Tentukan sendiri jalan cerita selanjutnya.

Tentukan sendiri jalan cerita selanjutnya.
SET YOURSELF THE NEXT STORY

Ads : 1 USD forever

This blog started to be written January 11, 2015.
Advertise your products and services here.
With 1 USD then your ad posted in the article forever.
1 USD per article forever.

A story with tens of thousands of articles.

A story with tens of thousands of articles.
life and death, blessing and cursing, from the main character in the hands of readers.

Campaign : Support my book "The ultimate guide to get life on earth as in heaven."

Campaign : Support my book "The ultimate guide to get life on earth as in heaven."
Campaign started October 17, 2015 (45 days)

Your contribution to my campaign

Tuesday, March 24, 2015

Makanan Terbaik untuk Tekanan Darah Tinggi.


Tekanan darah tinggi (hipertensi) adalah masalah kesehatan yang sangat umum. Seiring waktu, tekanan darah tinggi akan menyebabkan kerusakan pembuluh darah dan selanjutnya mengarah pada berbagai masalah seperti penyakit jantung, penyakit ginjal, stroke dan lain sebagainya.

Kondisi ini tidak menunjukkan gejala. Oleh karena itu hipertensi sering disebut sebagai silent killer. Jika tidak diperiksa secara rutin, tekanan darah tinggi susah untuk diketahui dan selama bertahun-tahun tidak mendapatkan perawatan/penanganan yang seharusnya.

Diet dan tekanan darah tinggi

Pola makan atau diet sangat berperan dalam penanganan hipertensi, dengan tujuan utama untuk menurunkan serta mengontrol tekanan darah agar tetap normal.
Secara umum, diet untuk hipertensi adalah mengurangi asupan natrium (sodium), lemak serta alkohol. Sebagai gantinya, diet ini sangat disarankan agar mengandung banyak kalium, magnesium dan juga kalsium.

Makanan untuk mengontrol dan menurunkan tekanan darah

Kondisi tekanan darah yang tinggi sebaiknya mengonsumsi jenis makanan yang rendah-bebas lemak, serelia (gandum utuh), serta banyak buah dan sayuran. Berikut ini merupakan beberapa jenis makanan yang sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah:
Susu skim
Diet untuk tekanan darah tinggi (hipertensi) sangat direkomendasikan berupa makanan kaya kalsium. Susu skim sangat kaya akan kalsium dan vitamin D, serta rendah lemak, yang tentu sangat baik untuk menurunkan tekanan darah.
Ganti susu yang biasa anda konsumsi menjadi susu skim. Atau jika anda bukanlah penggemar susu, konsumsilah yogurt rendah lemak atau bahkan yang bebas lemak. Selain itu, berhati-hatilah pada konsumsi yang mengandung banyak gula.
Sayuran berdaun hijau
Makanan yang mengandung kalium (potassium) –termasuk berbagai nutrisi lainnya– sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah. Selada, kubis, bayam, dan lobak hijau adalah beberapa jenis sayuran yang tinggi kalium.
Khususnya bayam, yang sangat rendah lemak, mengandung serat tinggi, serta dilengkapi dengan berbagai nutrisi yang mendukung jantung sehat seperti kalium, magnesium dan juga folat. Paket lengkap untuk menurunkan serta menjaga tekanan darah tetap normal dan sehat.
Untungnya, di Indonesia, bayam sangatlah populer sebagai menu sayuran sehari-hari dan sangat mudah di dapatkan.
Buah berry
makanan menurunkan tekanan darah tinggi
Aneka buah berry baik untuk mengontrol tekanan darah [pixabay]
Beragam jenis berry, khususnya blueberry, memiliki kandungan senyawa alami flavonoid yang tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa asupan flavonoid dapat mencegah hipertensi, dan tentu dapat membantu menurunkan tekanan darah.
Jenis buah berry seperti stroberi, blueberry, raspberry, hingga anggur dan kesemek bisa dijadikan sumber senyawa flavonoid yang nikmat.
Kentang
Magnesium dan kalium adalah dua mineral utama yang terkandung dalam kentang. Ketika kandungan kalium rendah, tubuh akan menghasilkan lebih banyak natrium (sodium), dan kadar natrium berlebih akan meningkatkan tekanan darah. Sebaliknya, ketika mendapatkan asupan kalium yang baik, tubuh akan menekan kadar natrium dengan efektif.
Biji bunga matahari
Biji bunga matahari adalah sumber magnesium yang tinggi. Biji super ini pun cukup akrab di Indonesia sebagai snack/makanan ringan, atau lebih kita kenal dengan kuaci. Yang penting adalah memilih biji bunga matahari tanpa garam, untuk meminimalisir asupan sodium yang masuk ke tubuh.
Kacang-kacangan
Jenis makanan yang satu ini sangat bergizi dan serbaguna. Sangat kaya akan serat terlarut, magnesium dan juga kalium, yang merupakan resep utama dalam menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung secara umum.
Kacang-kacangan bisa dimasukkan dalam berbagai jenis hidangan, baik dalam sup, salad, bahan sayur, dan lain sebagainya. Kacang-kacangan adalah pilihan mudah dan murah, namun sangat bergizi.
Pisang
Satu lagi cara mudah untuk menyertakan kalium dalam diet anda adalah dengan mengonsumsi buah pisang. Buah populer yang satu ini dilengkapi dengan kalium yang tinggi, dan kalium sangat berperan dalam mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Pisang tentu sangat baik dihidangkan saat sarapan ataupun sebagai pelengkap/penutup saat makan siang dan malam.
Selain daftar di atas, makanan lainnya yang banyak direkomendasikan untuk menurunkan tekanan darah antara lain kedelai, semangka, apel, porsi kecil cokelat hitam, buah kiwi, hingga sereal yang diperkaya kalsium.

No comments:

Post a Comment

Related Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...