Analisa pemasaran (marketing analysis)
Dalam bab 3 ini, Anda harus menjelaskan secara detail tentang siapa yang akan menjadi konsumen barang atau jasa Anda. Secara lengkap Anda bisa menulis tentang analisa kuantitatif dan kualitatif, karakteristik konsumen, tingkat persaingan, strategi harga serta strategi promosi atau iklan. DIsini Anda bisa menjelaskan tentang bagaimana produk Anda dibuat, kemasan dan harga dari produk atau jasa. Harga disini bisa dilihat dari harga jual dan harga beli.
Lalu tahap promosi penjualan, Anda dapat menulis tentang strategi promosi, slogan lalu dana untuk promosi. Anda bisa menyebutkan satu persatu media mana yang ingin promosikan. Mulai dari media televisi, radio, koran atau internet. Jika dirunut, pada bab analisa pemasaran ini dapat dilihat seperti dibawah ini.
- Analisa Pemasaran
- Profil konsumen
- Potensi pasar serta prospek pertumbuhannya
- Market share saat ini
- Analisa kuantitatif dan kualitatif (bisa berbentuk bagan)
- Karakteristik konsumen
- Tingkat persaingan bisnis
- Strategi produk, harga serta pelayanan
- Membuat kesan dan image produk
- Penampilan produk
- Strategi harga produk
- Strategi penjualan
- Promosi dan periklanan
- Penentuan target pasar (Kebutuhan pasar, pesaing dan bagaimana mengatur strategi pemasaran)
No comments:
Post a Comment