Tentukan sendiri jalan cerita selanjutnya.

Tentukan sendiri jalan cerita selanjutnya.
SET YOURSELF THE NEXT STORY

Ads : 1 USD forever

This blog started to be written January 11, 2015.
Advertise your products and services here.
With 1 USD then your ad posted in the article forever.
1 USD per article forever.

A story with tens of thousands of articles.

A story with tens of thousands of articles.
life and death, blessing and cursing, from the main character in the hands of readers.

Campaign : Support my book "The ultimate guide to get life on earth as in heaven."

Campaign : Support my book "The ultimate guide to get life on earth as in heaven."
Campaign started October 17, 2015 (45 days)

Your contribution to my campaign

Saturday, March 21, 2015

macam-macam cara pengobatan tradisional buat sakit gatal.


Saturday, May 25th 2013. | Tips Sehat

Tips Sehat Mengatasai Rasa Gatal


tips mengatasi gatal
rasa gatal
Umumnya, menggaruk adalah cara yang paling mudah dan lazim dilakukan banyak orang untuk mengatasi rasa gatal. Sebab selain paling mudah, menggaruk pada area yang terserang rasa gatal juga menimbulkan sensasi tersendiri yang disukai orang.
Bahkan sebagian orang sangat menikmati “menggaruk” rasa gatal itu. Namun sebenarnya mengatasi rasa gatal yang bisa saja ditimbulkan oleh gigitan nyamuk, alergi dan atau sebab lainnya dengan cara “menggaruk” itu bukan cara yang dianjurkan dalam kesehatan. Sebab dengan menggaruk akan terjadi kontak antara kuku dengan kulit yang dapat memicu kerusakan jaringan sel pada kulit.
Bentuk kerusakan jaringan sel pada kulit tersebut yang paling ringan adalah terjadinya radang ringan ( biasanya ditandai dengan me-merahnya warna kulit ), sampai terjadinya kerusakan parah jaringan sel kulit seperti lecet dan atau terkelupas.
Disamping itu dengan “menggaruk” juga memungkinkan terjadinya penularan penyakit melalui masuknya kuman atau agen-agen penyakit yang biasanya banyak terdapat pada tangan dan kuku kedalam jaringan kulit yang rusak ( lecet dan atau terkelupas ) tersebut. Terutama jika tangan dan kuku kita dalam keadaan kotor serta tidak terjaga kebersihannya.

Jangan Menggaruk Rasa Gatal

Sebenarnya guna mengatasi rasa gatal tersebut bisa kita lakukan beberapa tindakan selain menggaruk untuk menghindari terjadinya hal-hal yang dapat menyebabkan kerusakan jaringan sel pada kulit dan terlebih lagi masuknya kuman-kuman penyakit kedalam tubuh melalui luka yang timbul sebagai akibat dari kegiatan “menggaruk” tersebut. Beberapa tindakan yang sehat untuk mengatasi rasa gatal tersebut diantaranya :

Tips atasi rasa gatal tanpa menggaruk

  • Mengkompres dengan es. Rasa dingin es dapat mematikan syaraf gatal untuk sementara waktu. Jadi mengkompres area kulit yang gatal karena digigit nyamuk atau sebab lain akan menghilangkan rasa gatal. Disamping itu sensasi rasa dingin yang dihasilkan oleh es akan lebih terasa dibandingkan rasa gatal itu sendiri. Hal ini menyebabkan syaraf tubuh kita akan lebih merespon rasa dingin dibanding rasa gatal itu sendiri. Secara sederhana syaraf tubuh kita “melupakan” rasa gatal tersebut.
  • Mandi dengan air cuka. Jika rasa gatal yang menyerang tidak hanya pada satu titik area melainkan ke seluruh tubuh, yang biasanya disebabkan oleh alergi pada situasi atau makanan tertentu, kita bisa mengatasinya dengan mandi atau berendam dalam air hangat yang telah dicampur cuka. Campurkan kira-kira 2 gelas air cuka kedalam satu baskom besar air hangat dan gunakan untuk mandi. Bisa juga dengan mengoleskan cuka ke kulit yang terasa gatal akibat gigitan nyamuk.
  • Mengoleskan madu. Madu mengandung zat dan senyawa yang dapat meredakan rasa gatal. Disamping itu, madu juga adalah zat yang paling ampuh melawan bakteri dan kuman. Jadi dengan mengoleskan madu pada area yang terserang gatal, selain dapat mengatasi rasa gatal itu sendiri juga dapat mematikan bakteri serta kuman yang mungkin saja dibawa oleh nyamuk.
  • Mengoleskan kulit pisang. Sama seperti madu, kulit pisang juga mengandung senyawa flavonoid yang dapat meredakan rasa gatal. Caranya pun sama yakni dengan mengoleskan kulit pisang bagian dalam pada area kulit yang terserangrasa gatal.
  • Menampar atau mencubit. Memang agak aneh kedengarannya. Namun dengan menampar atau mencubit kulit yang terserang rasa gatal dapat menhilangkan rasa gatal tersebut. Hal ini terjadi karena rasa sakit pada kulit akibat tamparan atau cubitan kita lebih terasa dan lebih direspon oleh syaraf tubuh kita. Jadi seperti halnya dengan mengkompres kulit menggunakan es, menampar atau mencubit kulit yang gatal akan membuat syaraf tubuh kita “melupakan” rasa gatal yang menyerang kulit.
  • Mengusap rasa gatal pada kulit. Alih-alih menggaruk rasa gatal pada kulit, kita bisa mulai membiasakan diri untuk tidak menggaruk kulit setiap rasa gatal menyerang, melainkan dengan mengusap-usapnya. Mungkin tubuh membutuhkan waktu untuk dapat mulai “menerima” usapan sebagai kegiatan perlawanan “rasa gatal”, hal ini karena kita sudah sangat terbiasa menggaruk untuk mengatasi rasa gatal. Namun pada akhirnya tubuh kita akan merespon “usapan” sebagai perlawanan rasa gatal pada kulit kita.
Itulah beberapa tips sehat yang dapat kita lakukan untuk mengatasi rasa gatal. Terkadang sesuatu yang tampaknya sepele bisa berakibat fatal jika kita tidak benar-benar memperhatikannya. Semoga bermanfaat.
sumber : http://www.artikelkesehatan.info/gatal/

Cara Mengobati Gatal

Tips mengobati Gatal – Obat Gatal Tradisional. Bagaimana cara mengobati gatal karena alergi, mengobati gatal di tangan, mengobati gatal karena jamur, mengobati gatal di selangkangan dan kemaluan? Gatal-gatal bisa saja menyerang setiap saat pada tubuh seseorang tidak pandang bulu tua muda bayi dan anak-anak kesemuanya bisa mengalami penyakit gatal. Seluruh bagian tubuh manusia bisa berpotensi terkena gatal, karena gatal itu sendiri pemicunya sangat beragam dari gatal akibat alergi, virus, jamur, bulu ulat, gelugut bambu, dan lain sebagainya.
Jika gatal terjadi pada bagian tubuh yang mudah djangkau dengan tangan mungkin bisa sedikit mengatisipasinya dengan menggaruknya namun jika rasa gatal tersebut berada pada bagian yang tersembunyi seperti sekitar selangkangan, sekitar pantat dan kemaluan apa kita mau menggaruknya jika berada di tempat umum ? saya yakin anda tidak akan melakukannya walaupun rasa gatal tersebut tidak tertahankan. Penyakit gatal-gatal memang sangat menyiksa penderitanya, meskipun penyakit gatal bukanlah suatu penyakit yang berbahaya akan tetapi penyakit ini cukup merepotkan dan menyibukan penderitanya, sebab fokus kita akan terpecah disaat berkatifitas, satu sisi pada aktifitas sementara tangan yang lain selalu ingin menggaruk pada bagian yang gatal.
Lalu apa penyebab gatal ?
Penyebab gatal yang biasa menyerang kulit bisa bermasam-macam, yang paling ringan dan sering terjadi akibat digigit serangga, atau digigit nyamuk, alergi makanan, alergi cuaca, juga alergi bulu. Sementara penyebab gatal akibat bermasalah dengan kulit dan kebersihan seperti kudis, eksim, panu, dan sejenisnya dan inipun dalam proses pengobatanya tentu berbeda. Bagaimanpun juga keberadaan penyakit gatal-gatal meski anda anggap sepele jika dibiarkan dan cuma menggaruknya saja akan berdampat kurang baik pada permukaan kulit, bisa jadi kulit menjadi iritasi terluka dan berpeluang menciptakan penyakit baru pada kulit. Kenapa demikian ? karena alat untuk menggaruk berupa kuku tersebut tidak lepas dari faktor kotoran dan virus, apalagi yang jarang memperhatikan kebersihan kuku.
Cara sederhana untuk mengatasi gatal-gatal pada kulit bisa saja digunakan media minyak sebagai penghilang gatal, seperti minyak kayu putih, balsem, dan sejenisnya yang tak asing di pasaran, namun jika cara tersebut kurang membuahkan hasil maka solusi cerdas terbaik adalah menggunakan media ramuan helbal yang tidak perlu diragukan keamanannya apalagi khasiatnya telah dibuktikan manusia sebelum kita ada, siapa dia yaitu nenek moyang kita.
Lalu apa saja bahan dan ramuan herbal yang bisa mengatasi gatal-gatal lantas bagaimana pula cara meramunya berikut silahkan simak cara membuat obat gatal alami tradisional persembahan Superampuh.com sebagai obat luar untuk gatal.
1. Mengobati gatal menggunakan daun salam.
Daun salam selain untuk penambah peyedap rasa masakan juga bisa difungsikan sebagi obat gatal caranya, ambil dan cuci beberapa lembar daun salam kemudaian lumatkan, lalu tempel pada bagian yang terkena gatal, lakukan stiap saat jika gatal menyerang, sebaiknya ganti 2 hingga 3 kali sehari.
2. Mengobati gatal menggunakan Daun biduri dan Minyak kelapa.
Perpaduan daun biduri dan minyak kelapa ternyata juga bisa mengobati gatal, caranya daun biduri diolesi minyak kelapa, lalukan diatas pengapian lalu tempelkan daun biduri pada kulit yang gatal hangat-hangat, ulangi beberapa kali hingga gatal yang menyerang hilang. Sebelum menempelkan pada bagian yang gatal sebaiknya bersihkan kulit terlebih dahulu.
3. Mengobati gatal menggunakan Daun Mahkota Dewa.
Caranya ambil beberapa lembar daun mahkota dewa lalu giling sampai halus, kemudian balurkan pada kulit yang gatal.
4. Mengobati gatal menggunakan kulit batang Kamboja.
Caranya giling kulit batang kamboja sampai halus kemudian balurkan pada kulit yang gatal.
5. Mengobati gatal menggunakan Minyak Goreng dan Garam.
Media obat ini sangat familiar bagi ibu-ibu rumah tangga dan mungkin belum banyak yang tahu akan manfaat lain selain untuk memasak.
Ternyata kombinasi minyak goreng dan garam bisa menyebuhkan penyakit gatal, bagaimana caranya ? Ambil minyak goreng baru (bukan jelantah / bekas minyak goreng) lalu campur dengan sedikit garam kemudian oleskan pada kulit yang menderita gatal-gatal.
6. Mengobati gatal alergi dengan air kelapa hijau.
Diantara penyebab alergi yang kerap timbul biasanya diakibatkan oleh karena faktor makanan seperti makan telur, ikan laut, lele, susu, kerang, dan lainya. Kecenderungan lain adalah karena terkait cuaca atau suhu udara dalam ruangan dan tidak lepas oleh faktor genetika.
Mengatasi gatal dengan air kelapa hijau caranya mudah yakni campurkan air kelapa hijau dengan madu asli minum berturut-turut selama 3 hari, gatal Anda akan reda bahkan bisa sembuh insya Alloh.
7. Mengobati gatal menggunakan Minyak Oli Bekas Kendaraan.
Jika ramuan diatas belum membuahkan hasil yang memuaskan anda bisa mencoba alternatif lain, mengobati gatal dengan minyak pelumas bekas atau oli tap-tapan kendaraan bermotor.
Cara ini memang sedikit menjijikan namun hasilnya sangat ampuh untuk mengobati dan mengatasi penyakit gatal membandel sekalipun. Caranya cukup mudah ambil minyak oli bekas tap-tapan sepeda motor, lalu oleskan pada bagian kulit yang terkena gatal. Cara ini sangat ampuh untuk mengatasi segala penyakit gatal pada kulit dan telah dibuktikan setelah dicoba dengan pengobatan dan jenis obat apapun tidak mempan.
Sedangkan untuk mengatasi penyakit gatal pada kulit yang disebabkan oleh alergi tentu anda harus dicermati faktor apa yang menjadi pemicunya, dan solusi terbaik adalah menghindari yang menjadi biang kerok alergi itu sendiri sehingga langkah ini cukup efisien mencegah tibulnya alergi.
Sementara jika anda kesulitan mengatasi juga mengobati penyakit kulit akibat eksim ramuan obatnya silahkan simak pada posting arikel sebelumnya Cara Mengobati Penyakit Eksim Menggunaka Ramuan Bumbu Masak. Selamat mencoba semoga lekas sembuh.

No comments:

Post a Comment

Related Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...