A story with tens of thousands of articles.

A story with tens of thousands of articles.
life and death, blessing and cursing, from the main character in the hands of readers.

Friday, February 13, 2015

Panduan crowdonomic untuk crowfunding



The Crowdonomic Guide to Crowdfunding - Indonesian











































 Transcript

  • 1. Panduan Crowdonomic Untuk crowdfunding Photo by Ryan Li
  • 2. Jadi  anda  ingin  membuat  kampanye?   Menentukan   apakah   ide   anda   siap   untuk   crowdfunding   Hal  yang  harus  dipersiapkan  sebelum  memulai     Membuat  kampanye  anda   Menyempurnakan  tawaran  anda     Membuat  Video   Menentukan  target  dan  durasi  kampanye     Membuat  dan  menentukan  harga  reward  anda     Meluncurkan  kampanye  anda       Mencari  waktu  terbaik  untuk  peluncuran     Membangun  Buzz   Ketika    kampanye  berlangsung   Membuat  rencana  pemasaran     Update  kampanye   Membuat  dan  menjaga  Momentum   Setelah  Kampanye   Memenuhi  Rewards   Daftar Isi
  • 3. Anda  dapat  menjalankan  kampanye  …   £ Anda  memiliki  ide  bisnis  yang  jelas  dan  dapat  tereksekusi  dengan  baik     £ Tempat  tinggal  anda  di  asia   £ Proyek  anda  bukan  untuk  amal  atau  proyek  “danai  hidupku”       Tapi  apakah  anda  siap  untuk   crowdfunding?   Sukses  atau  tidaknya  crowdfunding  berkaitan  erat  dengan  tingkat  komitmen  dan   perencanaan  yang  dapat  anda  curahkan  untuk  menjalankan  kampanye  anda.  Bersiap-­‐ siaplah  untuk  meluangkan  banyak  waktu  dan  usaha  untuk  kampanye  anda.  Jangan   malu-­‐malu  untuk  meminta  bantuan,  hal  ini  akan  sangat  susah  untuk  dilakukan   sendirian,  disarankan  untuk  merekrut  anggota  tim  sebagai  pendukung  anda.  Tim  kami   di  Crowdonomin  juga  tersedia  untuk  menjadi  pemandu  anda.   Hal  yang  harus  dipersiapkan  sebelum   memulai   £ Buatlah  akun  PayPal  Premium/Business  account.   £ Buat  akun  Crowdnomic  dan  update  profil  anda  dengan  foto  dan  link  media  sosial.     £ Terhubunglah  dengan  berbagai  media  sosial,  anda  akan  menggunakan  platform  ini   secara  luas.  Sebaiknya  anda  sudah  menjadi  anggota  dari  berbagai  komunitas  sebelum   meluncurkan  kampanye  anda.     £ Lakukan  penelitian.  Lihatlah  apa  yang  anda  bisa  pelajari  dari  kampanye  yang  mirip   dengan  kampanye  anda.   £ Rencanakan  dengan  matang.  Anda  harus  memiliki  tujuan  yang  jelas,  rencana  eksekusi   mengenai  bagaimana  anda  akan  menggunakan  dana  yang  terkumpul,  dan  target  audiens   yang  terpapar  dengan  baik.   £ Get  Excited   Jadi anda ingin Membuat kampanye?
  • 4. Menyempurnakan   tawaran  anda   • Isi  semua  formulir,  dengan  sedetil   mungkin.  Orang-­‐orang  ingin   mengetahui  uang  mereka  akan   kemana  dan  apakah  anda   terkualifikasi  untuk  melaksanakan   ide  bisnis  anda  dengan  sukses,  jadi   anda  harus  membangun  kepercayaan   dan  transparan   • Buatlah  cerita  yang  menarik-­‐  tarik   agar  calon  donor  merasa  ada   hubungan  dengan  anda  secara   personal.  Fakta  bercerita,  tapi  cerita   menjual.   • Visualisasikan  dengan  baik,  pilih   dan  masukan  foto,  gambar  dan  grafik   yang  mendukung  proyek  anda.   • Koreksi  tulisan  anda,  jangan  sampai   ada  salah  eja  atau  kesalahan  bahasa.   Anda  tidak  bisa  merubah  apapun   setelah  melakukan  submisi.   • Pilihlah  judul  yang  spesifik  dan   deskriptif.  Hindari  judul  yang  umum   seperti  “tolong  bantu  danai  film  baru   saya”,  buatlah  judul  yang  khusus   merujuk  kepada  proyek  anda.                                               Membuat kampanye anda
  • 5.       Tips   • Jangan  terlalu  panjang  (1-­‐3  menit)  setiap  orang  memiliki  kesibukan   masing-­‐masing  dan  rentang  perhatian  yang  pendek.   • Ketika  merancang  naskah,  langsunglah  ke  inti  permasalahan  dan  ceritakan   mengenai  apa  yang  akan  proyek  anda  capai,  siapakah  diri  anda  dan  cerita   di  belakang  kampanye  anda,  begitu  juga  dengan  apa  yang  akan  anda   lakukan  dengan  dana  yang  terkumpul.  Jika  bisa  tunjukan  juga  reward  apa   yang  akan  diterima  oleh  donor.   • Minta  masukan  dari  teman  dan  saudara  anda  mengenai  naskah  yang  anda   buat  sebelum  merekam  video  anda.   • Ini  adalah  kesempatan  anda  untuk  terhubung  dengan  audiens  secara   emosional,  meskipun  anda  malu-­‐malu  cobalah  untuk  membintangi  video   ini.  Bersikap  tulus  dan  jadilah  diri  anda  sendiri.   • Pastikan  video  anda  memiliki  pencahayaan  yang  baik  dan  audio  yang  jelas.   • Tambahkan  musik,  tapi  pastikan  anda  memiliki  hak  legal  atas  musik   tersebut.  Coba  cek:  Vimeo  Music  Store,  Free  Music  Archive,  Ccmixter,   Soundcloud.     • Jagalah  relevansi,  tunjukan  tujuan  utama  dari  proyek  anda.  Jika  anda   merekam  album  tunjukan  bakat  musik  anda,  jika  anda  membuat  film   tunjukan  keahlian  cinematografi  anda.       Membuat  video   Orang  lebih  suka  menonton  video  daripada  membaca  teks.  Anda   tidak  harus  membayar  puluhan  juta  rupiah  untuk  membuat  video   yang  bagus,  yang  anda  butuhkan  adalah  pesan  yang  jujur  dan   personal.  Tersedia  banyak  aplikasi  gratis,  dan  anda  dapat  membuat   video  dengan  perangkat  yang  sangat  dasar  seperti  telepon  genggam   anda.  Anda  dapat  mengunggah  video  tersebut  ke  situs  kami  atau   meletakan  nya  di  youtube       Membuat kampanye anda
  • 6.           Menentukan  durasi  kampanye  anda   Anda  dapat  merancang  durasi  kampanye  anda  menjadi  60  hari  atau   lebih  cepat..  Durasi  yang  lebih  lama  tidak  menjamin  dana  yang   terkumpul  akan  lebih  banyak,  akan  susah  menjaga  disiplin  dalam   mempromosikan  kampanye  anda  jika  durasi  nya  terlalu  lama.  Carilah   panjang  durasi  yang  memberikan  anda  cukup  waktu  untuk  mencapai   target  tapi  tetap  menciptakan  sense  of  urgency  kepada  orang-­‐orang  yang   ingin  mendukung  kampanye  anda.   Menentukan  target     Buatlah  anggran  proyek.  Perhitungkan  biaya  untuk  produksi  dan   memenuhi  rewards,  begitu  juga  denganbiaya    administrasi  dan   pembayaran  secara  online.  Jika  anda  bisa,  jelaskan  bagaimana  anda   membagi  alokasi  dana  yang  akan  terkumpul  dan  tambahkan  hal   tersebut  ke  deskripsi  proyek  anda.  Transparansi  itu  penting.   Cobalah  untuk  realistis,  kuantifikasikan  jangkauan  anda  berdasarkan   jumlah  orang  yang  berada  dalam  network  personal  anda  dan  potensi   jangkauan  mereka,  lalu  kalikan  dengan  jumlah  rata-­‐rata  kontribusi  dan   konversi  yang  anda  harapkan.             Contoh:   Jumlah  network    personal  anda  +  jumlah  teman  nya  teman  anda  +   pengikut  sosial  media  anda  =  4000     Anda  mengestimasikan,  rata-­‐rata  kontribusi  =  $50  dan  tingkat   konversi  =  5%   Target  =  4,000  x  50  x  0.05  =  $  10,000    
  • 7.             Anda  dapat  menggunakan  tabel  berikut  utnuk   menentukan  target         Membuat kampanye anda
  • 8.         Apa  itu  Rewards?     Rewards  adalah  produk  atau  jasa  yang  diberikan  oleh  pemilik  kampanye  kepada     para  donor  sebagai  imbalan  atas  kontribusi  finansial  mereka.  Cobalah  untuk  kreatif,   tapi  yang  terpenting  adalah  bertanggung  jawab.  Para  donor  ingin  anda  memberikan   reward  secara  tepat  waktu.  Anda  dapat  menggunakan  tabel  berikut  untuk   menentukan  rewards.     Merancang rewards
  • 9. Lakukan   v Pikirkan  target  audiens  anda,  rewards   apa  yang  menarik  bagi  mereka?     v Tawarkan  sesuatu  yang  berharga.   Dapat  berupa  pengalaman  yg  tiada   duanya,  atau  produk  anda  yg  di   kustomisasi,  pre-­‐order  product,     penghargaan  sosial,  atau  memento   kreatif.   v Cari  tahu  apakah  ada  bisnis  lokal  yang   mau  untuk  menjadi  sponsor  anda.  Ini   merupakan  situasi  yg  saling   menguntungkan  karena  anda  dapat   membawa  pelanggan  baru  untuk   mereka.   v Lakukan  riset  terhadap  kampanye   serupa  untuk  ide  rewards   v Masih  kekurangan  ide?  Dapatkan   momentum  dengan  membuat  tawaran   early  bird.  Anda  juga  dapat  mengalikan   rewards  untuk  mendukung  pembelian   dalam  jumlah  banyak.     v Tes  ide  rewards  anda  kepada  teman,   keluarga  bahkan  orang  tak  dikenal   melalui  komunitas  online  yg  relevan.   Hal  ini  dapat  membantu  menyebarkan   berita  mengenai  kampanye  anda.       Jangan  Lakukan   v Reward  yg  terlalu  mahal.   Tidak  ada  orang  yang  akan   membayar  $200  untuk  t-­‐shirt   dengan  logo  kampanye  anda.     v Memberikan  keterangan  yang   tidak  jelas  untuk  reward,   contoh:  tidak  mencantumkan   tanggal  pengiriman.   v Lupa  menyeimbangkan  harga   reward  versus  biaya   memenuhi  reward  tersebut.   Tambahkan  juga  biaya   pengiriman,  jangan  sampai   dana  yg  terkumpul  habis   digunakan  untuk  membayar   reward.   v Memberikan  sedikit  pilihan.   Buatlah  berbagai  pilihan   untuk  rewards  dibawah  $100,   kebanyakan  orang  akan   menyumbang  dalam  jumlah   ini.     v Memberikan  janji  dan  tidak   memenuhi  nya.  Hanya   janjikan  reward  yang  anda   yakin  dapat  anda  penuhi.       Merancang rewards
  • 10.     Membangun   buzz   Gunakan  koneksi  anda   Sebelum  kampanye  anda   diterbitkkan,  anda  sebaiknya   menyebarkan  kabar  kepada  teman   dekat  dan  meminta  dukungan   mereka    ketika  kampanye  anda   telah  berjalan.  Anda  bahkan  dapat   mengadakan  selamatan  untuk   mendapatkan  momentum.     Perluas  koneksi  anda     Cari  tahu  mengenai  komunitas  yang   relevan  di  facebook  dan  Linkedin,   sumber  referensi,  dan  blogger  yang   dapat  mendukung  kampanye  anda.   Coba  untuk  menjadi  bagian  dari   komunitas  tersebut  dan   berbincang-­‐bincang  dengan   mereka,  anda  akan  terkesan  tidak   tulus  jika  bergabung  hanya  untuk   mempromosikan  kampanye  anda  .   Meluncurkan kampanye anda Sebelum   mengirimkan   kampanye  anda   Jadi  anda  telah  mengisi  semua  detil,   mengupload  video,  menambahkan   reward  dan  telah  siap  untuk   mengirimkan  proyek  anda  untuk   penyetujuan.  Sabar  dulu,  setelah  anda   mengirimkan  proyek  anda,  kampanye   tersebut  tidak  bisa  di  edit,  kecuali  anda   memberitahu  langsung  ke   admin@crowdonomic.com.  Jadi  coba   untuk  cek  lagi,  dan  pastikan  semuanya   sudah  sempurna.  Minta  teman  anda   untuk  me-­‐review  kampanye  yang  akan   disubmit.     Memilih  waktu  yang   tepat  untuk   meluncurkan   kampanye.     Setelah  anda  mengirimkan  kampanye   kami  akan  mereview  nya  dan  akan     mengabari  anda  setelah  kampanye   tersebut  di  terbitkan.  Jika  anda  ingin   kampanye  untuk  dimulai  pada  tanggal   tertentu  tolong  kabari  kami  di:   admin@crowdonomic.com.        
  • 11.   Membuat  rencana  pemasaran   • Rencanakan  dan  jadwalkan  kegiatan  marketing  anda  di  awal  waktu.  Anda   dapat  menggunakan  alat  seperti  HootSuite  untuk  menjadwalkan   pengumuman  melalui  media  sosial.  Contohnya  adalah  sisa  jumlah  hari   untuk  kampanye  anda  atau  ketika  anda  mencapai  milestone.   • Buat  draf  materi  yang  akan  diberitahukan,  seperti  e-­‐mail,  postingan  blog,   video  terima  kasih  dan  update  kamapnye.  Rancanglah  pesan  yang  diberikan   sesuai  dengan  target  audiends  anda.   • Buatlah  daftar  sumber  media/Bloggers/Influencers  yang  akan  anda   hubungi  setelah  kampanye  anda  diterbitkan.  Pikirkan  mengenai  target   pasar  anda-­‐apakah  anda  tahu  bagaimana  cara  mereka  mendapatkan  berita?   • Jangan  lupakan  pemasaran  offline.     • Create  a  list  of  media  sources/bloggers/influencers  you  are  going  to  reach   out  to  after  your  launch.  Think  about  your  target  market—do  you  know   where  they  consume  news?   • Jangan  lupakan  pemasaran  offline,  cari  tau  event  yang  relevan  dengan   kampanye  anda.  Anda  dapat  menghadirinya  untuk  membangun  relasi.   Membujuk  orang  secara  langsung  jauh  lebih  efektif  dibandingkan  melalui  e-­‐ mail.       Update  kampanye     • Setiap  kali  proyek  anda  mencapai  milestone  yg  ditetap  anda  sebaiknya   memberikan  update.  Menjaga  para  donor  tetap  terupdate  tanpa   memberikan  spam  itu  penting.   • Ucapkan  terima  kasih  kepada  pendukung  anda  secepat  mungkin  dan   menganjurkan  mereka  untuk  menyebarkan  berita  mengenai  proyek  anda   melalui  network  mereka.  Anda  juga  sebaiknya  merespon  segala  pertanyaan   maupun  komentar  mengenai  proyek  anda  dengan  cepat.     • Visualisasikan  dengan  baik!!  Tambahkan  foto  pada  saat  update,  video  tim   anda,  rewards  anda,  dll.  Dengan  begitu  para  donor  akan  cenderung  lebih   tertarik  untuk  menyebarkan  kabar  tersebut  melalui  jaringan  sosial  mereka.   Ketika kampanye berlangsung
  • 12.   Menciptakan  dan  menjaga   momentum       • 70%  dari  kampanye  yg  sukses  mencapai  target   mereka  dalam  10  hari  sejak  diterbitkan.  Inilah   mengapa  membangun  buzz  sebelum  peluncuran   kampanye  anda  sangatlah  penting.  Usahakanlah  agar   anda  mendapat  setidaknya  satu  kontribusi  di  hari   pertama.  Kampanye  yg  memiliki  persentase  dana   lebih  tinggi  akan  tampil  kredible  dan  mendapat   perhatian  lebih.       • Dalam  mencapai  50%  target  anda,  ada  kemungkinan   akan  terjadi  kelelahan  kampanye,  jadi  rancanglah   rencana  pemasaran  anda  untuk  membangun  buzz   pada  saat  tersebut,  contohnya  adalah  dengan   menambahkan  bonus  baru  atau  video  update.   • Terus  mencari  kelompok/grup  yang  relevan  atau   bahkan  organisasi  yang  dapat  membantu   menyebarkan  kampanye  anda.   • Selama  beberapa  hari  terakhir  kampanye  anda,   beritahu  audiens  anda  bahwa  waktu  nya  hampir   habis  untuk  membangun  rasa  urgensi.   Ketika kampanye berlangsung
  • 13. Memenuhi  Rewards   • Pastikan  pendukung/donor  anda   terinformasikan  dengan  baik  mengenai   pengiriman  imbalan  mereka.  Beritahu   mereka  apakah  anda  sedang  dalam   proses  pembungkusan  reward  dan   mengirimkan  nya  via  kurir.  Ambil  foto   dan  bagikan  dengan  mereka,  interaksi   dengan  pendukung/donor  tidak   berakhir  ketika  kampanye  telah  selesai.   • Ucapkan  terima  kasih  kepada  semua   pendukung  anda.   • Kami  akan  memberikan  kontak  para   pendukung  anda  agar  anda  dapat   berhubungan  dengan  mereka  dan   memenuhi  rewards  yg  telah  dijanjikan.   • Jika  anda  mengirimkan  rewards  melalui   kurir,  pastikan  hal  ini  sudah  termasuk   dalam  anggaran.     Setelah kampanye anda



No comments:

Post a Comment

Related Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...