A story with tens of thousands of articles.

A story with tens of thousands of articles.
life and death, blessing and cursing, from the main character in the hands of readers.

Wednesday, January 28, 2015

RENCANA PEMBELAJARAN DUNIA KERJA




RENCANA PEMBELAJARAN DUNIA KERJA



RENCANA PEMBELAJARAN
Nama Mata Kuliah : Pengantar Dunia Kerja
Kode Mata Kuliah :
Program Studi : D – III Manajemen Informatika (MI)
Semester : 5 (Lima)
SKS / Status : 2 SKS
Pertemuan Ke
Hari/Tgl
Pokok Bahasan
Sub Pokok Bahasan
Media
Metode
Evaluasi
Sumber Pustaka
Keterangan
ke 1
I. GAMBARAN UMUM
DUNIA KERJA
1.1. Pengertian dan Penjelasan
1.2. Cara Perusahaan Merekrut
Karyawan
1.3. Strategi Merebut Peluang
Kerja
a. Iklan di Media Massa
b. Sistem Koneksi
c. Kerjasama dengan Lembaga Konsultan
d. Bursa Tenaga Kerja atau Biro Jasa Perekrutan
e. Lembaga Institusi
f. Penempatan Melalui Depnaker
g. Penempatan Melalui Yayasan
h. Diambil Dari Karyawan Yang Berprestasi
i. Program Magang
j. Diambil Dari Mahasiswa Yang Membuat Tugas Akhir atau Skripsi Di Perusahaan Tersebut
k. Titipan Pihak Tertentu
l. Mengundang Pelamar Langsung Melamar Ke Perusahaan
1.4. Penutup
White Board, Spidol, LCD dan Modul
1. Dosen melaksanakan kuliah mimbar di kelas, memberikan diskusi dan tugas terstruktur atau mandiri kepada mahasiswa.
2. Mahasiswa mengikuti kuliah dengan tertib, mendengarkan materi kuliah yang disajikan oleh dosen, mengajukan pertanyaan/tanggapan, mengerjakan tugas terstruktur atau mandiri yang diberikan oleh dosen.
1. Dosen melakukan tanya jawab dengan mahasiswa guna mengetahui pemahamannya tentang materi pokok bahasan sesuai dengan Tujuan Instruksional Khusus.
2. Mahasiswa ditugaskan membaca ulang bahan kuliah yang telah diterangkan di kelas dan mengerjakan tugas yang diberikan.
3. Hasil evaluasi yang dapat diamati sepintas adalah kualitas jawaban lisan mahasiswa berdasarkan tujuan instruksional khusus, dan hasil evaluasi yang dinilai adalah tugas mahasiswa yang diberikan oleh dosen.
1. Agus Tulus, 1989,Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Gramedia Pustaka, Jakarta
2. Hardi Soenanto, dkk, 2001, Memahami Psikotes, Pustaka Grafika, Jakarta
3. Lamuddin Finoza, 1991,Aneka Surat Indonesia, Sekretaris & Bisnis,Mawar Gempala, Jakarta.
4. Richard Nata. 1997,Buku Pintar Mencari Kerja, Jakarta.
5. Sastrohadiwiryo, S, 2001, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia (Pendekatan Administratip dan Operasional), Bumi Aksara, Jakarta
ke 2
II. SELEKSI TENAGA KERJA
2.1. Pengertian dan Penjelasan
2.2. Tujuan dan Cara Seleksi
tenaga Kerja
a. Seleksi tertulis
b. Seleksi Intelegensi
c. Seleksi Wawancara
d. Seleksi Praktek
e. Seleksi Kecakapan Khusus
f. Seleksi Emosional
g. Seleksi Pemahaman
h. Seleksi Kesehatan
2.3. Kriteria Dasar Seleksi Tenaga
kerja
2.4. Tahapan Seleksi Tenaga Kerja
2.5. Penutup
White Board, Spidol, LCD dan Modul
1. Dosen melaksanakan kuliah mimbar di kelas, memberikan diskusi dan tugas terstruktur atau mandiri kepada mahasiswa.
2. Mahasiswa mengikuti kuliah dengan tertib, mendengarkan materi kuliah yang disajikan oleh dosen, mengajukan pertanyaan/tanggapan, mengerjakan tugas terstruktur atau mandiri yang diberikan oleh dosen.
1. Dosen melakukan tanya jawab dengan mahasiswa guna mengetahui pemahamannya tentang materi pokok bahasan sesuai dengan Tujuan Instruksional Khusus.
2. Mahasiswa ditugaskan membaca ulang bahan kuliah yang telah diterangkan di kelas dan mengerjakan tugas yang diberikan.
3. Hasil evaluasi yang dapat diamati sepintas adalah kualitas jawaban lisan mahasiswa berdasarkan tujuan instruksional khusus, dan hasil evaluasi yang dinilai adalah tugas mahasiswa yang diberikan oleh dosen
1. Agus Tulus, 1989,Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Gramedia Pustaka, Jakarta
2. Hardi Soenanto, dkk, 2001, Memahami Psikotes, Pustaka Grafika, Jakarta
3. Lamuddin Finoza, 1991,Aneka Surat Indonesia, Sekretaris & Bisnis,Mawar Gempala, Jakarta.
4. Richard Nata. 1997,Buku Pintar Mencari Kerja, Jakarta.
5. Sastrohadiwiryo, S, 2001, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia (Pendekatan Administratip dan Operasional), Bumi Aksara, Jakarta
ke 3
III. TEKNIK MENULIS
LAMARAN KERJA DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP
3.1. Pengertian dan Penjelasan
a. Tehnik Menulis Surat Lamaran
b. Tehnik Membuat Daftar Riwayat Hidup
c. Menonjolkan Nilai Tambah
d. Menghindari Biaya Yang Tidak Perlu
e. Mengirim Surat Lamaran Dengan Perangko Kilat
f. Mencantumkan Nomor Telepon Yang Dapat Dihubungi
g. Melamar Sebanyak Mungkin
3.2. Penutup
White Board, Spidol, LCD dan Modul
1. Dosen melaksanakan kuliah mimbar di kelas, memberikan diskusi dan tugas terstruktur atau mandiri kepada mahasiswa.
2. Mahasiswa mengikuti kuliah dengan tertib, mendengarkan materi kuliah yang disajikan oleh dosen, mengajukan pertanyaan/tanggapan, mengerjakan tugas terstruktur atau mandiri yang diberikan oleh dosen.
1. Dosen melakukan tanya jawab dengan mahasiswa guna mengetahui pemahamannya tentang materi pokok bahasan sesuai dengan Tujuan Instruksional Khusus.
2. Mahasiswa ditugaskan membaca ulang bahan kuliah yang telah diterangkan di kelas dan mengerjakan tugas yang diberikan.
3. Hasil evaluasi yang dapat diamati sepintas adalah kualitas jawaban lisan mahasiswa berdasarkan tujuan instruksional khusus, dan hasil evaluasi yang dinilai adalah tugas mahasiswa yang diberikan oleh dosen
1. Agus Tulus, 1989,Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Gramedia Pustaka, Jakarta
2. Hardi Soenanto, dkk, 2001, Memahami Psikotes, Pustaka Grafika, Jakarta
3. Lamuddin Finoza, 1991,Aneka Surat Indonesia, Sekretaris & Bisnis,Mawar Gempala, Jakarta.
4. Richard Nata. 1997,Buku Pintar Mencari Kerja, Jakarta.
5. Sastrohadiwiryo, S, 2001, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia (Pendekatan Administratip dan Operasional), Bumi Aksara, Jakarta
ke 4
IV. TEKNIK MEMBUAT
SURAT LAMARAN KERJA DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP YANG UNGGUL
4.1. Pendahuluan
4.2. Jenis Surat Lamaran Kerja
4.3. Model Surat Lamaran Kerja
4.4. Syarat Penyusunan Surat
Lamaran Kerja
4.5. Tehnik Dalam Membuat
Surat Lamaran Kerja
a. Salam Pendahuluan
b. Isi Surat
c. Penutup
4.6. Tehnik Dalam membuat
Daftar Riwayat Hidup
4.7. Penutup
White Board, Spidol, LCD dan Modul
1. Dosen melaksanakan kuliah mimbar di kelas, memberikan diskusi dan tugas terstruktur atau mandiri kepada mahasiswa.
2. Mahasiswa mengikuti kuliah dengan tertib, mendengarkan materi kuliah yang disajikan oleh dosen, mengajukan pertanyaan/tanggapan, mengerjakan tugas terstruktur atau mandiri yang diberikan oleh dosen.
1. Dosen melakukan tanya jawab dengan mahasiswa guna mengetahui pemahamannya tentang materi pokok bahasan sesuai dengan Tujuan Instruksional Khusus.
2. Mahasiswa ditugaskan membaca ulang bahan kuliah yang telah diterangkan di kelas dan mengerjakan tugas yang diberikan.
3. Hasil evaluasi yang dapat diamati sepintas adalah kualitas jawaban lisan mahasiswa berdasarkan tujuan instruksional khusus, dan hasil evaluasi yang dinilai adalah tugas mahasiswa yang diberikan oleh dosen
1. Agus Tulus, 1989,Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Gramedia Pustaka, Jakarta
2. Hardi Soenanto, dkk, 2001, Memahami Psikotes, Pustaka Grafika, Jakarta
3. Lamuddin Finoza, 1991,Aneka Surat Indonesia, Sekretaris & Bisnis,Mawar Gempala, Jakarta.
4. Richard Nata. 1997,Buku Pintar Mencari Kerja, Jakarta.
5. Sastrohadiwiryo, S, 2001, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia (Pendekatan Administratip dan Operasional), Bumi Aksara, Jakarta
ke 6
V. TES PSIKOLOGI
5.1. Pengertian dan Penjelasan
5.2. Jenis Tes
a. Intelegence Test (Tes Kecerdasan)
b. Aptitude Test (Tes Bakat)
c. Interest Test (Tes Minat)
d. Achievment Test (Tes Prestasi)
e. Personality Test (Tes Kepribadian)
White Board, Spidol, LCD dan Modul
1. Dosen melaksanakan kuliah mimbar di kelas, memberikan diskusi dan tugas terstruktur atau mandiri kepada mahasiswa.
2. Mahasiswa mengikuti kuliah dengan tertib, mendengarkan materi kuliah yang disajikan oleh dosen, mengajukan pertanyaan/tanggapan, mengerjakan tugas terstruktur atau mandiri yang diberikan oleh dosen.
1. Dosen melakukan tanya jawab dengan mahasiswa guna mengetahui pemahamannya tentang materi pokok bahasan sesuai dengan Tujuan Instruksional Khusus.
2. Mahasiswa ditugaskan membaca ulang bahan kuliah yang telah diterangkan di kelas dan mengerjakan tugas yang diberikan.
3. Hasil evaluasi yang dapat diamati sepintas adalah kualitas jawaban lisan mahasiswa berdasarkan tujuan instruksional khusus, dan hasil evaluasi yang dinilai adalah tugas mahasiswa yang diberikan oleh dosen
1. Agus Tulus, 1989,Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Gramedia Pustaka, Jakarta
2. Hardi Soenanto, dkk, 2001, Memahami Psikotes, Pustaka Grafika, Jakarta
3. Lamuddin Finoza, 1991,Aneka Surat Indonesia, Sekretaris & Bisnis,Mawar Gempala, Jakarta.
4. Richard Nata. 1997,Buku Pintar Mencari Kerja, Jakarta.
5. Sastrohadiwiryo, S, 2001, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia (Pendekatan Administratip dan Operasional), Bumi Aksara, Jakarta
ke 7
VI. INTERVIEW
6.1. Pengertian Dan Penjelasan
a. Performance
b. Potential Improvement
c. Skill Profile Achievement
d. Personality Attitude
e. Specific Values
6.2. Petunjuk Bagi Pelamar Yang
Akan Interview
6.3. Penutup
White Board, Spidol, LCD dan Modul
1. Dosen melaksanakan kuliah mimbar di kelas, memberikan diskusi dan tugas terstruktur atau mandiri kepada mahasiswa.
2. Mahasiswa mengikuti kuliah dengan tertib, mendengarkan materi kuliah yang disajikan oleh dosen, mengajukan pertanyaan/tanggapan, mengerjakan tugas terstruktur atau mandiri yang diberikan oleh dosen.
1. Dosen melakukan tanya jawab dengan mahasiswa guna mengetahui pemahamannya tentang materi pokok bahasan sesuai dengan Tujuan Instruksional Khusus.
2. Mahasiswa ditugaskan membaca ulang bahan kuliah yang telah diterangkan di kelas dan mengerjakan tugas yang diberikan.
3. Hasil evaluasi yang dapat diamati sepintas adalah kualitas jawaban lisan mahasiswa berdasarkan tujuan instruksional khusus, dan hasil evaluasi yang dinilai adalah tugas mahasiswa yang diberikan oleh dosen
1. Agus Tulus, 1989,Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Gramedia Pustaka, Jakarta
2. Hardi Soenanto, dkk, 2001, Memahami Psikotes, Pustaka Grafika, Jakarta
3. Lamuddin Finoza, 1991,Aneka Surat Indonesia, Sekretaris & Bisnis,Mawar Gempala, Jakarta.
4. Richard Nata. 1997,Buku Pintar Mencari Kerja, Jakarta.
5. Sastrohadiwiryo, S, 2001, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia (Pendekatan Administratip dan Operasional), Bumi Aksara, Jakarta
ke 8
VII. PENEMPATAN
TENAGA KERJA
7.1. Pengertian Dan Penjelasan
7.2. Faktor-Faktor Yang Harus
Dipertimbangkan Dalam Penempatan Tenaga kerja.
7.3. Penutup
White Board, Spidol, LCD dan Modul
1. Dosen melaksanakan kuliah mimbar di kelas, memberikan diskusi dan tugas terstruktur atau mandiri kepada mahasiswa.
2. Mahasiswa mengikuti kuliah dengan tertib, mendengarkan materi kuliah yang disajikan oleh dosen, mengajukan pertanyaan/tanggapan, mengerjakan tugas terstruktur atau mandiri yang diberikan oleh dosen.
1. Dosen melakukan tanya jawab dengan mahasiswa guna mengetahui pemahamannya tentang materi pokok bahasan sesuai dengan Tujuan Instruksional Khusus.
2. Mahasiswa ditugaskan membaca ulang bahan kuliah yang telah diterangkan di kelas dan mengerjakan tugas yang diberikan.
3. Hasil evaluasi yang dapat diamati sepintas adalah kualitas jawaban lisan mahasiswa berdasarkan tujuan instruksional khusus, dan hasil evaluasi yang dinilai adalah tugas mahasiswa yang diberikan oleh dosen
1. Agus Tulus, 1989,Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Gramedia Pustaka, Jakarta
2. Hardi Soenanto, dkk, 2001, Memahami Psikotes, Pustaka Grafika, Jakarta
3. Lamuddin Finoza, 1991,Aneka Surat Indonesia, Sekretaris & Bisnis,Mawar Gempala, Jakarta.
4. Richard Nata. 1997,Buku Pintar Mencari Kerja, Jakarta.
5. Sastrohadiwiryo, S, 2001, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia (Pendekatan Administratip dan Operasional), Bumi Aksara, Jakarta
ke 10
VIII. SUKSES SETELAH
MENDAPAT PEKERJAAN
8.1. Pengertian Dan Penjelasan
8.2. Faktor-Faktor Yang
mempengaruhi Sukses Bekerja
8.3. Penutup
White Board, Spidol, LCD dan Modul
1. Dosen melaksanakan kuliah mimbar di kelas, memberikan diskusi dan tugas terstruktur atau mandiri kepada mahasiswa.
2. Mahasiswa mengikuti kuliah dengan tertib, mendengarkan materi kuliah yang disajikan oleh dosen, mengajukan pertanyaan/tanggapan, mengerjakan tugas terstruktur atau mandiri yang diberikan oleh dosen.
1. Dosen melakukan tanya jawab dengan mahasiswa guna mengetahui pemahamannya tentang materi pokok bahasan sesuai dengan Tujuan Instruksional Khusus.
2. Mahasiswa ditugaskan membaca ulang bahan kuliah yang telah diterangkan di kelas dan mengerjakan tugas yang diberikan.
3. Hasil evaluasi yang dapat diamati sepintas adalah kualitas jawaban lisan mahasiswa berdasarkan tujuan instruksional khusus, dan hasil evaluasi yang dinilai adalah tugas mahasiswa yang diberikan oleh dosen
1. Agus Tulus, 1989,Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Gramedia Pustaka, Jakarta
2. Hardi Soenanto, dkk, 2001, Memahami Psikotes, Pustaka Grafika, Jakarta
3. Lamuddin Finoza, 1991,Aneka Surat Indonesia, Sekretaris & Bisnis,Mawar Gempala, Jakarta.
4. Richard Nata. 1997,Buku Pintar Mencari Kerja, Jakarta.
5. Sastrohadiwiryo, S, 2001, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia (Pendekatan Administratip dan Operasional), Bumi Aksara, Jakarta
ke 11
IX. PEMBERIAN
KOMPENSASI
9.1. Pengertian Dan Penjelasan
9.2. Tujuan Kompensasi
9.3. Faktor-Faktor Yang
Mempengaruhi Kompensasi
9.4. Penutup
White Board, Spidol, LCD dan Modul
1. Dosen melaksanakan kuliah mimbar di kelas, memberikan diskusi dan tugas terstruktur atau mandiri kepada mahasiswa.
2. Mahasiswa mengikuti kuliah dengan tertib, mendengarkan materi kuliah yang disajikan oleh dosen, mengajukan pertanyaan/tanggapan, mengerjakan tugas terstruktur atau mandiri yang diberikan oleh dosen.
1. Dosen melakukan tanya jawab dengan mahasiswa guna mengetahui pemahamannya tentang materi pokok bahasan sesuai dengan Tujuan Instruksional Khusus.
2. Mahasiswa ditugaskan membaca ulang bahan kuliah yang telah diterangkan di kelas dan mengerjakan tugas yang diberikan.
3. Hasil evaluasi yang dapat diamati sepintas adalah kualitas jawaban lisan mahasiswa berdasarkan tujuan instruksional khusus, dan hasil evaluasi yang dinilai adalah tugas mahasiswa yang diberikan oleh dosen
1. Agus Tulus, 1989,Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Gramedia Pustaka, Jakarta
2. Hardi Soenanto, dkk, 2001, Memahami Psikotes, Pustaka Grafika, Jakarta
3. Lamuddin Finoza, 1991,Aneka Surat Indonesia, Sekretaris & Bisnis,Mawar Gempala, Jakarta.
4. Richard Nata. 1997,Buku Pintar Mencari Kerja, Jakarta.
5. Sastrohadiwiryo, S, 2001, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia (Pendekatan Administratip dan Operasional), Bumi Aksara, Jakarta
ke 12
X. PENILAIAN KINERJA
10.1. Pengertian Dan Penjelasan
10.2. Tujuan Penilaian Kinerja
10.3. Unsur-Unsur Yang Dinilai
10.4. Penutup
White Board, Spidol, LCD dan Modul
1. Dosen melaksanakan kuliah mimbar di kelas, memberikan diskusi dan tugas terstruktur atau mandiri kepada mahasiswa.
2. Mahasiswa mengikuti kuliah dengan tertib, mendengarkan materi kuliah yang disajikan oleh dosen, mengajukan pertanyaan/tanggapan, mengerjakan tugas terstruktur atau mandiri yang diberikan oleh dosen.
1. Dosen melakukan tanya jawab dengan mahasiswa guna mengetahui pemahamannya tentang materi pokok bahasan sesuai dengan Tujuan Instruksional Khusus.
2. Mahasiswa ditugaskan membaca ulang bahan kuliah yang telah diterangkan di kelas dan mengerjakan tugas yang diberikan.
3. Hasil evaluasi yang dapat diamati sepintas adalah kualitas jawaban lisan mahasiswa berdasarkan tujuan instruksional khusus, dan hasil evaluasi yang dinilai adalah tugas mahasiswa yang diberikan oleh dosen
1. Agus Tulus, 1989,Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Gramedia Pustaka, Jakarta
2. Hardi Soenanto, dkk, 2001, Memahami Psikotes, Pustaka Grafika, Jakarta
3. Lamuddin Finoza, 1991,Aneka Surat Indonesia, Sekretaris & Bisnis,Mawar Gempala, Jakarta.
4. Richard Nata. 1997,Buku Pintar Mencari Kerja, Jakarta.
5. Sastrohadiwiryo, S, 2001, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia (Pendekatan Administratip dan Operasional), Bumi Aksara, Jakarta
ke 12
XI. PEMUTUSAN
HUBUNGAN KERJA
11.1. Pengertian Pemutusan
Hubungan kerja
11.2. Hal-Hal Yang Harus
Diperhatikan Dalam Pemutusan Hubungan Kerja
11.3. Sifat Pemutusan
Hubungan Kerja
11.4. Hak Yang Diterima
Karyawan Akibat
Pemutusan Hubungan
Kerja
11.5. Penutup
White Board, Spidol, LCD dan Modul
1. Dosen melaksanakan kuliah mimbar di kelas, memberikan diskusi dan tugas terstruktur atau mandiri kepada mahasiswa.
2. Mahasiswa mengikuti kuliah dengan tertib, mendengarkan materi kuliah yang disajikan oleh dosen, mengajukan pertanyaan/tanggapan, mengerjakan tugas terstruktur atau mandiri yang diberikan oleh dosen.
1. Dosen melakukan tanya jawab dengan mahasiswa guna mengetahui pemahamannya tentang materi pokok bahasan sesuai dengan Tujuan Instruksional Khusus.
2. Mahasiswa ditugaskan membaca ulang bahan kuliah yang telah diterangkan di kelas dan mengerjakan tugas yang diberikan.
3. Hasil evaluasi yang dapat diamati sepintas adalah kualitas jawaban lisan mahasiswa berdasarkan tujuan instruksional khusus, dan hasil evaluasi yang dinilai adalah tugas mahasiswa yang diberikan oleh dosen
1. Agus Tulus, 1989,Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Gramedia Pustaka, Jakarta
2. Hardi Soenanto, dkk, 2001, Memahami Psikotes, Pustaka Grafika, Jakarta
3. Lamuddin Finoza, 1991,Aneka Surat Indonesia, Sekretaris & Bisnis,Mawar Gempala, Jakarta.
4. Richard Nata. 1997,Buku Pintar Mencari Kerja, Jakarta.
5. Sastrohadiwiryo, S, 2001, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia (Pendekatan Administratip dan Operasional), Bumi Aksara, Jakarta



No comments:

Post a Comment

Related Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...