A story with tens of thousands of articles.

A story with tens of thousands of articles.
life and death, blessing and cursing, from the main character in the hands of readers.

Wednesday, February 7, 2018

Pisang Raksasa Di Papua

Pisang Raksasa Di Papua

Secangkir kopi dan gorengan pisang memang nikmat kawan, tak hanya membuat perut kita kenyang namun juga menambah energi dari pisang yang kita konsumsi.

Pisang Raksasa Di Papua

Namun tahukah kalian ada pisang yang sangat besar dan tegang di Indonesia, jangan salah dulu kawan bicara masalah pisang memang rada sensitif di negeri ini, gara-gara sang pisang bisa bikin orang menghilang ga pulang-pulang.

Sudahlah lupakan tentang pisang yang satu itu, kini kita beralih pada pisang sesungguhnya yang mempunyai batang sungguh besar, bahkan buah pisangnyapun cukup membuat perut kita kenyang sekali disantap.

Pohon pisang terbesar di dunia ini terletak di pegunungan arfak papua, Pohon pisang inipun pertama ditemukan oleh warga Papua bernama Jeff Daniells pada tahun 1989. Ketika ditemukan, tanaman pisang yang memiliki nama ilmiah Musa ingens ini mengejutkan banyak orang, karena mempunyai diameter yang berbeda dengan pohon pisang pada umumnya.

Pisang Raksasa Di Papua

Pisang raksasa itu merupakan tanaman endemik di tanah papua, karena hingga saat ini belum ditemukan tanaman serupa baik di wilayah lain negeri ini maupun di pelosok dunia.

Pohon Pisang ini benar-benar mengagumkan dengan tumbuh di ketinggian sekitar 2000 meter dari permukaan laut.

Pisang Raksasa Di Papua

Bahkan tinggi pohon pisang raksasa inipun tidak seperti pohon pisang biasa yang tumbuh 2-5 meter saja, Musa ingens bisa mencapai ketinggian 25 meter bahkan lebih. Bahkan untuk diameter pohonnya bisa mencapai 2 meter. Tak hanya batangnya saja yang besar, buahnyapun menghasilkan setandan pisang hingga seberat 60 kilogram. Serta ukuran panjang buahnya 18 cm dan berdiamater 3-4 cm. Pohon Pisang raksasa ini berkembang biak melalui tunas layaknya pisang pada umumnya, namun sangat jarang sekali tunasnya itu muncul.

Pisang Raksasa Di Papua

Ada yang mengatakan juga pisang ini tumbuh dari biji yang terdapat pada buahnya, namun ternyata sulit untuk dikembang biakkan.

Karena pisang ini sungguh unik, cara pertumbuhannya pun unik tak bisa dibudidayakan seperti pisang pada umumnya, ia tumbuh secara liar bahkan usaha untuk membudidayakannya selalu gagal.

Pisang Raksasa Di Papua

Entahlah semoga di zaman canggih ini bisa di dapatkan cara untuk mengembang biakkan pisang unik ini, karena tanah papua perlahan banyak pembangunan dan pisang ini kalau tak dilestarikan dampaknya akan punah lebih cepat karena tak ada upaya untuk melestarikannya.

Bagaimana menurut kalian ?? Sruuppuutt dolo kawan...

emoticon-coffee


Referensi

http://fakta-unik-manarik.blogspot.com/2015/11/udah-pernah-liat-pisang-raksasa-dari.html?m=1

:nyantai

Sumber: https://www.kaskus.co.id/thread/5a7045fbc0d77010768b456c?utm_source=edm&utm_medium=email&utm_campaign=weeklygeneralfebruary1

No comments:

Post a Comment

Related Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...