pemilik blog dan anda yang telah membayar akan sama-sama dirugikan.
Jadi kalau suatu saat saya ternyata membuka layanan iklan banner, maka harap maklum, yang saya tawarkan cuma pengunjung blog ini dan bukan pagerank dari blog ini. Karena kalau sampai tertangkap dan pagerank saya dijatuhkan, pengunjung pasti drop....dengan demikian saya selaku pemilik blog dan anda yang telah membayar akan sama-sama dirugikan.
Bagaimana cara menaikkan pagerank?
Sederhana sekali untuk menaikkan pagerank yang anda perlukan adalahmendapatkan backlink untuk blog saudara. Sedangkan mencari backlink ini adalah bagian dari dari optimasi SEO Offpage yang akan sangat mempengaruhi peringkat blog saudara di SERP.
Sederhana sekali untuk menaikkan pagerank yang anda perlukan adalahmendapatkan backlink untuk blog saudara. Sedangkan mencari backlink ini adalah bagian dari dari optimasi SEO Offpage yang akan sangat mempengaruhi peringkat blog saudara di SERP.
Kenapa semakin sulit untuk naik ke pagerank yang lebih tinggi?
Anda sudah melihat iterasi tadi, semakin tinggi PR yang anda kejar, maka semakin banyak halaman yang dilibatkan, dan semakin merata pageranknya sehingga semakin sulit menanjak. Kalau anda mau tahu....untuk naik dari PR0 ke PR1 mungkin 100 backlink sudah cukup, tapi untuk naik dari PR9 ke PR10 anda butuh milyaran tambahan backlink. Mungkin ilustrasi di bawah ini bisa menyadarkan anda bagaimana sulitnya itu....
Bisa anda lihat? Tangganya semakin terjal, dan perjuangan mencapai PR7 belum ada apa-apanya dibandingkan anda mau naik ke PR8 sampai PR10.... Anda benar-benar harus mempunyai sesuatu untuk ditawarkan ke seluruh dunia untuk menembus PR8.
Anda sudah melihat iterasi tadi, semakin tinggi PR yang anda kejar, maka semakin banyak halaman yang dilibatkan, dan semakin merata pageranknya sehingga semakin sulit menanjak. Kalau anda mau tahu....untuk naik dari PR0 ke PR1 mungkin 100 backlink sudah cukup, tapi untuk naik dari PR9 ke PR10 anda butuh milyaran tambahan backlink. Mungkin ilustrasi di bawah ini bisa menyadarkan anda bagaimana sulitnya itu....
Bisa anda lihat? Tangganya semakin terjal, dan perjuangan mencapai PR7 belum ada apa-apanya dibandingkan anda mau naik ke PR8 sampai PR10.... Anda benar-benar harus mempunyai sesuatu untuk ditawarkan ke seluruh dunia untuk menembus PR8.
Bisa anda lihat? Tangganya semakin terjal, dan perjuangan mencapai PR7 belum ada apa-apanya dibandingkan anda mau naik ke PR8 sampai PR10.... Anda benar-benar harus mempunyai sesuatu untuk ditawarkan ke seluruh dunia untuk menembus PR8.
Apakah dari backlink hanya pagerank saja yang perlu kita perhatikan?
Jawabnya adalah TIDAK! Dari backlink itu yang dinilai bukan cuma poin halaman aliaslink juice, setidaknya ada 4 poin utama yang dinilai dari sebuah backlink:
- Poin halaman yang diberikannya
- Voting teks jangkar yang diberikannya
- Poin relevansi antar artikelnya dengan artikel anda
- Poin reputasi dari domain halaman website tersebut
Jadi kalau website CNN menaruh link anda di sidebarnya.... Man! You will have a very...very....nice dream! Tapi jangan mimpi di siang bolong ya.... kembali ke dunia nyata. Anda butuh sesuatu yang luar biasa untuk membuat itu terjadi....
Jawabnya adalah TIDAK! Dari backlink itu yang dinilai bukan cuma poin halaman aliaslink juice, setidaknya ada 4 poin utama yang dinilai dari sebuah backlink:
- Poin halaman yang diberikannya
- Voting teks jangkar yang diberikannya
- Poin relevansi antar artikelnya dengan artikel anda
- Poin reputasi dari domain halaman website tersebut
Cara terbaik untuk menjaga kestabilan pagerank
Kestabilan pagerank terjadi jika masukkannya relatif stabil. Sebagai contoh, jika halaman artikel saudara mengandalkan homepage sebagai sumber pagerank, maka pastikan tidak ada outbound link pada homepage, karena itu akan mengurangi poin halaman artikel. Untuk melakukan ini gunakan rel nofollow, dan sebaiknya janganmengubah blog nofollow jadi dofollow.
Kalau saudara tidak tahu apa perbedaan keduanya baca artikel apa perbedaan dofollow dan nofollow?
Ok, itu saja pembahasan tentang dasar pagerank. Mudah-mudahan bisa menjawab pertanyaan teman-teman tentang apa itu pagerank dan bagaimana cara menghitung poinnya? Walaupun kesimpulan akhirnya adalah tidak usah menghitung pagerank, bisa terbakar otak anda nantinya. Sekali lagi, terima kasih sudah mau mampir di blog ini. Segera minum analgesic kalau anda pusing...
Kestabilan pagerank terjadi jika masukkannya relatif stabil. Sebagai contoh, jika halaman artikel saudara mengandalkan homepage sebagai sumber pagerank, maka pastikan tidak ada outbound link pada homepage, karena itu akan mengurangi poin halaman artikel. Untuk melakukan ini gunakan rel nofollow, dan sebaiknya janganmengubah blog nofollow jadi dofollow.
Kalau saudara tidak tahu apa perbedaan keduanya baca artikel apa perbedaan dofollow dan nofollow?
Ok, itu saja pembahasan tentang dasar pagerank. Mudah-mudahan bisa menjawab pertanyaan teman-teman tentang apa itu pagerank dan bagaimana cara menghitung poinnya? Walaupun kesimpulan akhirnya adalah tidak usah menghitung pagerank, bisa terbakar otak anda nantinya. Sekali lagi, terima kasih sudah mau mampir di blog ini. Segera minum analgesic kalau anda pusing...
Kalau saudara tidak tahu apa perbedaan keduanya baca artikel apa perbedaan dofollow dan nofollow?
Ok, itu saja pembahasan tentang dasar pagerank. Mudah-mudahan bisa menjawab pertanyaan teman-teman tentang apa itu pagerank dan bagaimana cara menghitung poinnya? Walaupun kesimpulan akhirnya adalah tidak usah menghitung pagerank, bisa terbakar otak anda nantinya. Sekali lagi, terima kasih sudah mau mampir di blog ini. Segera minum analgesic kalau anda pusing...
Source: http://trikmudahseo.blogspot.com/2013/07/apa-itu-google-pagerank-cara-menghitung.html
My STARTUP :
A story with millions of choices in it.
Try to imagine this. When you're reading a story on the web or blog, you are given two choices. You can choose the next story based on your own choice. After selecting then you can continue reading the story. Shortly afterwards you will be presented back to the 2 other options. The next choice is up to you. Then you continue the story you are reading. After that you will be faced again with 2 choices. So onwards.
If you feel curious then you can re-read the story by changing your selection. Then you will see a different story with the story that you have read previously. The question now is why is this so? Because the storyline will be varying according to your choice.
Based on the above, then you are faced with two choices. Are you interested in reading my story is? Or you are not interested at all. The choice is in your hands.
If you are interested then spread widely disseminated this article to your family, friends, neighbors, and relatives. You can also distribute it on facebook, twitter, goggle +, or other social media that this article be viral in the world. By doing so it is a new entertainment industry has been created.
Its creator named Richard Nata.
The full articles that talks about this:
Are you interested in my offer?
Do you want to be an investor in my startup?
If yes, don't hesitate to contact me as soon as possible.
P.S. The offer letter I gave also to the hedge funds and venture capital and other major companies in the entire world. So who is fast then he will get it.
P.P.S. If you are not interested in my offer, it is a good idea to periodically review my blog to see the development of my blog. http://richardnata.blogspot.com
If I've made a story on my blog and get a multiplication of clicks then you should know that the readers liked my story.
Try to imagine this. When you're reading a story on the web or blog, you are given two choices. You can choose the next story based on your own choice. After selecting then you can continue reading the story. Shortly afterwards you will be presented back to the 2 other options. The next choice is up to you. Then you continue the story you are reading. After that you will be faced again with 2 choices. So onwards.
If you feel curious then you can re-read the story by changing your selection. Then you will see a different story with the story that you have read previously. The question now is why is this so? Because the storyline will be varying according to your choice.
If you feel curious then you can re-read the story by changing your selection. Then you will see a different story with the story that you have read previously. The question now is why is this so? Because the storyline will be varying according to your choice.
Based on the above, then you are faced with two choices. Are you interested in reading my story is? Or you are not interested at all. The choice is in your hands.
If you are interested then spread widely disseminated this article to your family, friends, neighbors, and relatives. You can also distribute it on facebook, twitter, goggle +, or other social media that this article be viral in the world. By doing so it is a new entertainment industry has been created.
Its creator named Richard Nata.
The full articles that talks about this:
Are you interested in my offer?
Do you want to be an investor in my startup?
If yes, don't hesitate to contact me as soon as possible.
P.S. The offer letter I gave also to the hedge funds and venture capital and other major companies in the entire world. So who is fast then he will get it.
P.P.S. If you are not interested in my offer, it is a good idea to periodically review my blog to see the development of my blog. http://richardnata.blogspot.com
If I've made a story on my blog and get a multiplication of clicks then you should know that the readers liked my story.
No comments:
Post a Comment