Transcript
- 1. Panduan Crowdonomic Untuk crowdfunding Photo by Ryan Li
- 2. Jadi anda ingin membuat kampanye? Menentukan apakah ide anda siap untuk crowdfunding Hal yang harus dipersiapkan sebelum memulai Membuat kampanye anda Menyempurnakan tawaran anda Membuat Video Menentukan target dan durasi kampanye Membuat dan menentukan harga reward anda Meluncurkan kampanye anda Mencari waktu terbaik untuk peluncuran Membangun Buzz Ketika kampanye berlangsung Membuat rencana pemasaran Update kampanye Membuat dan menjaga Momentum Setelah Kampanye Memenuhi Rewards Daftar Isi
- 3. Anda dapat menjalankan kampanye … £ Anda memiliki ide bisnis yang jelas dan dapat tereksekusi dengan baik £ Tempat tinggal anda di asia £ Proyek anda bukan untuk amal atau proyek “danai hidupku” Tapi apakah anda siap untuk crowdfunding? Sukses atau tidaknya crowdfunding berkaitan erat dengan tingkat komitmen dan perencanaan yang dapat anda curahkan untuk menjalankan kampanye anda. Bersiap-‐ siaplah untuk meluangkan banyak waktu dan usaha untuk kampanye anda. Jangan malu-‐malu untuk meminta bantuan, hal ini akan sangat susah untuk dilakukan sendirian, disarankan untuk merekrut anggota tim sebagai pendukung anda. Tim kami di Crowdonomin juga tersedia untuk menjadi pemandu anda. Hal yang harus dipersiapkan sebelum memulai £ Buatlah akun PayPal Premium/Business account. £ Buat akun Crowdnomic dan update profil anda dengan foto dan link media sosial. £ Terhubunglah dengan berbagai media sosial, anda akan menggunakan platform ini secara luas. Sebaiknya anda sudah menjadi anggota dari berbagai komunitas sebelum meluncurkan kampanye anda. £ Lakukan penelitian. Lihatlah apa yang anda bisa pelajari dari kampanye yang mirip dengan kampanye anda. £ Rencanakan dengan matang. Anda harus memiliki tujuan yang jelas, rencana eksekusi mengenai bagaimana anda akan menggunakan dana yang terkumpul, dan target audiens yang terpapar dengan baik. £ Get Excited Jadi anda ingin Membuat kampanye?
- 4. Menyempurnakan tawaran anda • Isi semua formulir, dengan sedetil mungkin. Orang-‐orang ingin mengetahui uang mereka akan kemana dan apakah anda terkualifikasi untuk melaksanakan ide bisnis anda dengan sukses, jadi anda harus membangun kepercayaan dan transparan • Buatlah cerita yang menarik-‐ tarik agar calon donor merasa ada hubungan dengan anda secara personal. Fakta bercerita, tapi cerita menjual. • Visualisasikan dengan baik, pilih dan masukan foto, gambar dan grafik yang mendukung proyek anda. • Koreksi tulisan anda, jangan sampai ada salah eja atau kesalahan bahasa. Anda tidak bisa merubah apapun setelah melakukan submisi. • Pilihlah judul yang spesifik dan deskriptif. Hindari judul yang umum seperti “tolong bantu danai film baru saya”, buatlah judul yang khusus merujuk kepada proyek anda. Membuat kampanye anda
- 5. Tips • Jangan terlalu panjang (1-‐3 menit) setiap orang memiliki kesibukan masing-‐masing dan rentang perhatian yang pendek. • Ketika merancang naskah, langsunglah ke inti permasalahan dan ceritakan mengenai apa yang akan proyek anda capai, siapakah diri anda dan cerita di belakang kampanye anda, begitu juga dengan apa yang akan anda lakukan dengan dana yang terkumpul. Jika bisa tunjukan juga reward apa yang akan diterima oleh donor. • Minta masukan dari teman dan saudara anda mengenai naskah yang anda buat sebelum merekam video anda. • Ini adalah kesempatan anda untuk terhubung dengan audiens secara emosional, meskipun anda malu-‐malu cobalah untuk membintangi video ini. Bersikap tulus dan jadilah diri anda sendiri. • Pastikan video anda memiliki pencahayaan yang baik dan audio yang jelas. • Tambahkan musik, tapi pastikan anda memiliki hak legal atas musik tersebut. Coba cek: Vimeo Music Store, Free Music Archive, Ccmixter, Soundcloud. • Jagalah relevansi, tunjukan tujuan utama dari proyek anda. Jika anda merekam album tunjukan bakat musik anda, jika anda membuat film tunjukan keahlian cinematografi anda. Membuat video Orang lebih suka menonton video daripada membaca teks. Anda tidak harus membayar puluhan juta rupiah untuk membuat video yang bagus, yang anda butuhkan adalah pesan yang jujur dan personal. Tersedia banyak aplikasi gratis, dan anda dapat membuat video dengan perangkat yang sangat dasar seperti telepon genggam anda. Anda dapat mengunggah video tersebut ke situs kami atau meletakan nya di youtube Membuat kampanye anda
- 6. Menentukan durasi kampanye anda Anda dapat merancang durasi kampanye anda menjadi 60 hari atau lebih cepat.. Durasi yang lebih lama tidak menjamin dana yang terkumpul akan lebih banyak, akan susah menjaga disiplin dalam mempromosikan kampanye anda jika durasi nya terlalu lama. Carilah panjang durasi yang memberikan anda cukup waktu untuk mencapai target tapi tetap menciptakan sense of urgency kepada orang-‐orang yang ingin mendukung kampanye anda. Menentukan target Buatlah anggran proyek. Perhitungkan biaya untuk produksi dan memenuhi rewards, begitu juga denganbiaya administrasi dan pembayaran secara online. Jika anda bisa, jelaskan bagaimana anda membagi alokasi dana yang akan terkumpul dan tambahkan hal tersebut ke deskripsi proyek anda. Transparansi itu penting. Cobalah untuk realistis, kuantifikasikan jangkauan anda berdasarkan jumlah orang yang berada dalam network personal anda dan potensi jangkauan mereka, lalu kalikan dengan jumlah rata-‐rata kontribusi dan konversi yang anda harapkan. Contoh: Jumlah network personal anda + jumlah teman nya teman anda + pengikut sosial media anda = 4000 Anda mengestimasikan, rata-‐rata kontribusi = $50 dan tingkat konversi = 5% Target = 4,000 x 50 x 0.05 = $ 10,000
- 7. Anda dapat menggunakan tabel berikut utnuk menentukan target Membuat kampanye anda
- 8. Apa itu Rewards? Rewards adalah produk atau jasa yang diberikan oleh pemilik kampanye kepada para donor sebagai imbalan atas kontribusi finansial mereka. Cobalah untuk kreatif, tapi yang terpenting adalah bertanggung jawab. Para donor ingin anda memberikan reward secara tepat waktu. Anda dapat menggunakan tabel berikut untuk menentukan rewards. Merancang rewards
- 9. Lakukan v Pikirkan target audiens anda, rewards apa yang menarik bagi mereka? v Tawarkan sesuatu yang berharga. Dapat berupa pengalaman yg tiada duanya, atau produk anda yg di kustomisasi, pre-‐order product, penghargaan sosial, atau memento kreatif. v Cari tahu apakah ada bisnis lokal yang mau untuk menjadi sponsor anda. Ini merupakan situasi yg saling menguntungkan karena anda dapat membawa pelanggan baru untuk mereka. v Lakukan riset terhadap kampanye serupa untuk ide rewards v Masih kekurangan ide? Dapatkan momentum dengan membuat tawaran early bird. Anda juga dapat mengalikan rewards untuk mendukung pembelian dalam jumlah banyak. v Tes ide rewards anda kepada teman, keluarga bahkan orang tak dikenal melalui komunitas online yg relevan. Hal ini dapat membantu menyebarkan berita mengenai kampanye anda. Jangan Lakukan v Reward yg terlalu mahal. Tidak ada orang yang akan membayar $200 untuk t-‐shirt dengan logo kampanye anda. v Memberikan keterangan yang tidak jelas untuk reward, contoh: tidak mencantumkan tanggal pengiriman. v Lupa menyeimbangkan harga reward versus biaya memenuhi reward tersebut. Tambahkan juga biaya pengiriman, jangan sampai dana yg terkumpul habis digunakan untuk membayar reward. v Memberikan sedikit pilihan. Buatlah berbagai pilihan untuk rewards dibawah $100, kebanyakan orang akan menyumbang dalam jumlah ini. v Memberikan janji dan tidak memenuhi nya. Hanya janjikan reward yang anda yakin dapat anda penuhi. Merancang rewards
- 10. Membangun buzz Gunakan koneksi anda Sebelum kampanye anda diterbitkkan, anda sebaiknya menyebarkan kabar kepada teman dekat dan meminta dukungan mereka ketika kampanye anda telah berjalan. Anda bahkan dapat mengadakan selamatan untuk mendapatkan momentum. Perluas koneksi anda Cari tahu mengenai komunitas yang relevan di facebook dan Linkedin, sumber referensi, dan blogger yang dapat mendukung kampanye anda. Coba untuk menjadi bagian dari komunitas tersebut dan berbincang-‐bincang dengan mereka, anda akan terkesan tidak tulus jika bergabung hanya untuk mempromosikan kampanye anda . Meluncurkan kampanye anda Sebelum mengirimkan kampanye anda Jadi anda telah mengisi semua detil, mengupload video, menambahkan reward dan telah siap untuk mengirimkan proyek anda untuk penyetujuan. Sabar dulu, setelah anda mengirimkan proyek anda, kampanye tersebut tidak bisa di edit, kecuali anda memberitahu langsung ke admin@crowdonomic.com. Jadi coba untuk cek lagi, dan pastikan semuanya sudah sempurna. Minta teman anda untuk me-‐review kampanye yang akan disubmit. Memilih waktu yang tepat untuk meluncurkan kampanye. Setelah anda mengirimkan kampanye kami akan mereview nya dan akan mengabari anda setelah kampanye tersebut di terbitkan. Jika anda ingin kampanye untuk dimulai pada tanggal tertentu tolong kabari kami di: admin@crowdonomic.com.
- 11. Membuat rencana pemasaran • Rencanakan dan jadwalkan kegiatan marketing anda di awal waktu. Anda dapat menggunakan alat seperti HootSuite untuk menjadwalkan pengumuman melalui media sosial. Contohnya adalah sisa jumlah hari untuk kampanye anda atau ketika anda mencapai milestone. • Buat draf materi yang akan diberitahukan, seperti e-‐mail, postingan blog, video terima kasih dan update kamapnye. Rancanglah pesan yang diberikan sesuai dengan target audiends anda. • Buatlah daftar sumber media/Bloggers/Influencers yang akan anda hubungi setelah kampanye anda diterbitkan. Pikirkan mengenai target pasar anda-‐apakah anda tahu bagaimana cara mereka mendapatkan berita? • Jangan lupakan pemasaran offline. • Create a list of media sources/bloggers/influencers you are going to reach out to after your launch. Think about your target market—do you know where they consume news? • Jangan lupakan pemasaran offline, cari tau event yang relevan dengan kampanye anda. Anda dapat menghadirinya untuk membangun relasi. Membujuk orang secara langsung jauh lebih efektif dibandingkan melalui e-‐ mail. Update kampanye • Setiap kali proyek anda mencapai milestone yg ditetap anda sebaiknya memberikan update. Menjaga para donor tetap terupdate tanpa memberikan spam itu penting. • Ucapkan terima kasih kepada pendukung anda secepat mungkin dan menganjurkan mereka untuk menyebarkan berita mengenai proyek anda melalui network mereka. Anda juga sebaiknya merespon segala pertanyaan maupun komentar mengenai proyek anda dengan cepat. • Visualisasikan dengan baik!! Tambahkan foto pada saat update, video tim anda, rewards anda, dll. Dengan begitu para donor akan cenderung lebih tertarik untuk menyebarkan kabar tersebut melalui jaringan sosial mereka. Ketika kampanye berlangsung
- 12. Menciptakan dan menjaga momentum • 70% dari kampanye yg sukses mencapai target mereka dalam 10 hari sejak diterbitkan. Inilah mengapa membangun buzz sebelum peluncuran kampanye anda sangatlah penting. Usahakanlah agar anda mendapat setidaknya satu kontribusi di hari pertama. Kampanye yg memiliki persentase dana lebih tinggi akan tampil kredible dan mendapat perhatian lebih. • Dalam mencapai 50% target anda, ada kemungkinan akan terjadi kelelahan kampanye, jadi rancanglah rencana pemasaran anda untuk membangun buzz pada saat tersebut, contohnya adalah dengan menambahkan bonus baru atau video update. • Terus mencari kelompok/grup yang relevan atau bahkan organisasi yang dapat membantu menyebarkan kampanye anda. • Selama beberapa hari terakhir kampanye anda, beritahu audiens anda bahwa waktu nya hampir habis untuk membangun rasa urgensi. Ketika kampanye berlangsung
- 13. Memenuhi Rewards • Pastikan pendukung/donor anda terinformasikan dengan baik mengenai pengiriman imbalan mereka. Beritahu mereka apakah anda sedang dalam proses pembungkusan reward dan mengirimkan nya via kurir. Ambil foto dan bagikan dengan mereka, interaksi dengan pendukung/donor tidak berakhir ketika kampanye telah selesai. • Ucapkan terima kasih kepada semua pendukung anda. • Kami akan memberikan kontak para pendukung anda agar anda dapat berhubungan dengan mereka dan memenuhi rewards yg telah dijanjikan. • Jika anda mengirimkan rewards melalui kurir, pastikan hal ini sudah termasuk dalam anggaran. Setelah kampanye anda
No comments:
Post a Comment