Tentukan sendiri jalan cerita selanjutnya.

Tentukan sendiri jalan cerita selanjutnya.
SET YOURSELF THE NEXT STORY

Ads : 1 USD forever

This blog started to be written January 11, 2015.
Advertise your products and services here.
With 1 USD then your ad posted in the article forever.
1 USD per article forever.

A story with tens of thousands of articles.

A story with tens of thousands of articles.
life and death, blessing and cursing, from the main character in the hands of readers.

Campaign : Support my book "The ultimate guide to get life on earth as in heaven."

Campaign : Support my book "The ultimate guide to get life on earth as in heaven."
Campaign started October 17, 2015 (45 days)

Your contribution to my campaign

Wednesday, January 28, 2015

STANDAR KOMPETENSI PENGANTAR DUNIA KERJA




STANDAR KOMPETENSI PENGANTAR DUNIA KERJA


STANDAR KOMPETENSI
Nama Mata Kuliah : Pengantar Dunia Kerja
Kode Mata Kuliah :
Program Studi : D – III Manajemen Informatika (MI)
Semester : 5 (Lima)
SKS / Status : 2 SKS
No
Kompetensi Utama
Kompetensi Dasar & Indikator
Strategi Pembelajaran
1
Diharapkan peserta pendidikan mampu mengetahui dan memahami gambaran umum tentang dunia kerja.
a. Para mahasiswa mampu memahami penyebab seseorang tidak bekerja.
b. Mahasiswa mengerti cara perusahaan merekrut karyawan.
c. Mahasiswa mampu memahami strategi merebut peluang dunia kerja.
a. Dosen melaksanakan kuliah mimbar di kelas, memberikan diskusi dan tugas terstruktur atau mandiri kepada mahasiswa.
b. Mahasiswa mengikuti kuliah dengan tertib, mendengarkan materi kuliah yang disajikan oleh dosen, mengajukan pertanyaan/tanggapan, mengerjakan tugas terstruktur atau mandiri yang diberikan oleh dosen.
2
Diharapakan para mahasiswa mampu memahami bagaimana penyeleksian tenaga kerja dilakukan.
a. Mahasiswa diharapkan mampu memahami cara-cara perusahaan melakukan seleksi.
b. Para mahasiswa diharapkan mampu memahami tentang tujuan dari seleksi tenaga kerja.
c. Mahasiswa diharapkan mampu memahami tentang kriteria dasar seleksi dan prosedur seleksi tenaga kerja.
a. Dosen melaksanakan kuliah mimbar di kelas, memberikan diskusi dan tugas terstruktur atau mandiri kepada mahasiswa.
b. Mahasiswa mengikuti kuliah dengan tertib, mendengarkan materi kuliah yang disajikan oleh dosen, mengajukan pertanyaan/tanggapan, mengerjakan tugas terstruktur atau mandiri yang diberikan oleh dosen.
3
Diharapkan para mahasiswa mampu memahami teknik penulisan lamaran kerja dan daftar riwayat hidup.
a. Para mahasiswa diharapkan mampu menulis surat lamaran kerja
b. Para mahasiswa diharapkan mampu menulis daftar riwayat hidup.
a. Dosen melaksanakan kuliah mimbar di kelas, memberikan diskusi dan tugas terstruktur atau mandiri kepada mahasiswa.
b. Mahasiswa mengikuti kuliah dengan tertib, mendengarkan materi kuliah yang disajikan oleh dosen, mengajukan pertanyaan/tanggapan, mengerjakan tugas terstruktur atau mandiri yang diberikan oleh dosen.
4
Mahasiswa mampu mengetahui dan memahami bentuk-bentuk surat lamaran kerja dan teknik penulisan surat lamaran kerja yang baik.
a. Mahasiswa mampu memahami bentuk dan teknik penulisan Surat Lamaran Kerja.
b. Mahasiswa mampu membedakan jenis Surat Lamaran Kerja yang didasarkan atas cara segi merebut peluang kerja.
c. Mahasiswa mampu menyusun Surat Lamaran Kerja dan Daftar Riwayat Hidup.
a. Dosen melaksanakan kuliah mimbar di kelas, memberikan diskusi dan tugas terstruktur atau mandiri kepada mahasiswa.
b. Mahasiswa mengikuti kuliah dengan tertib, mendengarkan materi kuliah yang disajikan oleh dosen, mengajukan pertanyaan/tanggapan, mengerjakan tugas terstruktur atau mandiri yang diberikan oleh dosen.
5
Diharapkan para mahasiswa mampu mengetahui dan memahami tujuan psikotes dan jenis-jenis tes yang ada.
a. Mahasiswa mampu memahami tujuan tes.
b. Mahasiswa mampu memahami pengelompokan antara jenis kemampuan dengan posisi pekerjaan yang sesuai.
c. Mahasiswa mampu mengerjakan latihan psikotes dari klasifikasi yang ada.
a. Dosen melaksanakan kuliah mimbar di kelas, memberikan diskusi dan tugas terstruktur atau mandiri kepada mahasiswa.
b. Mahasiswa mengikuti kuliah dengan tertib, mendengarkan materi kuliah yang disajikan oleh dosen, mengajukan pertanyaan/tanggapan, mengerjakan tugas terstruktur atau mandiri yang diberikan oleh dosen.
6
Diharapkan mahasiswa mampu mengetahui dan memahami tujuan, prinsip-prinsip, dan petunjuk mengikuti interview
a. Mahasiswa mampu memahami tujuan interview.
b. Mahasiswa mampu memahami prinsip-prinsip interview.
c. Mahasiswa memahami petunjuk-petunjuk untuk mengikuti interview.
a. Dosen melaksanakan kuliah mimbar di kelas, memberikan diskusi dan tugas terstruktur atau mandiri kepada mahasiswa.
b. Mahasiswa mengikuti kuliah dengan tertib, mendengarkan materi kuliah yang disajikan oleh dosen, mengajukan pertanyaan/tanggapan, mengerjakan tugas terstruktur atau mandiri yang diberikan oleh dosen.
7
Diharap para mahasiswa mampu mengetahui dan memahami penempatan tenaga kerja.
a. Mahasiswa mampu memahami penempatan tanaga kerja.
b. Mahasiswa mampu memahami faktor-faktor yang mempengaruhi dalam penempatan tenaga kerja.
a. Dosen melaksanakan kuliah mimbar di kelas, memberikan diskusi dan tugas terstruktur atau mandiri kepada mahasiswa.
b. Mahasiswa mengikuti kuliah dengan tertib, mendengarkan materi kuliah yang disajikan oleh dosen, mengajukan pertanyaan/tanggapan, mengerjakan tugas terstruktur atau mandiri yang diberikan oleh dosen.
8
Mahasiswa mampu mengetahui dan memahami strategi sukses setelah mendapat pekerjaan
a. Mahasiswa memahami strategi sukses bekerja.
b. Mahasiswa mampu memahami faktor yang mempengaruhi sukses dalam bekerja.
a. Dosen melaksanakan kuliah mimbar di kelas, memberikan diskusi dan tugas terstruktur atau mandiri kepada mahasiswa.
b. Mahasiswa mengikuti kuliah dengan tertib, mendengarkan materi kuliah yang disajikan oleh dosen, mengajukan pertanyaan/tanggapan, mengerjakan tugas terstruktur atau mandiri yang diberikan oleh dosen.
9
Mahasiswa mampu memahami strategi sukses setelah mendapat pekerjaan
a. Mahasiswa mampu memahami kompensasi.
b. Mahasiswa mampu memahami tujuan pemberian kompensasi.
c. Mahasiswa memahami faktor yang menentukan kompensasi.
a. Dosen melaksanakan kuliah mimbar di kelas, memberikan diskusi dan tugas terstruktur atau mandiri kepada mahasiswa.
b. Mahasiswa mengikuti kuliah dengan tertib, mendengarkan materi kuliah yang disajikan oleh dosen, mengajukan pertanyaan/tanggapan, mengerjakan tugas terstruktur atau mandiri yang diberikan oleh dosen.
10
Mahasiswa mampu memahami pentingmya penilaian kinerja karyawan.
a. Mahasiswa mampu memahami penilaian kinerja.
b. Mahasiswa mampu memahami tujuan penilaian kinerja.
c. Mahasiswa memahami unsur-unsur penilaian kinerja.
a. Dosen melaksanakan kuliah mimbar di kelas, memberikan diskusi dan tugas terstruktur atau mandiri kepada mahasiswa.
b. Mahasiswa mengikuti kuliah dengan tertib, mendengarkan materi kuliah yang disajikan oleh dosen, mengajukan pertanyaan/tanggapan, mengerjakan tugas terstruktur atau mandiri yang diberikan oleh dosen.
11
Mahasiswa mampu memahami pemutusan hubungan kerja dan penyebabnya.
a. Mahasiswa mampu memahami pemutusan hubungan kerja.
b. Mahasiswa mampu memahami penyebab terjadinya pemutusan hubungan kerja.
c. Mahasiswa memahami sifat dan kewajiban perusahaan yang ditimbulkan oleh pemutusan hubungan kerja.
a. Dosen melaksanakan kuliah mimbar di kelas, memberikan diskusi dan tugas terstruktur atau mandiri kepada mahasiswa.
b. Mahasiswa mengikuti kuliah dengan tertib, mendengarkan materi kuliah yang disajikan oleh dosen, mengajukan pertanyaan/tanggapan, mengerjakan tugas terstruktur atau mandiri yang diberikan oleh dosen.

SISTEM PENILAIAN PENGANTAR DUNIA KERJA



Pertemuan Ke 5

KUIS

Pertemuan Ke 9

U T T

Pertemuan Ke 13

U A T

Sistem Penilaian
N0
TUGAS
KUIS
UTT
UAT
1
20%
20%
25%
35%


1 comment:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Related Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...