Tentukan sendiri jalan cerita selanjutnya.

Tentukan sendiri jalan cerita selanjutnya.
SET YOURSELF THE NEXT STORY

Ads : 1 USD forever

This blog started to be written January 11, 2015.
Advertise your products and services here.
With 1 USD then your ad posted in the article forever.
1 USD per article forever.

A story with tens of thousands of articles.

A story with tens of thousands of articles.
life and death, blessing and cursing, from the main character in the hands of readers.

Campaign : Support my book "The ultimate guide to get life on earth as in heaven."

Campaign : Support my book "The ultimate guide to get life on earth as in heaven."
Campaign started October 17, 2015 (45 days)

Your contribution to my campaign

Tuesday, January 27, 2015

Buku Pintar Mencari Kerja jadi bahan kuliah DIII MANAJEMEN INFORMATIKA PERGURUAN TINGGI DCC LAMPUNG




SATUAN ACARA PEMBELAJARAN


SATUAN ACARA PEMBELAJARAN

PENGANTAR DUNIA KERJA

SEMESTER III

2 SKS

PROGRAM STUDI

D-III MANAJEMEN INFORMATIKA


PERGURUAN TINGGI
DCC LAMPUNG

SATUAN ACARA PEMBELAJARAN
Nama Mata Kuliah : Pengantar Dunia Kerja
Kode Mata Kuliah :
Program Studi : D – III Manajemen Informatika (MI)
Semester : 5 (Lima)
SKS / Status : 2 SKS
Pertemuan : ke 1
Tujuan Instruksi Umum :
Diharapkan peserta pendidikan mampu mengetahui dan memahami gambaran umum tentang dunia kerja.
Tujuan Instruksi Khusus :
1. Para mahasiswa mampu memahami penyebab seseorang tidak bekerja.
2. Mahasiswa mengerti cara perusahaan merekrut karyawan.
3. Mahasiswa mampu memahami strategi merebut peluang dunia kerja.
Pokok Bahasan :
I. GAMBARAN UMUM DUNIA KERJA
Sub Pokok Bahasan :
1.1. Pengertian dan Penjelasan
1.2. Cara Perusahaan Merekrut Karyawan
1.3. Strategi Merebut Peluang Kerja
a. Iklan di Media Massa
b. Sistem Koneksi
c. Kerjasama dengan Lembaga Konsultan
d. Bursa Tenaga Kerja atau Biro Jasa Perekrutan
e. Lembaga Institusi
f. Penempatan Melalui Depnaker
g. Penempatan Melalui Yayasan
h. Diambil Dari Karyawan Yang Berprestasi
i. Program Magang
j. Diambil Dari Mahasiswa Yang Membuat Tugas Akhir atau Skripsi Di Perusahaan Tersebut
k. Titipan Pihak Tertentu
l. Mengundang Pelamar Langsung Melamar Ke Perusahaan
1.4. Penutup

Kegiatan Belajar Mengajar :
  1. Dosen melaksanakan kuliah mimbar di kelas, memberikan diskusi dan tugas terstruktur atau mandiri kepada mahasiswa.
  2. Mahasiswa mengikuti kuliah dengan tertib, mendengarkan materi kuliah yang disajikan oleh dosen, mengajukan pertanyaan/tanggapan, mengerjakan tugas terstruktur atau mandiri yang diberikan oleh dosen.
Media dan Alat Pengajaran :
White Board, Spidol, LCD dan Modul
Evaluasi
  1. Dosen melakukan tanya jawab dengan mahasiswa guna mengetahui pemahamannya tentang materi pokok bahasan sesuai dengan Tujuan Instruksional Khusus.
  2. Mahasiswa ditugaskan membaca ulang bahan kuliah yang telah diterangkan di kelas dan mengerjakan tugas yang diberikan.
  3. Hasil evaluasi yang dapat diamati sepintas adalah kualitas jawaban lisan mahasiswa berdasarkan tujuan instruksional khusus, dan hasil evaluasi yang dinilai adalah tugas mahasiswa yang diberikan oleh dosen.
Daftar Pustaka :
1. Agus Tulus, 1989, Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Gramedia Pustaka, Jakarta
2. Hardi Soenanto, dkk, 2001, Memahami Psikotes, Pustaka Grafika, Jakarta
3. Lamuddin Finoza, 1991, Aneka Surat Indonesia, Sekretaris & Bisnis, Mawar Gempala, Jakarta.
4. Richard Nata. 1997, Buku Pintar Mencari Kerja, Jakarta.
5. Sastrohadiwiryo, S, 2001, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia (Pendekatan Administratip dan Operasional), Bumi Aksara, Jakarta

SATUAN ACARA PEMBELAJARAN
Nama Mata Kuliah : Pengantar Dunia Kerja
Kode Mata Kuliah :
Program Studi : D – III Manajemen Informatika (MI)
Semester : 5 (Lima)
SKS / Status : 2 SKS
Pertemuan : ke 2
Tujuan Instruksi Umum :
Diharapakan para mahasiswa mampu memahami bagaimana penyeleksian tenaga kerja dilakukan.
Tujuan Instruksi Khusus :
1. Mahasiswa diharapkan mampu memahami cara-cara perusahaan melakukan seleksi.
2. Para mahasiswa diharapkan mampu memahami tentang tujuan dari seleksi tenaga kerja.
3. Mahasiswa diharapkan mampu memahami tentang kriteria dasar seleksi dan prosedur seleksi tenaga kerja.
Pokok Bahasan :
II. SELEKSI TENAGA KERJA
Sub Pokok Bahasan :
2.1. Pengertian dan Penjelasan
2.2. Tujuan dan Cara Seleksi tenaga Kerja
a. Seleksi tertulis
b. Seleksi Intelegensi
c. Seleksi Wawancara
d. Seleksi Praktek
e. Seleksi Kecakapan Khusus
f. Seleksi Emosional
g. Seleksi Pemahaman
h. Seleksi Kesehatan
2.3. Kriteria Dasar Seleksi Tenaga kerja
2.4. Tahapan Seleksi Tenaga Kerja
2.5. Penutup

Kegiatan Belajar Mengajar :
1. Dosen melaksanakan kuliah mimbar di kelas, memberikan diskusi dan tugas terstruktur atau mandiri kepada mahasiswa.
2. Mahasiswa mengikuti kuliah dengan tertib, mendengarkan materi kuliah yang disajikan oleh dosen, mengajukan pertanyaan/tanggapan, mengerjakan tugas terstruktur atau mandiri yang diberikan oleh dosen.
Media dan Alat Pengajaran :
White Board, Spidol, LCD dan Modul
Evaluasi
1. Dosen melakukan tanya jawab dengan mahasiswa guna mengetahui pemahamannya tentang materi pokok bahasan sesuai dengan Tujuan Instruksional Khusus.
2. Mahasiswa ditugaskan membaca ulang bahan kuliah yang telah diterangkan di kelas dan mengerjakan tugas yang diberikan.
3. Hasil evaluasi yang dapat diamati sepintas adalah kualitas jawaban lisan mahasiswa berdasarkan tujuan instruksional khusus, dan hasil evaluasi yang dinilai adalah tugas mahasiswa yang diberikan oleh dosen.
Daftar Pustaka :
1. Agus Tulus, 1989, Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Gramedia Pustaka, Jakarta
2. Hardi Soenanto, dkk, 2001, Memahami Psikotes, Pustaka Grafika, Jakarta
3. Lamuddin Finoza, 1991, Aneka Surat Indonesia, Sekretaris & Bisnis, Mawar Gempala, Jakarta.
4. Richard Nata. 1997, Buku Pintar Mencari Kerja, Jakarta.
5. Sastrohadiwiryo, S, 2001, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia (Pendekatan Administratip dan Operasional), Bumi Aksara, Jakarta

SATUAN ACARA PEMBELAJARAN
Nama Mata Kuliah : Pengantar Dunia Kerja
Kode Mata Kuliah :
Program Studi : D – III Manajemen Informatika (MI)
Semester : 5 (Lima)
SKS / Status : 2 SKS
Pertemuan : ke 3
Tujuan Instruksi Umum :
Diharapkan para mahasiswa mampu memahami teknik penulisan lamaran kerja dan daftar riwayat hidup.
Tujuan Instruksi Khusus :
1. Para mahasiswa diharapkan mampu menulis surat lamaran kerja
2. Para mahasiswa diharapkan mampu menulis daftar riwayat hidup.
Pokok Bahasan :
III. TEKNIK MENULIS LAMARAN KERJA DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP
Sub Pokok Bahasan :
3.1. Pengertian dan Penjelasan
a. Tehnik Menulis Surat Lamaran
b. Tehnik Membuat Daftar Riwayat Hidup
c. Menonjolkan Nilai Tambah
d. Menghindari Biaya Yang Tidak Perlu
e. Mengirim Surat Lamaran Dengan Perangko Kilat
f. Mencantumkan Nomor Telepon Yang Dapat Dihubungi
g. Melamar Sebanyak Mungkin
3.2. Penutup
Kegiatan Belajar Mengajar :
  1. Dosen melaksanakan kuliah mimbar di kelas, memberikan diskusi dan tugas terstruktur atau mandiri kepada mahasiswa.
  2. Mahasiswa mengikuti kuliah dengan tertib, mendengarkan materi kuliah yang disajikan oleh dosen, mengajukan pertanyaan/tanggapan, mengerjakan tugas terstruktur atau mandiri yang diberikan oleh dosen.
Media dan Alat Pengajaran :
White Board, Spidol, LCD dan Modul
Evaluasi
  1. Dosen melakukan tanya jawab dengan mahasiswa guna mengetahui pemahamannya tentang materi pokok bahasan sesuai dengan Tujuan Instruksional Khusus.
  2. Mahasiswa ditugaskan membaca ulang bahan kuliah yang telah diterangkan di kelas dan mengerjakan tugas yang diberikan.
  3. Hasil evaluasi yang dapat diamati sepintas adalah kualitas jawaban lisan mahasiswa berdasarkan tujuan instruksional khusus, dan hasil evaluasi yang dinilai adalah tugas mahasiswa yang diberikan oleh dosen.
Daftar Pustaka :
1. Agus Tulus, 1989, Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Gramedia Pustaka, Jakarta
2. Hardi Soenanto, dkk, 2001, Memahami Psikotes, Pustaka Grafika, Jakarta
3. Lamuddin Finoza, 1991, Aneka Surat Indonesia, Sekretaris & Bisnis, Mawar Gempala, Jakarta.
4. Richard Nata. 1997, Buku Pintar Mencari Kerja, Jakarta.
5. Sastrohadiwiryo, S, 2001, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia (Pendekatan Administratip dan Operasional), Bumi Aksara, Jakarta

SATUAN ACARA PEMBELAJARAN
Nama Mata Kuliah : Pengantar Dunia Kerja
Kode Mata Kuliah :
Program Studi : D – III Manajemen Informatika (MI)
Semester : 5 (Lima)
SKS / Status : 2 SKS
Pertemuan : ke 4
Tujuan Instruksi Umum :
Mahasiswa mampu mengetahui dan memahami bentuk-bentuk surat lamaran kerja dan teknik penulisan surat lamaran kerja yang baik.
Tujuan Instruksi Khusus :
1. Mahasiswa mampu memahami bentuk dan teknik penulisan Surat Lamaran Kerja.
2. Mahasiswa mampu membedakan jenis Surat Lamaran Kerja yang didasarkan atas cara segi merebut peluang kerja.
3. Mahasiswa mampu menyusun Surat Lamaran Kerja dan Daftar Riwayat Hidup.
Pokok Bahasan :
IV. TEKNIK MEMBUAT SURAT LAMARAN KERJA DAN DAFTAR
RIWAYAT HIDUP YANG UNGGUL
Sub Pokok Bahasan :
4.1. Pendahuluan
4.2. Jenis Surat Lamaran Kerja
4.3. Model Surat Lamaran Kerja
4.4. Syarat Penyusunan Surat Lamaran Kerja
4.5. Tehnik Dalam Membuat Surat Lamaran Kerja
a. Salam Pendahuluan
b. Isi Surat
c. Penutup
4.6. Tehnik Dalam membuat Daftar Riwayat Hidup
4.7. Penutup
Kegiatan Belajar Mengajar :
1. Dosen melaksanakan kuliah mimbar di kelas, memberikan diskusi dan tugas terstruktur atau mandiri kepada mahasiswa.
2. Mahasiswa mengikuti kuliah dengan tertib, mendengarkan materi kuliah yang disajikan oleh dosen, mengajukan pertanyaan/tanggapan, mengerjakan tugas terstruktur atau mandiri yang diberikan oleh dosen.
Media dan Alat Pengajaran :
White Board, Spidol, LCD dan Modul
Evaluasi
1. Dosen melakukan tanya jawab dengan mahasiswa guna mengetahui pemahamannya tentang materi pokok bahasan sesuai dengan Tujuan Instruksional Khusus.
2. Mahasiswa ditugaskan membaca ulang bahan kuliah yang telah diterangkan di kelas dan mengerjakan tugas yang diberikan.
3. Hasil evaluasi yang dapat diamati sepintas adalah kualitas jawaban lisan mahasiswa berdasarkan tujuan instruksional khusus, dan hasil evaluasi yang dinilai adalah tugas mahasiswa yang diberikan oleh dosen.
Daftar Pustaka :
1. Agus Tulus, 1989, Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Gramedia Pustaka, Jakarta
2. Hardi Soenanto, dkk, 2001, Memahami Psikotes, Pustaka Grafika, Jakarta
3. Lamuddin Finoza, 1991, Aneka Surat Indonesia, Sekretaris & Bisnis, Mawar Gempala, Jakarta.
4. Richard Nata. 1997, Buku Pintar Mencari Kerja, Jakarta.
5. Sastrohadiwiryo, S, 2001, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia (Pendekatan Administratip dan Operasional), Bumi Aksara, Jakarta

SATUAN ACARA PEMBELAJARAN
Nama Mata Kuliah : Pengantar Dunia Kerja
Kode Mata Kuliah :
Program Studi : D – III Manajemen Informatika (MI)
Semester : 5 (Lima)
SKS / Status : 2 SKS
Pertemuan : ke 5
Tujuan Instruksi Umum :
Mahasiswa mampu menjawab gambaran umum tentang dunia kerja, penyeleksian tenaga kerja dilakukan, teknik penulisan lamaran kerja dan daftar riwayat hidup, memahami bentuk-bentuk surat lamaran kerja dan teknik penulisan surat lamaran kerja yang baik.
Tujuan Instruksi Khusus :
1. Para mahasiswa mampu memahami penyebab seseorang tidak bekerja.
2. Mahasiswa mengerti cara perusahaan merekrut karyawan.
3. Mahasiswa mampu memahami strategi merebut peluang dunia kerja.
4. Mahasiswa diharapkan mampu memahami cara-cara perusahaan melakukan seleksi.
5. Para mahasiswa diharapkan mampu memahami tentang tujuan dari seleksi tenaga kerja.
6. Mahasiswa diharapkan mampu memahami tentang kriteria dasar seleksi dan prosedur seleksi tenaga kerja.
7. Para mahasiswa diharapkan mampu menulis surat lamaran kerja
8. Para mahasiswa diharapkan mampu menulis daftar riwayat hidup.
9. Mahasiswa mampu memahami bentuk dan teknik penulisan Surat Lamaran Kerja.
10. Mahasiswa mampu membedakan jenis Surat Lamaran Kerja yang didasarkan atas cara segi merebut peluang kerja.
11. Mahasiswa mampu menyusun Surat Lamaran Kerja dan Daftar Riwayat Hidup.
Pokok Bahasan :
I. GAMBARAN UMUM DUNIA KERJA
II. SELEKSI TENAGA KERJA
III. TEKNIK MENULIS LAMARAN KERJA DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP
IV. TEKNIK MEMBUAT SURAT LAMARAN KERJA DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP YANG UNGGUL

Sub Pokok Bahasan :
1.1. Pengertian dan Penjelasan
1.2. Cara Perusahaan Merekrut Karyawan
1.3. Strategi Merebut Peluang Kerja
2.1. Pengertian dan Penjelasan
2.2. Tujuan dan Cara Seleksi tenaga Kerja
2.3. Kriteria Dasar Seleksi Tenaga kerja
2.4. Tahapan Seleksi Tenaga Kerja
3.1. Pengertian dan Penjelasan
4.1. Pendahuluan
4.2. Jenis Surat Lamaran Kerja
4.3. Model Surat Lamaran Kerja
4.4. Syarat Penyusunan Surat Lamaran Kerja
4.5. Tehnik Dalam Membuat Surat Lamaran Kerja
4.6. Tehnik Dalam membuat Daftar Riwayat Hidup
Kegiatan Belajar Mengajar :
K U I S
Media dan Alat Pengajaran :
White Board, Spidol, LCD dan Modul
Evaluasi
  1. Dosen melakukan tanya jawab dengan mahasiswa guna mengetahui pemahamannya tentang materi pokok bahasan sesuai dengan Tujuan Instruksional Khusus.
  2. Mahasiswa ditugaskan membaca ulang bahan kuliah yang telah diterangkan di kelas dan mengerjakan tugas yang diberikan.
  3. Hasil evaluasi yang dapat diamati sepintas adalah kualitas jawaban lisan mahasiswa berdasarkan tujuan instruksional khusus, dan hasil evaluasi yang dinilai adalah tugas mahasiswa yang diberikan oleh dosen.
Daftar Pustaka :
1. Agus Tulus, 1989, Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Gramedia Pustaka, Jakarta
2. Hardi Soenanto, dkk, 2001, Memahami Psikotes, Pustaka Grafika, Jakarta
3. Lamuddin Finoza, 1991, Aneka Surat Indonesia, Sekretaris & Bisnis, Mawar Gempala, Jakarta.
4. Richard Nata. 1997, Buku Pintar Mencari Kerja, Jakarta.
5. Sastrohadiwiryo, S, 2001, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia (Pendekatan Administratip dan Operasional), Bumi Aksara, Jakarta

SATUAN ACARA PEMBELAJARAN
Nama Mata Kuliah : Pengantar Dunia Kerja
Kode Mata Kuliah :
Program Studi : D – III Manajemen Informatika (MI)
Semester : 5 (Lima)
SKS / Status : 2 SKS
Pertemuan : ke 6
Tujuan Instruksi Umum :
Diharapkan para mahasiswa mampu mengetahui dan memahami tujuan psikotes dan jenis-jenis tes yang ada.
Tujuan Instruksi Khusus :
1. Mahasiswa mampu memahami tujuan tes.
2. Mahasiswa mampu memahami pengelompokan antara jenis kemampuan dengan posisi pekerjaan yang sesuai.
3. Mahasiswa mampu mengerjakan latihan psikotes dari klasifikasi yang ada.
Pokok Bahasan :
V. TES PSIKOLOGI
Sub Pokok Bahasan :
5.1. Pengertian dan Penjelasan
5.2. Jenis Tes
a. Intelegence Test (Tes Kecerdasan)
b. Aptitude Test (Tes Bakat)
c. Interest Test (Tes Minat)
d. Achievment Test (Tes Prestasi)
e. Personality Test (Tes Kepribadian)
Kegiatan Belajar Mengajar :
1. Dosen melaksanakan kuliah mimbar di kelas, memberikan diskusi dan tugas terstruktur atau mandiri kepada mahasiswa.
2. Mahasiswa mengikuti kuliah dengan tertib, mendengarkan materi kuliah yang disajikan oleh dosen, mengajukan pertanyaan/tanggapan, mengerjakan tugas terstruktur atau mandiri yang diberikan oleh dosen.
Media dan Alat Pengajaran :
White Board, Spidol, LCD dan Modul

Evaluasi
1. Dosen melakukan tanya jawab dengan mahasiswa guna mengetahui pemahamannya tentang materi pokok bahasan sesuai dengan Tujuan Instruksional Khusus.
2. Mahasiswa ditugaskan membaca ulang bahan kuliah yang telah diterangkan di kelas dan mengerjakan tugas yang diberikan.
3. Hasil evaluasi yang dapat diamati sepintas adalah kualitas jawaban lisan mahasiswa berdasarkan tujuan instruksional khusus, dan hasil evaluasi yang dinilai adalah tugas mahasiswa yang diberikan oleh dosen.
Daftar Pustaka :
1. Agus Tulus, 1989, Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Gramedia Pustaka, Jakarta
2. Hardi Soenanto, dkk, 2001, Memahami Psikotes, Pustaka Grafika, Jakarta
3. Lamuddin Finoza, 1991, Aneka Surat Indonesia, Sekretaris & Bisnis, Mawar Gempala, Jakarta.
4. Richard Nata. 1997, Buku Pintar Mencari Kerja, Jakarta.
5. Sastrohadiwiryo, S, 2001, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia (Pendekatan Administratip dan Operasional), Bumi Aksara, Jakarta

SATUAN ACARA PEMBELAJARAN
Nama Mata Kuliah : Pengantar Dunia Kerja
Kode Mata Kuliah :
Program Studi : D – III Manajemen Informatika (MI)
Semester : 5 (Lima)
SKS / Status : 2 SKS
Pertemuan : ke 7
Tujuan Instruksi Umum :
Diharapkan mahasiswa mampu mengetahui dan memahami tujuan, prinsip-prinsip, dan petunjuk mengikuti interview
Tujuan Instruksi Khusus :
1. Mahasiswa mampu memahami tujuan interview.
2. Mahasiswa mampu memahami prinsip-prinsip interview.
3. Mahasiswa memahami petunjuk-petunjuk untuk mengikuti interview.
Pokok Bahasan :
VI. INTERVIEW
Sub Pokok Bahasan :
6.1. Pengertian Dan Penjelasan
a. Performance
b. Potential Improvement
c. Skill Profile Achievement
d. Personality Attitude
e. Specific Values
6.2. Petunjuk Bagi Pelamar Yang Akan Interview
6.3. Penutup
Kegiatan Belajar Mengajar :
1. Dosen melaksanakan kuliah mimbar di kelas, memberikan diskusi dan tugas terstruktur atau mandiri kepada mahasiswa.
2. Mahasiswa mengikuti kuliah dengan tertib, mendengarkan materi kuliah yang disajikan oleh dosen, mengajukan pertanyaan/tanggapan, mengerjakan tugas terstruktur atau mandiri yang diberikan oleh dosen.
Media dan Alat Pengajaran :
White Board, Spidol, LCD dan Modul

Evaluasi
1. Dosen melakukan tanya jawab dengan mahasiswa guna mengetahui pemahamannya tentang materi pokok bahasan sesuai dengan Tujuan Instruksional Khusus.
2. Mahasiswa ditugaskan membaca ulang bahan kuliah yang telah diterangkan di kelas dan mengerjakan tugas yang diberikan.
3. Hasil evaluasi yang dapat diamati sepintas adalah kualitas jawaban lisan mahasiswa berdasarkan tujuan instruksional khusus, dan hasil evaluasi yang dinilai adalah tugas mahasiswa yang diberikan oleh dosen.
Daftar Pustaka :
1. Agus Tulus, 1989, Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Gramedia Pustaka, Jakarta
2. Hardi Soenanto, dkk, 2001, Memahami Psikotes, Pustaka Grafika, Jakarta
3. Lamuddin Finoza, 1991, Aneka Surat Indonesia, Sekretaris & Bisnis, Mawar Gempala, Jakarta.
4. Richard Nata. 1997, Buku Pintar Mencari Kerja, Jakarta.
5. Sastrohadiwiryo, S, 2001, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia (Pendekatan Administratip dan Operasional), Bumi Aksara, Jakarta

SATUAN ACARA PEMBELAJARAN
Nama Mata Kuliah : Pengantar Dunia Kerja
Kode Mata Kuliah :
Program Studi : D – III Manajemen Informatika (MI)
Semester : 5 (Lima)
SKS / Status : 2 SKS
Pertemuan : ke 8
Tujuan Instruksi Umum :
Diharap para mahasiswa mampu mengetahui dan memahami penempatan tenaga kerja.
Tujuan Instruksi Khusus :
1. Mahasiswa mampu memahami penempatan tanaga kerja.
2. Mahasiswa mampu memahami faktor-faktor yang mempengaruhi dalam penempatan tenaga kerja.
Pokok Bahasan :
VII. PENEMPATAN TENAGA KERJA
Sub Pokok Bahasan :
7.1. Pengertian Dan Penjelasan
7.2. Faktor-Faktor Yang Harus Dipertimbangkan Dalam Penempatan Tenaga
kerja.
7.3. Penutup
Kegiatan Belajar Mengajar :
  1. Dosen melaksanakan kuliah mimbar di kelas, memberikan diskusi dan tugas terstruktur atau mandiri kepada mahasiswa.
  2. Mahasiswa mengikuti kuliah dengan tertib, mendengarkan materi kuliah yang disajikan oleh dosen, mengajukan pertanyaan/tanggapan, mengerjakan tugas terstruktur atau mandiri yang diberikan oleh dosen.
Media dan Alat Pengajaran :
White Board, Spidol, LCD dan Modul
Evaluasi
  1. Dosen melakukan tanya jawab dengan mahasiswa guna mengetahui pemahamannya tentang materi pokok bahasan sesuai dengan Tujuan Instruksional Khusus.
  2. Mahasiswa ditugaskan membaca ulang bahan kuliah yang telah diterangkan di kelas dan mengerjakan tugas yang diberikan.
  3. Hasil evaluasi yang dapat diamati sepintas adalah kualitas jawaban lisan mahasiswa berdasarkan tujuan instruksional khusus, dan hasil evaluasi yang dinilai adalah tugas mahasiswa yang diberikan oleh dosen.
Daftar Pustaka :
1. Agus Tulus, 1989, Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Gramedia Pustaka, Jakarta
2. Hardi Soenanto, dkk, 2001, Memahami Psikotes, Pustaka Grafika, Jakarta
3. Lamuddin Finoza, 1991, Aneka Surat Indonesia, Sekretaris & Bisnis, Mawar Gempala, Jakarta.
4. Richard Nata. 1997, Buku Pintar Mencari Kerja, Jakarta.
5. Sastrohadiwiryo, S, 2001, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia (Pendekatan Administratip dan Operasional), Bumi Aksara, Jakarta

SATUAN ACARA PEMBELAJARAN
Nama Mata Kuliah : Pengantar Dunia Kerja
Kode Mata Kuliah :
Program Studi : D – III Manajemen Informatika (MI)
Semester : 5 (Lima)
SKS / Status : 2 SKS
Pertemuan : ke 9
Tujuan Instruksi Umum :
Diharapkan para mahasiswa mampu menjawab tujuan psikotes dan jenis-jenis tes yang ada, prinsip-prinsip interview, dan petunjuk mengikuti interview, penempatan tenaga kerja.
Tujuan Instruksi Khusus :
1. Mahasiswa mampu memahami tujuan tes.
2. Mahasiswa mampu memahami pengelompokan antara jenis kemampuan dengan posisi pekerjaan yang sesuai.
3. Mahasiswa mampu mengerjakan latihan psikotes dari klasifikasi yang ada.
4. Mahasiswa mampu memahami tujuan interview.
5. Mahasiswa mampu memahami prinsip-prinsip interview.
6. Mahasiswa memahami petunjuk-petunjuk untuk mengikuti interview.
7. Mahasiswa mampu memahami penempatan tanaga kerja.
8. Mahasiswa mampu memahami faktor-faktor yang mempengaruhi dalam penempatan tenaga kerja.
Pokok Bahasan :
V. TES PSIKOLOGI
VI. INTERVIEW
VII. PENEMPATAN TENAGA KERJA
Sub Pokok Bahasan :
5.1. Pengertian dan Penjelasan
5.2. Jenis Tes
6.1. Pengertian Dan Penjelasan
a. Performance
b. Potential Improvement
c. Skill Profile Achievement
d. Personality Attitude
e. Specific Values
6.2. Petunjuk Bagi Pelamar Yang Akan Interview
7.1. Pengertian Dan Penjelasan
7.2. Faktor-Faktor Yang Harus Dipertimbangkan Dalam Penempatan Tenaga
kerja.
Kegiatan Belajar Mengajar :
Ujian Tengah Semester
Media dan Alat Pengajaran :
White Board, Spidol, LCD dan Modul
Evaluasi
1. Dosen melakukan tanya jawab dengan mahasiswa guna mengetahui pemahamannya tentang materi pokok bahasan sesuai dengan Tujuan Instruksional Khusus.
2. Mahasiswa ditugaskan membaca ulang bahan kuliah yang telah diterangkan di kelas dan mengerjakan tugas yang diberikan.
3. Hasil evaluasi yang dapat diamati sepintas adalah kualitas jawaban lisan mahasiswa berdasarkan tujuan instruksional khusus, dan hasil evaluasi yang dinilai adalah tugas mahasiswa yang diberikan oleh dosen.
Daftar Pustaka :
1. Agus Tulus, 1989, Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Gramedia Pustaka, Jakarta
2. Hardi Soenanto, dkk, 2001, Memahami Psikotes, Pustaka Grafika, Jakarta
3. Lamuddin Finoza, 1991, Aneka Surat Indonesia, Sekretaris & Bisnis, Mawar Gempala, Jakarta.
4. Richard Nata. 1997, Buku Pintar Mencari Kerja, Jakarta.
5. Sastrohadiwiryo, S, 2001, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia (Pendekatan Administratip dan Operasional), Bumi Aksara, Jakarta

SATUAN ACARA PEMBELAJARAN
Nama Mata Kuliah : Pengantar Dunia Kerja
Kode Mata Kuliah :
Program Studi : D – III Manajemen Informatika (MI)
Semester : 5 (Lima)
SKS / Status : 2 SKS
Pertemuan : ke 10
Tujuan Instruksi Umum :
Mahasiswa mampu mengetahui dan memahami strategi sukses setelah mendapat pekerjaan.
Tujuan Instruksi Khusus :
1. Mahasiswa memahami strategi sukses bekerja.
2. Mahasiswa mampu memahami faktor yang mempengaruhi sukses dalam bekerja.
Pokok Bahasan :
VIII. SUKSES SETELAH MENDAPAT PEKERJAAN
Sub Pokok Bahasan :
8.1. Pengertian Dan Penjelasan
8.2. Faktor-Faktor Yang mempengaruhi Sukses Bekerja
8.3. Penutup
Kegiatan Belajar Mengajar :
  1. Dosen melaksanakan kuliah mimbar di kelas, memberikan diskusi dan tugas terstruktur atau mandiri kepada mahasiswa.
  2. Mahasiswa mengikuti kuliah dengan tertib, mendengarkan materi kuliah yang disajikan oleh dosen, mengajukan pertanyaan/tanggapan, mengerjakan tugas terstruktur atau mandiri yang diberikan oleh dosen.
Media dan Alat Pengajaran :
White Board, Spidol, LCD dan Modul
Evaluasi
  1. Dosen melakukan tanya jawab dengan mahasiswa guna mengetahui pemahamannya tentang materi pokok bahasan sesuai dengan Tujuan Instruksional Khusus.
  2. Mahasiswa ditugaskan membaca ulang bahan kuliah yang telah diterangkan di kelas dan mengerjakan tugas yang diberikan.
  3. Hasil evaluasi yang dapat diamati sepintas adalah kualitas jawaban lisan mahasiswa berdasarkan tujuan instruksional khusus, dan hasil evaluasi yang dinilai adalah tugas mahasiswa yang diberikan oleh dosen.
Daftar Pustaka :
1. Agus Tulus, 1989, Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Gramedia Pustaka, Jakarta
2. Hardi Soenanto, dkk, 2001, Memahami Psikotes, Pustaka Grafika, Jakarta
3. Lamuddin Finoza, 1991, Aneka Surat Indonesia, Sekretaris & Bisnis, Mawar Gempala, Jakarta.
4. Richard Nata. 1997, Buku Pintar Mencari Kerja, Jakarta.
5. Sastrohadiwiryo, S, 2001, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia (Pendekatan Administratip dan Operasional), Bumi Aksara, Jakarta

SATUAN ACARA PEMBELAJARAN
Nama Mata Kuliah : Pengantar Dunia Kerja
Kode Mata Kuliah :
Program Studi : D – III Manajemen Informatika (MI)
Semester : 5 (Lima)
SKS / Status : 2 SKS
Pertemuan : ke 11
Tujuan Instruksi Umum :
Mahasiswa mampu memahami strategi sukses setelah mendapat pekerjaan.
Tujuan Instruksi Khusus :
1. Mahasiswa mampu memahami kompensasi.
2. Mahasiswa mampu memahami tujuan pemberian kompensasi.
3. Mahasiswa memahami faktor yang menentukan kompensasi.
Pokok Bahasan :
IX. PEMBERIAN KOMPENSASI
Sub Pokok Bahasan :
9.1. Pengertian Dan Penjelasan
9.2. Tujuan Kompensasi
9.3. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kompensasi
9.4. Penutup
Kegiatan Belajar Mengajar :
  1. Dosen melaksanakan kuliah mimbar di kelas, memberikan diskusi dan tugas terstruktur atau mandiri kepada mahasiswa.
  2. Mahasiswa mengikuti kuliah dengan tertib, mendengarkan materi kuliah yang disajikan oleh dosen, mengajukan pertanyaan/tanggapan, mengerjakan tugas terstruktur atau mandiri yang diberikan oleh dosen.
Media dan Alat Pengajaran :
White Board, Spidol, LCD dan Modul
Evaluasi
  1. Dosen melakukan tanya jawab dengan mahasiswa guna mengetahui pemahamannya tentang materi pokok bahasan sesuai dengan Tujuan Instruksional Khusus.
  2. Mahasiswa ditugaskan membaca ulang bahan kuliah yang telah diterangkan di kelas dan mengerjakan tugas yang diberikan.
  3. Hasil evaluasi yang dapat diamati sepintas adalah kualitas jawaban lisan mahasiswa berdasarkan tujuan instruksional khusus, dan hasil evaluasi yang dinilai adalah tugas mahasiswa yang diberikan oleh dosen.
Daftar Pustaka :
1. Agus Tulus, 1989, Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Gramedia Pustaka, Jakarta
2. Hardi Soenanto, dkk, 2001, Memahami Psikotes, Pustaka Grafika, Jakarta
3. Lamuddin Finoza, 1991, Aneka Surat Indonesia, Sekretaris & Bisnis, Mawar Gempala, Jakarta.
4. Richard Nata. 1997, Buku Pintar Mencari Kerja, Jakarta.
5. Sastrohadiwiryo, S, 2001, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia (Pendekatan Administratip dan Operasional), Bumi Aksara, Jakarta

SATUAN ACARA PEMBELAJARAN
Nama Mata Kuliah : Pengantar Dunia Kerja
Kode Mata Kuliah :
Program Studi : D – III Manajemen Informatika (MI)
Semester : 5 (Lima)
SKS / Status : 2 SKS
Pertemuan : ke 12
Tujuan Instruksi Umum :
Mahasiswa mampu memahami pentingmya penilaian kinerja karyawan.
Tujuan Instruksi Khusus :
1. Mahasiswa mampu memahami penilaian kinerja.
2. Mahasiswa mampu memahami tujuan penilaian kinerja.
3. Mahasiswa memahami unsur-unsur penilaian kinerja.
Pokok Bahasan :
X. PENILAIAN KINERJA
Sub Pokok Bahasan :
10.1. Pengertian Dan Penjelasan
10.2. Tujuan Penilaian Kinerja
10.3. Unsur-Unsur Yang Dinilai
10.4. Penutup
Kegiatan Belajar Mengajar :
  1. Dosen melaksanakan kuliah mimbar di kelas, memberikan diskusi dan tugas terstruktur atau mandiri kepada mahasiswa.
  2. Mahasiswa mengikuti kuliah dengan tertib, mendengarkan materi kuliah yang disajikan oleh dosen, mengajukan pertanyaan/tanggapan, mengerjakan tugas terstruktur atau mandiri yang diberikan oleh dosen.
Media dan Alat Pengajaran :
White Board, Spidol, LCD dan Modul
Evaluasi
  1. Dosen melakukan tanya jawab dengan mahasiswa guna mengetahui pemahamannya tentang materi pokok bahasan sesuai dengan Tujuan Instruksional Khusus.
  2. Mahasiswa ditugaskan membaca ulang bahan kuliah yang telah diterangkan di kelas dan mengerjakan tugas yang diberikan.
  3. Hasil evaluasi yang dapat diamati sepintas adalah kualitas jawaban lisan mahasiswa berdasarkan tujuan instruksional khusus, dan hasil evaluasi yang dinilai adalah tugas mahasiswa yang diberikan oleh dosen.
Daftar Pustaka :
1. Agus Tulus, 1989, Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Gramedia Pustaka, Jakarta
2. Hardi Soenanto, dkk, 2001, Memahami Psikotes, Pustaka Grafika, Jakarta
3. Lamuddin Finoza, 1991, Aneka Surat Indonesia, Sekretaris & Bisnis, Mawar Gempala, Jakarta.
4. Richard Nata. 1997, Buku Pintar Mencari Kerja, Jakarta.
5. Sastrohadiwiryo, S, 2001, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia (Pendekatan Administratip dan Operasional), Bumi Aksara, Jakarta

SATUAN ACARA PEMBELAJARAN
Nama Mata Kuliah : Pengantar Dunia Kerja
Kode Mata Kuliah :
Program Studi : D – III Manajemen Informatika (MI)
Semester : 5 (Lima)
SKS / Status : 2 SKS
Pertemuan : ke 12
Tujuan Instruksi Umum :
Mahasiswa mampu memahami pemutusan hubungan kerja dan penyebabnya.
Tujuan Instruksi Khusus :
1. Mahasiswa mampu memahami pemutusan hubungan kerja.
2. Mahasiswa mampu memahami penyebab terjadinya pemutusan hubungan kerja.
3. Mahasiswa memahami sifat dan kewajiban perusahaan yang ditimbulkan olehpemutusan hubungan kerja.
Pokok Bahasan :
XI. PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA
Sub Pokok Bahasan :
11.1. Pengertian Pemutusan Hubungan kerja
11.2. Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Pemutusan Hubungan Kerja
11.3. Sifat Pemutusan Hubungan Kerja
11.4. Hak Yang Diterima Karyawan Akibat Pemutusan Hubungan Kerja
11.5. Penutup
Kegiatan Belajar Mengajar :
  1. Dosen melaksanakan kuliah mimbar di kelas, memberikan diskusi dan tugas terstruktur atau mandiri kepada mahasiswa.
  2. Mahasiswa mengikuti kuliah dengan tertib, mendengarkan materi kuliah yang disajikan oleh dosen, mengajukan pertanyaan/tanggapan, mengerjakan tugas terstruktur atau mandiri yang diberikan oleh dosen.
Media dan Alat Pengajaran :
White Board, Spidol, LCD dan Modul

Evaluasi
  1. Dosen melakukan tanya jawab dengan mahasiswa guna mengetahui pemahamannya tentang materi pokok bahasan sesuai dengan Tujuan Instruksional Khusus.
  2. Mahasiswa ditugaskan membaca ulang bahan kuliah yang telah diterangkan di kelas dan mengerjakan tugas yang diberikan.
  3. Hasil evaluasi yang dapat diamati sepintas adalah kualitas jawaban lisan mahasiswa berdasarkan tujuan instruksional khusus, dan hasil evaluasi yang dinilai adalah tugas mahasiswa yang diberikan oleh dosen.
Daftar Pustaka :
1. Agus Tulus, 1989, Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Gramedia Pustaka, Jakarta
2. Hardi Soenanto, dkk, 2001, Memahami Psikotes, Pustaka Grafika, Jakarta
3. Lamuddin Finoza, 1991, Aneka Surat Indonesia, Sekretaris & Bisnis, Mawar Gempala, Jakarta.
4. Richard Nata. 1997, Buku Pintar Mencari Kerja, Jakarta.
5. Sastrohadiwiryo, S, 2001, Manajemen Tenaga Kerja Indonesia (Pendekatan Administratip dan Operasional), Bumi Aksara, Jakarta






No comments:

Post a Comment

Related Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...