A story with tens of thousands of articles.

A story with tens of thousands of articles.
life and death, blessing and cursing, from the main character in the hands of readers.

Wednesday, March 6, 2019

Cerita Mencekam Mulut Pertama & Foto2 Kamera Sendiri Kerusuhan Mei '98 Di Jakarta, Tragedi Traumatik Saat Reformasi Tumbangkan Soeharto, Thread By @ElgarLouee


Cerita Mencekam Mulut Pertama & Foto2 Kamera Sendiri Kerusuhan Mei '98 Di Jakarta, Tragedi Traumatik Saat Reformasi Tumbangkan Soeharto, Thread By @ElgarLouee

Penting dibaca buat anak milenial yang lahir sebelum 1998 atau masih pitik kala itu
Edgar Ong @ElgarLouee
Cuma tukang cerita Mungkin berisi curcol, mungkin berisi makian, mungkin berisi petuah..

Di mana kamu saat Mei 1998? Gw mau bikin thread tentang kronologi 1998 dari sudut pandang pribadi plus dengan foto dari kamera sendiri.. A thread!!! pic.twitter.com/BrROjcxHTa


Karena gw sambil cari foto2 lama di gudang jadi thread ini bakalan lama, so harap sabar yah.. Karena ini cerita pribadi, jadi gw ga akan bahas dari sisi politis, cuma mau cerita gw dimana dan ngapain pas itu.. So gw akan memperkenalkan beberapa org deket gw saat itu..

Gw lupa persisnya tanggal berapa, between 10-12 Mei 1998, gw masuk sekolah kayak biasa, sekitar abis jam istirahat pertama, guru buru2 masuk ke kelas dan langsung bikin pengumuman kalo sekolah dibubarin tapi ga ada yg boleh keluar sekolah kecuali dijemput ortu atau wali murid..

Guru gw bilang mereka udah telponin ortu masing2 utk jemput kita pulang, ga ada 1 jam kemudian bokap nyokap gw jemput, kita bisa keluar sekolah dengan selamat. Fyi, sekolah gw di daerah Jatinegara, dan kita dipulangin karena Kp. Melayu lumayan rusuh waktu itu..

Jadi kita termasuk ada di timing yg tepat untuk evakuasi, karena beberapa titik deket kita udah rusuh parah. Banyak temen gw yang ga sempet keluar dari sekolah terpaksa nginep di sekolah, gatau dah gimana ceritanya karena sampe sekarang kita ga pernah bahas kejadian itu..

Balik lagi ke perjalanan dari sekolah gw di Jatinegara ke rumah gw di Cibubur. Waktu itu kita lewat daerah Cawang Otista, Bidara China. Gw ga bener2 inget kejadiannya, tapi gw sempet liat ada orang mati berdiri! Yep, literally berdiri, disangga tombak sekeliling badan..

Gatau itu mayat siapa atau apa, apa dalam artian dia malingkah, tukang jarahkah, warga sekitar, atau apa gw juga ga tau dan ga mau tau. Koko gw yang tinggal di Cawang udah pada ngunci pintu rumah ngumpet di satu kamar, bokapnya bawa golok jaga2 di deket pos hansip depan gangnya..

Oke, gw lanjut dr setelah gw pulang ke rumah. Sampe rumah, ga lama bokap langsung pergi lagi entah kemana, nyokap lagi hamil gede waktu itu, adek gw yg terakhir lahir Juli 98, berarti itu sekitar hamil 7 bulan, foto terlampir.. pic.twitter.com/HhFhqqTZ7Z


@ElgarLouee Di Kalibata, berusaha mencapai stasiun kereta api dgn berjalan kaki. Bersama teman² sebagian besar cewe.@SamuraiTomiyuki Kalibata keknya mayan ngeri nih, Stasiun rame katanya..

@SamuraiTomiyuki Kalibata keknya mayan ngeri nih, Stasiun rame katanya..

@ElgarLouee Iya bener kaya kota mati, tapi akhirnya berhasil dapet kereta arah bogor. Bareng bbrp bapak² LIPI kalo ga salah. beruntung banget, padahal liat langit dipenuhi asap hitam.

@SamuraiTomiyuki gw jadi inget game This War Of Mine

Sorry gan, abis terima telpon, jadi kepending.. Jadi itu tadi foto mak gw, hamil 7 bulan, itu foto diambil sekitar tanggal 20, bukan pas kejadian kerusuhan, cm mo kasih tau aja situasinya, tampang cino, nyokap lagi hamil gede, bokap pergi.. Kemana bokap waktu itu?

Btw, ini bokap gw, yg sebelah kanan, itu foto jg sekitar tanggal 20an krn pas kerusuhan mah gw diem aja di rumah.. Jd kemana bokap? Sepertinya dia menyambangi demonstran di daerah Gatot Subroto.. pic.twitter.com/W5A0B76rbp


Fyi, bokap itu aktivis, ini dia yg bawa mobil.. Jadi mungkin 2 foto ini cukup menjawab di mana bokap pas kejadian.. Foto ini bukan gw yg ambil btw, tp ada di kamera bokap, so gw asumsikan sbg properti pribadi.. pic.twitter.com/sPI1E7oxf3


Nah itu mobil nasibnya gini, ini pas 2009, gw tabrakan gara2 ketiduran pas nyetir, bokap ngambek sm gw abis itu krn mobil bersejarahnya gw rusak 😥😥 Maap oot, ga tahan curcol.. pic.twitter.com/0EhlFAXGpT


Tau ga siapa ini? Ya ini dulu salah satu temen perjuangan bokap bareng, entah kenapa doi otaknya somplak sekarang :( pic.twitter.com/o53TLZqgJU



@ElgarLouee Ratna sarumpaet

@ElgarLouee Apakah ini fotonya sarung pahit?


Cukup profilingnya, ini kurang lebih contoh seberapa hancurnya Jakarta saat itu pic.twitter.com/KIPCAZF13v




@ElgarLouee tahun 1998, ketika masih TK jadi salah satu saksi mata toko tetangga sebelah dijarah dan dibakar masa. sampai sekarang masih kebayang sih ngerinya.






Jalanan sepi banget, ini kayaknya sekitar tgl 18-20an gitu deh.. Gw ga punya dokumentasi pas 12-15 Mei krn sibuk main petak umpet sama temen belakang rumah :( pic.twitter.com/cgyhQb46YX




Nah ini di gedung MPR/DPR, pas ini gw ikut bokap krn ga mungkin pulang dulu dr sekolah ke rumah, jd dr sekolah langsung dibawa bokap kemari.. pic.twitter.com/say48y49hi










And this is too.. pic.twitter.com/ZRnGB3cazB





@ElgarLouee Aku baru umur 3 tahun menuju 4 tahun. Belum ngerti dan sama sekali nggak punya memori tentang 98. Tapi tertarik sama sejarahnya. Terima kasih udah share fotonya. Jadi punya sedikit gambaran 😊

@krisnatsu welcome

Jadi kalo nanya koq bisa nih bocah keliaran di daerah berbahaya, jawabannya adalah, engga, gw ga keliaran pas tanggal 12-15 pas lagi panas2nya, gw itu ngikut bokap pas tanggal 18-20an, pasca kejadian, foto2 ini adalah pasca kejadian tragedi krn pas kejadian jg gw di rumah..

Tapi balik lagi tentang apa aja yg gw liat, gw inget dalam perjalanan pulang ke rumah juga waktu itu kalo orang2 itu matanya pada merah gitu, kek semacem dikasih obat utk jadi agresif, jadi buas men..

Bokapnya temen pernah bilang kalo pas kerusuhan 98 itu penjara pada kosong, tahanan pada kabur, kemudian balik lagi after riot, pertanyaannya, siapa yg punya power sebesar itu? Tapi balik lagi, ini katanya katanya, bisa bener bisa engga..

Temen yg tinggal di daerah Klender ngeliat orang dibakar idup2 di jalanan, lebih parah lagi, ada orang lagi ngejarah mall, itu mall dikunci terus dibakar, kebayang ga berapa banyak korbannya? itu di mall Yogya, Klender, Jaktim..

Temen yg tinggal di daerah setiabudi katanya sampe ngebuka gas dari kompor, jadi kalo ada yg rusuh2 masuk rumah bokapnya tinggal nyalahin korek, mau abis ya abis dah sekalian..

Yang di Jakbar juga waktu itu pasti berasa banget horrornya, manager gw pernah cerita waktu itu dia kuliah di Untar en ga bisa kemana2, tapi kostan putri di daerah situ jg bahaya karena mayoritas China..

Temen gw punya toko di Glodok, waktu itu dia lagi di Aussie, bokapnya tetiba telpon kalo tokonya abis dijarah en udah ga punya apa2 lagi.. Kebayang ga si gmn ancurnya kondisi saat itu? Gmn rasanya punya tampang China di masa itu?

Kalo diinget2 lagi ini cerita keren untuk diceritain, tapi ngeri untuk dialami, jadi jangan sampe ada kejadian2 kek gini lagi.. Kalo ada punya cerita seputar peristiwa, monggo sharing.. Mungkin gw akan lanjutin trit ini besok, mungkin juga engga..

@ElgarLouee waaah ada vespaaaa

@ElgarLouee Karna kerusuhan ini, nyokap yg kantornya jauh kehadang macet + bus kantornya tergelincir kecelakaan. Tepat 10tahun kemudian nyokap lumpuh 1/2badan dari pinggang sampe jari kaki. Sedih banget kalo inget2 kejadian ini. Alm.Nyokap meninggal tahun 2008 lalu. :'''(((

@vidhakiky turut berduka cita utk nyokap yah, she's in a better place for sure

@ElgarLouee Thanks yaaa :''') nyokap sudah ngga sakit lagi dan istirahat dengan tenang...

@ElgarLouee banyakan generasi rusuh emg ni yg ngereply🍻

@dyazfernandez jawaban terbanyak "belom lahir gan" wkwkwkwkwkwk

@ElgarLouee uhhhh, semangat mas, dan makasih sudah mau berbagiii

@ITUSAYAA sama2, mari dijaga apa yg kita punya sekarang biar ga terulang situasi kek gini

@ElgarLouee dulu lagi sama nyokap di ps. senen karena sepupu ku ngambek kepengen beli rollerblade, sampe sana udah chaos akhirnya pulang lagi pake mobil tentara

@rizzalzl padahal bisa ambil roller blade nya dulu tuh :p


Yah anyway, untungnya kejadian traumatik ini udah berhasil kita lewati, temen2 gw yg mengalami dampak materilnya secara langsung jg udah bisa ketawa2 n bikin jokes dari kejadian ini, tp ga ada yg mau kejadian ini terulang lagi.. Jangan sampe, jangan sampe..

@ElgarLouee Kaca depan mobil harus ada tulisan "kami keturunan jawa" biar aman klo meluncur dijalanan

@SoviaHani Mobil gw untungnya cukup aman dilewati krn bokap bawa bantuan logistik utk demonstran.. Yah yg gw alami dekat itu momen2 demo, bukan momen pas kerusuhannya sih.. Pas kerusuhan cuma lewat doang, sisanya banyakan di rumah..

@ElgarLouee Di lingkungan ortu ada 1 rumah orang cina. Pas kejadian warga buat poskamling di depan rumahnya khusus buat jagain. Rumahnya pun ditulis pribumi sm warga. Ketua RT larang warga ikut jarah, diancam klo ketauan diusir dari situ.


@dina_soraya @ElgarLouee Ah cakep sekali warga" Dan Pak RT nyaa, salutt!

@dina_soraya Kalo dr apa yg gw liat sih, sebenernya warga2 pribumi jg engga pada ngejarah, ini yg ngejarah kek beda gitu lho, entah orang dari mana, terus baru deh mereka provokasi org sekitar utk ikutan.. glad go know your neighborhood doing fine..

@ElgarLouee @dina_soraya Yup. I can confirm that. Gw waktu kecil di Kp.Rambutan. Itu warga cuma pada ngumpul di pinggir jalan, pada ga tau juga mau ngapain (jaman segitu ga banyak toko di daerah situ, warung juga punya org kanpung)

@ElgarLouee @dina_soraya ....mendadak ada sekelompok orang yang teriak2 “reformasi” etc, etc. kemudian mulai bakar...gerbang tol. Mulai juga linggisin warung yg agak gede. Anehnya ketika gerbang tol udah kebakar itu sekelompok orang udah gak ada lagi di daerah situ. Padahal lumayan banyak

@ElgarLouee @dina_soraya Jadi yang dilabelin ‘provokator’ di masa itu...emang bener adanya

@Darth_Aryo @dina_soraya Terlalu sistematis utk digerakan tanpa kepala

@ElgarLouee @dina_soraya bener, koh. Bapa saya bilang yg ngejarah kayak bukan manusia. Beda gitu. Lebih buas dari manusia, aneh juga liatnya

@dimasadimana @etjdaheja @ElgarLouee @dina_soraya tp ada warga yg ambil kesempatan juga yg ngejarah kok, gak bisa dipungkiri

@ElgarLouee Klo diingat² lagi gw ngeri apalagi waktu itu masih kecil dan hanya rasa takut yg ada plus trauma

@SoviaHani kalo gw ga berasa ngeri krn mungkin ga ngerti kali yah, lagi demen demennya pegang tustel itu krn nyokap lagi suka bawa kmn2, ternyata dibawa kmn2 krn ada kejadian..

@ElgarLouee Ini gue masih inget... umur 3 thn lagi belanja sm mama di Mall Klender karna deket banget dr rumah. Lagi milih shampoo tiba2 ada yang teriak "kebakaraan! kebakaraan!" tiba2 keadaan lgsg chaos😭 mama lari sambil gendong gue, lewat tangga darurat. Untungnya aku dan mama selamat😭😢

@dellayulianty anjrid, near miss, untung kalian berhasil keluar 0_0

@ElgarLouee Pas hari kejadian itu gw dan bokap kejebak dijalan, liat dgn mata kepala sendiri gimana mibil² ditgh jalanpun mau dibakar orang dan bunyi tembakan dimana² mayat jg tergeletak ditgh jalan

@SoviaHani Kalo gw liat mayat cuma yg di jembatan cawang aja sih, setelahnya engga.. Baru keluar rumah lagi setelah tanggal 18, ngikut bokap ke MPR/DPR, jadi cuma liat orang demo, tp udah ga rusuh

@ElgarLouee Dari arah cempaka putih mayat bergelimpangan banyak, blm lg toko² yg dibakar /dijarah situasinya mencekam banget.

@SoviaHani Nah ini cuma liatdari foto2 doang..

@ElgarLouee bokap gue jg pernah nih cerita kalo kaya ada asep gitu di langit dan tiba2 semua jadi berantakan. bokap abis ambil mobil di daerah grogol (yg punya kebetulan cina) lgsg kaget bbrp menit dia keluar dari bengkel, bengkel itu udah angus. gue di depok, jadi ga kaya ada apa2 waktu itu

@firliyaa Nah sama, gw tinggal di perbatasan cibubur depok, jadi cuma mengalami pas di jalan pulang dari jakarta dan kejadian2 setelahnya aja krn ikut bokap demo di MPR/DPR

@ElgarLouee belom lahir sih tpi diceritain sama mama dulu, dia kejebak di kantor nya daerah gajah mada, dan berani2nya dia pulang jalan kaki dri gajah mada trs berenti di deket kanisius disitu ada beberapa orng yg mau numpangin nyokap pulang, nekat bgt dia.

@adorkableHao buset, mending nginep dah

@ElgarLouee wkwkwk klo aku jdi dia aku juga berpikiran bgtu kak, tpi katanya dia di kantor pun ga tenang takut kenapa2 sama orng rumah:(

@adorkableHao serba salah ya

Eh gw inget sesuatu, kejadian pas di RSCM pasca kerusuhan.. Gw nemenin bokap entah ngapain.. Jadi cerita2 gw ini seputar nemenin bokap sbenernya, yang dilihat dari sudut pandang anak kecil, mungkin kalo bokap yg cerita beda lagi..

Pernah ke kamar mayat di RS? Nah ini tuh bau banget busuknya sampe ke koridor saking banyak mayat yg gatau dari mana asalnya dan siapa identitasnya.. Gw ga liat mayatnya, tp bokap gw bilang itu bau mayat..

Gw pernah liat foto mayat cewek ga ada kepalanya, badannya gosong, sumpah.. Okey too much detail could disturb you.. Intinya waktu itu chaos banget, kalo kalian lolos dari tragedi ini, bersyukurlah, karena banyak banget yg masih trauma sampe sekarang..

Trit ini gw tutup aja disini tanpa put too much detail.. Mungkin dalam beberapa hari ke depan gw akan bikin twit tentang pasca Mei 98, mungkin tentang tragedi Semanggi dan sekitarnya..

@ElgarLouee kejadian 98 jangan sampai terulang. jangan lupa sama sejarah bahwa negara ini pernah dipimpin diktator dengan pencitraan publik yang baik tapi bertangan besi

@ElgarLouee wasn't born yet, but my aunt was there she's lucky she can hide in her office before going home to bandung back then one of her coworker lost her baby tho btw my aunt cried in the cinema when she watched the 98 movie

@ElgarLouee Ditunggu kelanjutan nya 😊🙏, semoga Tuhan selalu memberkati 🙇🙇🙇

@Kiems21 amin bro, u too

@ElgarLouee gue lahir 19 mei 1998.....emak gue bilang wkt mau ngelahirin gue takut bgt pas otw nya masih banyak yg bakar ban beserta mobilnya

@Puanftllh lahirnya di RS apa di rumah tuh?

@ElgarLouee di rumah sakit di tanggerang,dulusih masih jaksel sekarang jadi tanggerang selatan,tp nyokap bokap gue naik mobilnya dari cempaka putih😂 lahirannya dirumah nenek gue di bintaro

@Puanftllh panjang juga perjalanannya

@ElgarLouee iyaaaa gitudeh...katanya bingung mau lahiran dimana karena bnr2 ngerasa ga aman dimana2 sekalipun itu dirumah sakit


@ElgarLouee blm lahir, minta mamah ceritain katanya 'ga ah, cari aja di google' :"(

@ekaaseptiaa Trauma kali itu..

@ElgarLouee Samasama. Apapun pilihan politiknya, kita sepakat 98 jangan terulang lagi!

@APWirawan @ElgarLouee Jangan pernah sampe

@ElgarLouee 98? Aku masih 1 th 😂 . . Makasih kak sudah berbagi cerita Dan yahhh aku suka ngeliatin foto2 lama gini si Gak tau kenapa 😅

@ElgarLouee "Tentang yogya mall klender" setiap selesai meeting pasti gue iseng nanya tentang kerusuhan ini dan ada ga yang mati karyawan kita pada saat itu ? Dia bilang engga ada karna semua seluruh karyawan disuruh pulang dan yg pasti itu korban yg ngejarah aja yg meninggal disitu

@ElgarLouee Gw sih masih trauma, malah kadang suka emosi kalo ada yg bahas thn 98 sambil ketawa². Padahal orang sialan itu masih dibawah balita pada thn 98.

@ElgarLouee Tahun 1998 gue belom lahir

@ElgarLouee Wkt kejadian gue sd dan rumah gue di rusun klender. Tetangga pada bagi2in barang jarahan, kulkas, tv dll.. gue sekeluarga cm dirumah ga blh keluar sm bokap. Asli rusuh parah 😭😭

@ElgarLouee @oneaperture Merinding 😢😢😢 krn aku jg jd saksi sejarah kejadian itu 😭😭😭😭😭jangan sampai terulang lagi.

@ElgarLouee Jangan lupa kejadian yg sama di Slipa Jaya Plaza dan Lippo Mall Karawaci .... anjrittttt gue merinding sembari ngetwit ini 🙈kebayang lagi tahun2 terburuk bangsa ini.

@ElgarLouee @chappuuccino gua lahir 20 mei 1998, bokap chinese. gatau deh gimana caranya itu nyokap gua lahiran dirumah susah payah :(((. kalo mau minta ceritain juga ortu ga ada yg mau. btw rumah gua juga di Kp melayu

@ElgarLouee mas makasih udah kasih liat saya seperti apa indonesia tahun 1998 😬😬

@ElgarLouee Wahhh pas 98 baru 2 tahun jd gak inget apa-apa, cuma nyokap pernah cerita. Doi dulu kerja di daerah pluit, trs nekat pulang ke rmh. Pas lg rusuh-rusuhnya di jalan, akhirnya ketemu tentara trs diangkut naik mobil tentara. Alhamdulillah aman dan masih ada sampe sekarang😭😭

@ElgarLouee Kamera jaman dulu ada date ala ala huji ya 😅

@ElgarLouee Btw sekarang juga sedang terjadi kerusuhan di negeri ini, bukan secara fisik kayak th 98. Tapi ini bisa disebut dgn "E-WAR" orang orang tdk sadar klo mereka membuat sedang keributan. Semoga Thread ini menjadi pesan untuk kedamaian 🇮🇩

@ElgarLouee Terimakasih udah mau sharing ceritanya, emang blm lahir sih th 98. Tapi berkat ini, aku jadi tau kronologisnya gimana, ngerinya gmn. Btw aku baca semua dari atas sampe komentar paling bawah sendiri saking penasarannya :)

@ElgarLouee @HomeMarshel Tragedi 98 itu sistematis, di jam yang sama, solo dan Jakarta, mall Yogya yang pertama

@Buruh0nline @ElgarLouee @HomeMarshel Sistematis? Berarti benar2 di rencanakan?

@affanwaelah @ElgarLouee @HomeMarshel Iya, untuk mematikan gerakan mahasiswa

@ElgarLouee Sy tinggal di solo, h-1 kerusuhan udah diinfo besok jgn masuk sekolah. Besok siangnya banyak motor/mobil lemparin barang supermarket. Kakak sy yg ambil di jalan, saya yg nampung. Pulang rumah dimarahin ortu katanya itu barang jarahan.

@ElgarLouee 98, Mungkin saat itu baru bisa jalan/ngomong Tapi percayalah tragedi 1998 jadi cerita paling nenarik yang pernah guru sejarah saya ceritakan, Bahkan salah satu guru saya bersedia menjadi narasumber untuk menceritakan kejadian itu karna beliau ikut andil dalam tragedi tsb

@ElgarLouee Gua rela pending mandi pagi ini demi scroll sampe bawah baca cerita2 kalian... Btw gua udah 9thnn waktu itu, kelas 4SD. Cuman gua tinggal di kampung, nonton berita dari tvri...di warung kampung sebelah..

@riswand3238 @ElgarLouee Samaan kita mas 😂😂

@ElgarLouee Dulu bokap nyokap juga cerita pas lewat situ. Sempet berpikir gak bisa sampe rumah utk ketemu anak lagi katanya. Saya sendiri belum kebayang seperti apa, gak boleh kemana2

@ElgarLouee mata merah krn terkena gas air mata, bukan krn obat or sejenisnya

@mozaik_unique Gas air mata mah cuma di Gatot Subroto, Trisakti, Sudirman Thamrin, kagak ke pinggir2 apalagi ke Jakarta Timur..

@ElgarLouee krn byk penjarahan oleh warga di sekitar jkt timur, gas airmata di tembakan sama polisi. klender, slh satu daerah chaos wkt itu.

@mozaik_unique Inget ga itu di daerah Klender mereka yg masuk mall Yogya dikunciin secara sengaja terus dibakar? Ga ada pasukan anti huru hara di sana.. Udah gitu mata merah krn gas air mata mah beda kali behaviornya.. Yg demo tuh pd ditembakin sama gas air mata..

@ElgarLouee Tentang adanya wanita etnis tionghoa yang mengalami kekerasan seksual itu faktanya ada kan ?

@toniliu_ Ada, cuma kalo diceritain detail masih banyak yg trauma.. Jadi biar ceritanya yg begini2 aja..

@ElgarLouee Aku, si anak kecil yang ketakutan diantara penumpang bus yang berteriak histeris karena bus yg dikendarai terjebak oleh banyak massa. Mereka memaksa supir dan kenek bus utk menurunkan semua penumpangnya. Aku dan ibuku berlarian tak tentu arah karena panik. Mencekam..

@ElgarLouee Gua waktu itu masih 8 tahun sih dan gak boleh keluar rumah karena bokap gua nginep dikantornya di daerah senen berhari hari. Cuma gua tau bgt kalau ada penjarahan dan ke bakaran di mall itu. Rumah gua gak jauh dari mall dan sering denger cerita horor dari tetangga sekitar 😭😭😭

@ElgarLouee ini toko Kungkung di Karawang sebelum tahun 98. Setelah kerusuhan, bagian yg di lingkari hancur dilempari batu2 besar. Untungnya kami sekeluarga aman di dalam selama kerusuhan. Usia saya masih 2,5 tahun saat itu pic.twitter.com/KqF8CgsI28


@deaho Glad to know you n your fam doing okay..

@ElgarLouee i'm glad to hear about your family too! terima kasih atas ceritanya, ko😊

@ElgarLouee 98 gw smp inget banget warga sekitar langsung siskamling en jaga2 daerah sekitar. kebetulan di area gw banyak warga ketrnan tionghoa tapi warga lain bener2 siap pasang badan buat ngejaga mereka. waktu itu bnr2 ga ngerti kok sampe ngincer org indonesia sendiri. serem bgt.

@ElgarLouee Gw udah umur 23 pas kejadian dan gw dtg ke gedung dpr.. naek ke atapnya. Dulu cuman ada perasaan ini gedung rakyat dan gw adalah rakyatnya. Gw stay di kebon jeruk jakbar, suasana caos banget, dpn pager dikasih sajadah. Ruko2 dijarah.. atm pada rusak. Hiks hiks jgn terulang lg deh

@ZakiahDrajat3 Share dong om ceritanya hehehe

@ElgarLouee @SamuraiTomiyuki Welcome to pogoren, graznavia 😁


@ElgarLouee it is like stupid but it's work

@ElgarLouee @dina_soraya Gue juga inget ini... Apaan tau2 tiba rusuh aja gitu ga tau dari mana dan kenapa.

@ElgarLouee Kalo nyokap gua waktu ke daerah Ciledug tempat adeknya ada gedung atau ruko2 dibakarin banyak orang lompat dari atas jatoh suaranya kaya nangka jatoh katanya. Kalo bokap liat yang mall dijarah pas orang2 masuk dikunci terus itu dibakar sama aparat.

@ElgarLouee Umur masih setahun wktu itu jadi gatau persis diceritain doang dan katanya rusuh banget, wa tinggal se gang dgn vihara jadi kebayang bahanya gimana, tapi untung org2 segang baik, mas2 becaknya pada jagain ujung gang biar gapada masuk mreka2nya

@etjdaheja @ElgarLouee @dina_soraya Emak gw confirm pernyataan ini Juga btw.

@ElgarLouee Sampai sekarang kalau baca tentang ini ga pernah begitu dpt detail pict. Tapi trit ini asli bikin deg2kan :(, sampe mikir Indonesia pernah yah kek gini huhu

@ElgarLouee waktu kjadian kelas 1 stm, seinget sy dl temen/senior sekolah, ikut2an ngejarah dipasar minggu & depok, tapi pas didepok kita dirazia, barang2nya diambil polisi. iya ya gak kebayang seremnya punya tampang Chinese saat itu.

@ElgarLouee ini pernah liat ini di TV, serem abis merinding

@ElgarLouee Yap, alhamdulillah pulang selamat walau ga ke rumah karena semua akses jalan lumpuh total. Posisiku waktu itu di daerah Narogong yg mall apa itu pada dijarah, kondisinya chaos bgt. Aku dan ibuku ditolong org, karena aku nangis2. Trs dianterin ke rumah budheku yg di daerah itu jg.

Thread ini penting untuk dibaca, terutama buat remaja yang lahir setelah 1998. #menolaklupa twitter.com/ElgarLouee/sta…

@tsuroiya termasuk yang lari2 saat itu, dan ngungsi ke rumah boss di kemang karena ga bisa pulang.. serem banget mbak.. aku trauma banget..

@ElgarLouee @dina_soraya berasa kek film njir


@ElgarLouee Gw dulu masih SMA kelas 2, dan gw berdiri di sebrang BCA dan melihat pertama kali yg di jarah adalah showroom Suzuki (Sebelah BCA)

@ElgarLouee Gue suka liat video videonya di channel ini, ngeri banget sii youtu.be/YA6JicFZKt4


@ElgarLouee 98 saya baru mau 4 thn. Tinggal di depok, ortu pernah cerita toko2 di jl arif rahman byk dijarah, ada sebagian yg ditulis milik pribumi. Keliatannya semua kejarah krn hampir satu jalan itu punya china

@sallynazila Ternyata depok parah juga yah, baru tau lho..

@ElgarLouee Wah kacau nih trit, jadi telat ngantor karena menikmati komen”nya

@ElgarLouee Jadi inget ceritanya anak cewek budhe waktu kuliah di ITB yang dia mau kerumh sodaranya di daerah tanjung priok terus bisnya di cegat suruh turun semua dan dia binggung pdhl uang sakunya tinggal dikit dia juga liat2 yg pmbunhan jg ngeri 😐😐

@ElgarLouee Di rumah Ciledug lagi harap-harap cemas karena liat di TV, Mall Ciputra kerusuhan yang mana adalah tempat kerja Mama. Papa lagi jemput Mama, di rumah cuma sama Nenek dan adik yg baru umur setahun. Bapak-bapak komplek udah bawa bawa bambu jaga di pos ronda 😭



@ElgarLouee Jaman SD, tetangga ku mas Elang anak Trisakti waktu di ciputat dulu jd korban penembakan :(

@wdravina Good to know you all could make it safely..

@ElgarLouee Seinget aku, waktu itu lagi ada undangan nikahan, tiba tiba rusuh abis kita pada disuruh pulang. Kondisinya ke nikahan cuman sm mama dan sepupu2. Pas disuruh bubar dan udah cepet cepet naik mobil, tiba tiba aku ditarik buat naik kotor sama om

@ElgarLouee Nangis kejer banget karena di tarik paksa, bahkan sampe skrg keinget omongan, "ga aman naik mobil, naik motor lebih cepet, lu semua naik mobil biar anak lu gua selamatin naik motor, kepisah dulu gpp, ga ada waktu debat!"

@ElgarLouee Dijalan gue harus berulang kali tarik tarik jaket om, buat mastiin masi di goncengan belakang. Om gue ngebut parah, sepanjang jalan disuruh tutup mata. Tapi ya karena anaknya bandel, gue intip dikit tiap om gue berhenti.

@ElgarLouee Jalanan penuh sama orang, bakar ban, terus teriak teriak, seluruh jalan besar di block, harus keliling buat balik. Dan gue dibalikin bukan ke rumah sendiri, tp ke rumah om gue, selama 1 minggu diem disana ga ketemu mama. Cuman berhasil di telp 3 hari setelah kejadian

@ElgarLouee Sampe detik ini ga akan hilang sih diingatan, padahal waktu itu masi umur 4 tahun. Dan ingat details, sampe suka cerita ke mama, dan mama takjub masi bisa inget kejadian sedetails itu. The power of trauma.

@Djodiningrat @ElgarLouee Si dilan 1991 ikut demo gak ya ?

@ElgarLouee Ya gak heran klo sekarang org tionghoa jd rada sensi ke org pribumi, mungkin secara langsung keluarga mereka ada yg jadi korban, susah loh ngelupain hal itu, keluarga kita dibentak dikit aja emosi, gmn klo diginiin.

@ElgarLouee @dina_soraya Tetanggaku dulu jg gt. Kami keluarga cina sendiri di lingkungan. Tetanggaku malah nyuruh kami ngungsi ke rumahnya. Trus rumah kami dijagain tetangga2

@ElgarLouee Tahun 1998 rumah tetanggaku hampir mau dibakar tapi setelah dikasih sajadah sama nenek aku jadi gak jadi, padahal tetanggaku itu baik banget, semua manusia sama please lah gausah rasis :(

@ElgarLouee Betul, banyak korban di mall...

@ElgarLouee Bersyukur msh bisa sampe rumah. Tuhan baik

@ElgarLouee SERIUS INI?

@ElgarLouee Robinson pasming ini deket sama rumah gua dulu. Tapi pas itu gua baru mau masuk TK, jadi ga tau ada peristiwa kayak gini. Pas udah SD baru diceritain katanya banyak yg kebakar di dalem mall ini.

@ElgarLouee Bokap gw juga cerita gt, kebetulan rumah Di belakang Yogya waktu itu.

@ElgarLouee Mei 1998 gw baru lahir, dari cerita ortu gw sih bulan mei itu puncaknya krisis, air susah, duit susah. Hampir aja gw dikasi nama Krismon Wati :v.. Untungnya ortu gw masih memikirkan masa depan gw huehehe.. Gw bersyukur 😊

@ElgarLouee Masih TK tapi inget banget dulu ruko depan komplek di bakarin. Di rumah ga ada siapa2 cuma ada PRT. Di jemput Om, sepanjang jalan disuruh nunduk. Sempet ngintip-ngintip, org2 bawa tv, kasur, kayanya abis ngejarah. Tidur gatau dirumah siapa. Disuruh jangan berisik😩

@yumeichan_ @ElgarLouee sama wkwk bapak sempet mau kasih nama krismon, tp gajadi dan diganti jd kristi

@el_nonymous @satirsarkas_ @ElgarLouee saat kejadian Penjarahan gw ikut menjarah salah satu toko di Jatinegara berupa baju2 di toko yg sdh hancur.. bju gw jual.. duitnya buat warga yang ronda malam jaga keamanan di wilayah... mau gw pulangin hasil jarahannya ke toko juga ga tau yg punya toko kemana.. dimana..? 😊😊😊

@ElgarLouee Banyak saudara gue yg meninggal. jadi gue gk mau ini sampai terulang. Udh gt aja yg mau gue blg.

@ElgarLouee Ini deket banget dari rumah. Dl ada supermarket GORO jg abis kebakar dan banyak tetangga yg ngejarah disana. Paginya om gue baru aja belanja susu bayi buat anaknya, siangnya ud dijarah. Sekolah lgs dipulangin. Dr jendela rumah cm liatin org org pulang bawa barang jarahan

@ElgarLouee Baru 2 tahun, ga punya memori apa-apa :(

@whatsfeb @ElgarLouee Di kampus saya, banyak banget foto mas elang dan 3 kakak-kakak lainnya yg jadi pahlawan reformasi mba, tiap liat foto beliau selalu sempatin kirim alfatihah

@ElgarLouee Tiap jam mantau radio elshinta dan ada 1 radio aktivis dulu cm gw lupa berapa frekuensinya. Skolah diliburin, di seberang komplek gw liat org seberang rel bolak balik jarah bawa kulkas baju makanan dr GORO Pasar Minggu. Komplek gw jaga malem trus abis itu. Papa jg ikut.

@22hafizah Related

@ElgarLouee Sejak SMP gw uda pake jilbab, pas masa kerusuhan gw siapin bawa 1 jilbab cadangan kalo2 ketemu orang yg butuh. Gw cukup berani jalan2 ke monas abis itu naik kereta buat liat demo macem2 di cikini bareng paman gw.

@22hafizah Buset 😨

@ElgarLouee Ini keren 👍🏼

@ElgarLouee Soalnya beredar kalo cewe2 cina bakal dijahatin di jalan. Gw kepikiran cm bs bantu bawa itu aja, sama kayak sajadah yg ditaro di pagar dan tulisan pribumi di mana2. Gak ada maksud apa2, pikiran anak smp jaman dulu😅

@22hafizah @ElgarLouee Sungguh berani dan baik hatimu 😘😇👍









  Expand pic

No comments:

Post a Comment

Related Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...