Tentukan sendiri jalan cerita selanjutnya.

Tentukan sendiri jalan cerita selanjutnya.
SET YOURSELF THE NEXT STORY

Ads : 1 USD forever

This blog started to be written January 11, 2015.
Advertise your products and services here.
With 1 USD then your ad posted in the article forever.
1 USD per article forever.

A story with tens of thousands of articles.

A story with tens of thousands of articles.
life and death, blessing and cursing, from the main character in the hands of readers.

Campaign : Support my book "The ultimate guide to get life on earth as in heaven."

Campaign : Support my book "The ultimate guide to get life on earth as in heaven."
Campaign started October 17, 2015 (45 days)

Your contribution to my campaign

Thursday, March 26, 2015

Cara Mudah Menemukan Minat, Bakat dan Passion.


Hasil gambar untuk gambar bakat

Salah satu masalah yang sering dihadapi orang (termasuk gue) dalam hidup ini adalah susahnya menemukan bakat, minat dan passion. Tapi sebelumnya, apakah penting untuk menemukan bakat, minat dan passion? Kalau menurut gue sih itu penting banget, soalnya dengan bantuan dari bakat, minat dan passion tersebut orang dapat menentukan tujuan hidupnya dan lebih mudah mencapai kesuksesan.

Selain itu dengan menemukan bakat, minat dan passion tersebut, khususnya akan sangat membantu murid SMA untuk menentukan pilihan jurusan kuliah nanti. Tapi sebelum membahas tentang cara menemukan bakat, minat dan passion tersebut, gue akan memberi tahu apa definisinya terlebih dulu:
  • Minat adalah suatu keinginan yang mendorong diri seseorang untuk fokus pada suatu objek.
  • Bakat adalah suatu keahlian alami yang dimiliki seseorang dari lahir.
  • Passion atau gairah adalah suatu dorongan besar yang dapat menciptakan keinginan yang besar untuk melakukan sesuatu.

Oke, sekarang anda udah tau apa arti dari bakat, minat dan passion itu. Sekarang, bagaiman cara menemukannya? Sebenarnya mudah, hanya saja butuh waktu dan harus step by step atau bertahap.

Cara yang akan gue kasih tahu berikut merupakan adalah pengalaman gue sendiri. Anda gak perlu mengeluarkan biaya untuk mengikuti tes bakat dan minat, tes sidik jari dsb, karena yang mengetahui minat dan bakat anda adalah diri anda sendiri. Jadi, apa aja yang harus anda lakukan?


1. Mencari Minat
Bagaimana cara menemukan minat? Mudah aja, caranya lakukanlah hal-hal yang anda sukai. Karena sesuai dengan definisinya, minat adalahsuatu hal yang ingin kita lakukan tanpa paksaan orang lain. Seperti gue yang dulu senang ngedit foto muka teman biar jadi lucu, main gitar biar keren dan menulis blog supaya bisa memberi inspirasi ke banyak orang.

Akhirnya gue bisa menemukan minat gue yaitu, desain, musik dan blogging. Untuk itu, cobalah berbagai macam kegiatan yang anda sukai, semakin banyak semakin bagus. Dengan melakukan hal tersebut, secara gak sadar anda akan bisa merasakan bakat yang anda miliki.


2. Dari Minat, Munculah Bakat
Dari berbagai kegiatan yang anda lakukan sesuai minat anda, anda bisa secara perlahan merasakan keahlian alami atau bakat anda. Ada yang perlu diingat, kalau bakat itu gak cuman ada satu aja, karena manusia itu adalah mahluk multi talenta, hanya saja dari beberapa bakat yang anda miliki, hanya akan ada satu bakat yang paling dominan atau menonjol dari diri anda.

Jadi carilah bakat-bakat anda yang masih terpendam. Kalau anda belum menemukan bakat anda atau merasa hanya memiliki satu bakat aja, berarti anda masih kurang usaha untuk menemukannya dan kurang rajin untuk berkegiatan lebih banyak. Semakin cepat anda menemukan bakat anda, semakin cepat juga anda dapat mengembangkannya dan menggali potensinya.


3. Merasakan Passion
Nah, anggap saja anda udah dapat menemukan bakat atau keahlian anda. Sekarang yang perlu anda lakukan adalah memilih dan merasakan dari salah satu keahlian anda, yang mana yang memiliki passion atau gairah saat anda melakukannya.

Maksudnya bagaimana? Kalau gue analogikan, passion atau hasrat itu bagaikan seperti mengejar wanita yang kita suka, penuh dengan semangat yang menggebu-gebu dan gak kenal lelah. Jadi, rasakanlah saat anda melakukan minat anda dan anda merasa begitu senang, gak kenal lelah dan selalu bersemangat, itulah yang passion.


Jadi menurut gue minat, bakat dan passion itu saling berhubungan, sehingga kalau udah menemukan salah satunya, gak akan susah untuk mencari yang lainnya.

Bagaimana dengan anda? Sudahkah anda menemukan minat, bakat dan passion anda?

No comments:

Post a Comment

Related Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...