A story with tens of thousands of articles.

A story with tens of thousands of articles.
life and death, blessing and cursing, from the main character in the hands of readers.

Monday, March 23, 2015

3 kesalahan dalam menulis surat lamaran kerja.


Ini Tiga Kesalahan dalam Menulis Lamaran Kerja

Ini Tiga Kesalahan dalam Menulis Lamaran Kerja
Ilustrasi wawancara lamaran pekerjaan. TEMPO/Budi Yanto

TEMPO.COJakarta - Saat melamar kerja, surat lamaran menjadi salah satu hal terpenting. Banyak orang mencoba menggambarkan dirinya sebaik mungkin dalam lembar lamaran mereka. Namun tahukah Anda, ternyata kebanyakan orang tak sadar bahwa apa yang dilakukannya justru membuat para penerima kerja berpendapat sebaliknya.

Jessica Holbrook Hernandez, seorang mantan manajer perekrutan, mengatakan dalam sepekan dia menerima ribuan lamaran. Lantaran seringnya orang melakukan kesalahan dalam menulis, dia hanya butuh lima detik untuk memutuskan bahwa penawaran seseorang tak layak. Berikut adalah kesalahan yang sering dibuat para pencari kerja :

1. Format lamaran tak teratur dan tak menarik

Anda harus memiliki format lamaran yang berkelanjutan agar penerima kerja menganggapnya serius. Artinya, dalam lamaran Anda harus menarik penerima kerja bahwa Anda siap melanjutkan ke tahap seleksi selanjutnya. "Kebanyakan lamaran mereka juga tak teratur, dan sulit dipahami," kata Jessica seperti dikutip Career Realism, Sabtu, 21 Maret 2015.

Jika format lamaran Anda tak jelas, manajer juga akan kesulitan untuk memperoleh informasi tentang Anda. Artinya kesempatan Anda mendapatkan pekerjaan terancam gagal. Sebagai gambaran, Anda bisa memposisikan diri sebagai pembaca iklan. Tentu jika informasi dari iklan tersebut sulit dibaca, Anda tak akan membuang waktu untuk mencermatinya lebih lama.

2. Teks lamaran terlalu bertele-tele

Jessica mengatakan, sebaiknya para pelamar menawarkan surat lamaran dengan padat, namun tetap eye-catching. Para pelamar harus menyertakan kata kunci yang paling penting berkaitan dengan pekerjaan. Letakkan bagian paling penting dan menarik dalam sepertiga awal lamaran. Tentu hal ini juga untuk memudahkan manajer menggali informasi tentang Anda.

3. Tak memperhatikan kerapatan teks

Menurut Jessica, ada sebuah rahasia dalam menulis resume. "Buatlah lamaran dengan maksimal 3 sampai 5 kalimat dalam setiap paragraf, terutama mengenai ringkasan riwayat pekerjaan Anda," kata dia. Jika terlihat terlalu teks padat, Anda akan kehilangan perhatian pembaca sebelum mereka selesai membacanya. Apalagi kebanyakan manajer perekrutan, kata dia, hanya melakukan pemindaian cepat.

Walaupun ada banyak faktor lain yang perlu dipertimbangkan saat menulis resume, menurut Jessica, tiga hal tersebut sangat penting untuk memberikan kesan awal yang baik atas diri Anda. Informasi tentang Anda yang dibutuhkan oleh manajer akan lebih mudah didapat jika lamaran lebih eye-catching dan menggunakan format yang menarik. "Jika mereka tertarik, tentu kesempatan Anda untuk wawancara akan semakin besar."

FAIZ NASHRILLAH | CAREER REALISM

sumber : http://www.tempo.co/read/news/2015/03/22/215651829/Ini-Tiga-Kesalahan-dalam-Menulis-Lamaran-Kerja

No comments:

Post a Comment

Related Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...