Orang-orang Kristen di seluruh dunia merayakan hari kelahiran Yesus (Yeshua) di bulan Desember. Sekelompok peneliti Bible Code memutuskan untuk mencari kode-kode tersembunyi di dalam Alkitab untuk menentukan tanggal pasti kelahiran Yesus (Yeshua). Namun untuk menentukan tanggal pasti kelahiran Yeshua tersebut, mereka harus menemukan tanggal-tanggal lain yang harus saling berkaitan, dan harus cocok satu sama lain, yaitu tanggal ketika Maria mulai mengandung, dan tanggal ketika Yeshua dipersembahkan di Bait Suci dan disunatkan pada hari ke-8 sesudah kelahiran-Nya.

Bible Code

Bible Code (הצופן התנ”כי‎, hatzofen hatanachi), juga disebut Torah Code, atau Sandi Alkitab, adalah serangkaian pesan rahasia yang tersembunyi di dalam teks huruf-huruf Torah Ibrani. Kode-kode tersembunyi ini digambarkan sebagai suatu metode di mana huruf-huruf tertentu dari teks Kitab Suci dapat terpilih dengan jarak interval yang sama, untuk mengungkapkan suatu pesan lain yang tersembunyi.
Rahasia-rahasia Torah akan terungkap… dengan melompati huruf-hurufnya – Rabbi Moshe Cordovero, abad-16

Kelahiran Yeshua

Raja Salomo memerintah dengan mulia di Israel hampir seribu tahun sebelum Yeshua (Yesus) lahir di Bethlehem, namun banyak detail-detail tentang kelahiran ajaib Juruselamat ini dikodekan di tengah-tengah kitab Amsal Salomo. Bahkan mungkin bisa disebut berita kelahiran Juruselamat yang paling mengesankan di sepanjang sejarah.
Di dalam masa ketenangan Perjanjian Lama, di mana nasihat-nasihat bijak tentang hidup dalam kebenaran diajarkan oleh raja paling bijak dan paling kaya dalam sejarah, sejumlah kode-kode Alkitab tersembunyi yang berkelompok ditemukan di seputar kode Alkitab yang berpusat pada frase kata:
חג המולד-רנו עמי (chag hamolad – ranu ami),
yang artinya “Perayaan kelahiran, bersukacitalah umat-Ku.
Artikel berikut ini adalah laporan hasil penyelidikan Roy A. Reinholdmenggunakan Software CodeFinder: Millennium Edition Bible Code, yang dikonfirmasi oleh penyelidikan Dr. Ernest L. Martin menggunakan perhitungan astronomis benda-benda di langit. Hasilnya: semuanya sinkron dan memberikan kesimpulan dengan tingkat kepastian yang adil tentang tanggal kelahiran Yesus (Yeshua).

Bagian 1 – Tanggal Pasti Kelahiran Yeshua

Beberapa hari sebelum 1 Januari 2001, aku memutuskan untuk menyelidiki apakah Alkitab dapat mengidentifikasi hari yang tepat dari kelahiran Yeshua (Yesus), karena banyak buku-buku dan artikel-artikel yang telah ditulis menyampaikan berbagai pandangan dan teori-teori. Tanggal tradisional yang dirayakan di gereja adalah 25 Desember 1 SM, meskipun tanggal ini baru muncul sekitar tahun 360 M. Semua bapa gereja mula-mula tidak menyatakan secara jelas dalam tulisan-tulisan mereka hari tepatnya Yeshua dilahirkan.
Seri artikel ini melengkapi artikel sebelumnya yang berjudul, Aspek Pagan Perayaan Natal. Dalam artikel tersebut, ada bukti dari perhitungan kemungkinan tanggal lahir Yohanes Pembaptis, bahwa dia dilahirkan sekitar Paskah pada musim semi dalam tahun itu. Karena Yohanes Pembaptis berusia 6 bulan lebih tua dari Yeshua (Yesus), itu akan menempatkan kelahiran Yeshua pada musim gugur di sekitar Yom Kippur (Hari Penebusan), plus minus 3 minggu. Dengan menggunakan Bible Code, pengujiannya adalah untuk melihat apakah Yeshua lahir pada musim gugur di sekitar waktu hari-hari raya musim gugur Israel, atau apakah Dia lahir pada tanggal 25 Desember.
Seri artikel ini akan menyajikan beberapa matriks Bible Code dan penyelidikan ahli lainnya untuk menunjukkan bahwa dengan tingkat kepastian yang cukup, kita dapat menentukan hari yang tepat malaikat Gabriel mengunjungi Miriam (Maria) dan mengumumkan bahwa dia akan melahirkan seorang Anak yang dikandung oleh Ruach HaKodesh (Roh Kudus), hari yang tepat Maria mengandung Anak itu, hari yang tepat kelahiran Yeshua, dan hari yang tepat Maria dan Yusuf membawa Anak itu ke Bait Suci pada hari ke-8 untuk dedikasi (mempersembahkan) anak sulung dengan kurban yang diperlukan dan melakukan Brit Milah (penyunatan). Matriks-matriks yang ditampilkan semuanya dari sudut pandang yang berbeda dari satu kesatuan matriks yang sama. Dengan kata lain, keseluruhan matriks memiliki segala sesuatu yang di dalamnya berhubungan dengan konsepsi dan kelahiran Yeshua.
Pada permulaan prosesnya, aku cenderung percaya bahwa Bible Code akan menunjukkan kelahiran Yeshua pada hari raya. Hari-hari raya musim gugur Israel adalah sebagai berikut.
  1. Rosh Hashanah (Yom Teruah, atau Perayaan Sangkakala), terjadi pada 1 Tishri dalam kalender Yahudi.
  2. Yom Kippur (Hari Pendamaian), terjadi pada 10 Tishri dalam kalender Yahudi.
  3. Sukkot (Perayaan Tabernakel/Pondok Daun), dimulai pada 15 Tishri dan berlangsung selama 7 hari, di mana hari ke-15 dan 21 adalah hari-hari Shabbat tahunan.
Mengapa aku cenderung percaya bahwa itu akan jatuh pada hari raya Israel? Dalam Injil Lukas, dinyatakan hal sebagai berikut:
Lukas 2:1-7 (AI) Dan terjadilah pada waktu itu, sebuah keputusan keluar dari Kaisar Agustus bahwa seluruh penduduk harus didaftarkan. Pendaftaran ini adalah yang pertama yang terjadi ketika Kirenius memerintah atas Siria. Dan semua orang pergi untuk didaftarkan, masing-masing ke kotanya sendiri. Dan Yusuf pun naik dari Galilea, dari kota Nazaret, ke Yudea, ke kota Daud yang disebut Bethlehem (Beit Lechem; rumah roti), karena dia berasal dari keluarga dan garis keturunan Daud, untuk didaftarkan bersama Maria, perempuan yang dipertunangkan kepadanya sebagai istri, yang sedang mengandung. Dan terjadilah, ketika mereka berada di sana, waktunya telah genap bagi dia untuk melahirkan. Dan dia melahirkan anaknya laki-laki, yang sulung. Dan dia membungkusnya dengan kain lampin, dan membaringkan Dia di dalam palungan, karena tidak ada kamar bagi mereka di rumah penginapan.
Yang aku ingin Anda perhatikan adalah 3 petunjuk yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses mencari tanggal pasti kelahiran Yeshua. Satu, mereka meninggalkan Nazaret dan pergi ke Bethlehem untuk didaftarkan dalam sensus tersebut, karena Maria dan Yusuf adalah keturunan raja Daud dalam garis keluarga yang berbeda. Kelahiran terjadi di Bethlehem. Kedua, hari-harinya telah genap baginya untuk melahirkan, yang memberitahukan kepada kita bahwa Anak itu dilahirkan dalam masa kehamilan yang normal. Ensiklopedi Brittanica menunjukkan bahwa rata-rata periode kehamilan manusia untuk anak perempuan adalah 266-267 hari, dan 270-271 hari untuk anak laki-laki. Ini akan berperanan ketika menghitung prakiraan hari konsepsi yang diharapkan ketika Maria menjadi hamil. Ketiga, dinyatakan bahwa tidak ada kamar bagi mereka di penginapan.
Aku menduga bahwa hari kelahiran Yeshua terjadi pada salah satu hari-hari raya, karena tidak ada kamar bagi mereka di penginapan. Bethlehem hanya berjarak 3-5 mil di sebelah selatan Yerusalem, dan selama hari-hari raya musim gugur, orang-orang Yahudi dari seluruh dunia akan datang lebih awal dan membanjiri sampai ke kota-kota sekitarnya. Menurut kitab suci, seluruh orang Israel hanya diwajibkan untuk hadir di hadapan YAHWEH di Bait Suci tiga kali setahun (Paskah, Shavuot atau Pentakosta, dan Hari Raya Tabernakel). Namun, karena pada waktu itu mereka tidak memiliki pesawat terbang, kereta api, dan mobil, orang-orang Yahudi dari negara-negara lain akan tiba lebih awal dan berada di sana untuk Rosh Hashanah sampai Sukkot (periode 3 minggu). Oleh karena itu, akan sulit untuk menemukan kamar di penginapan kapan saja selama hari-hari raya musim gugur.
Secara khusus, Yohanes 1:14 membuat aku percaya bahwa kelahiran Yeshua mungkin terjadi pada tanggal 15 Tishri, hari pertama Perayaan Tabernakel; di mana dikatakan, “Dan Firman itu menjadi daging dan bertabernakel (berdiam) di antara kita.” Aku percaya bahwa kemungkinan besar aku akan menemukan 15 Tishri masuk ke dalam proses ini, tapi itu BUKAN hari kelahiran Yeshua.
Matriks yang aku gunakan memiliki istilah pusat pada jarak spasi sama jauh (ELS) 19 huruf. Istilah pusatnya adalah chag hamolad (perayaan Kelahiran, chet gimel – hey mem vav lamed dalet), sebuah istilah yang seringkali salah diartikan sebagai Natal, tapi secara harfiah itu artinya perayaan Kelahiran. Matriksnya hanya 19 huruf, tapi mungkin beberapa ratus barisnya tingginya. Ini jelas merupakan matriks 3D yang terbentang dalam format 2D.
Dengan kata lain, itu sebenarnya adalah sebuah kubus dimana panel tengah memiliki istilah pusat dan panel-panel di atas panel tengah akan berada di depan panel tengah, dan panel di bawahnya akan berada di belakang panel tengah. Alasannya adalah bahwa bahasa Ibrani dibaca dari kanan ke kiri dan atas ke bawah. Saat ini kami sedang merancang sebuah program kode 3D di atas kertas, namun sekarang ini di luar apa yang tersedia untuk digunakan saat ini. Jika ditampilkan dalam sebuah kubus 3D, istilah yang terkait semuanya akan berada tepat di samping satu sama lain. Aku ingin menunjukkannya, karena mudah-mudahan, kita bisa segera membuat program kode 3D, dan matriks perayaan Kelahiran ini adalah contoh yang mudah dilihat. Namun, untuk saat ini kita harus melihat matriks yang diratakan menjadi format 2D.
Aku harus mengatakan bahwa jika kita hanya mencari satu tanggal saja (tanggal lahir aktual Yeshua), akan sangat sulit untuk mencoba dan membuktikan satu tanggal itu dalam sebuah matriks, bahkan dengan hari-bulan-tahun. Namun, karena kita tahu dari kitab suci bahwa kita memiliki 3 tanggal yang semuanya harus ditunjukkan dan terkait secara ketat, ini akan lebih meyakinkan. Kita tahu ada tanggal untuk hari Yeshua lahir. Dari tanggal tersebut, kita harus melihat tanggal terjadinya konsepsi (pembuahan) persis 270-271 hari sebelum tanggal kelahiran. Akhirnya, kitab suci mengatakan bahwa Brit Milah (dedikasi dan sunat) berlangsung pada hari ke-8 setelah kelahiran. Karena kita memiliki setidaknya 3 tanggal spesifik yang saling terkait, jika semuanya muncul, maka kita memiliki tingkat kepastian yang jauh lebih baik bahwa kita telah menemukan tanggal-tanggal yang tepat untuk semua peristiwa-peristiwa ini.
Bagian 2 akan menunjukkan tanggal lahir dari matriks Yeshua. Bagian 3 akan menunjukkan hari ketika malaikat Gabriel mengumumkan kepada Maria bahwa dia akan mengandung Anak itu, dan hari ketika dia mulai mengandung Anak itu. Bagian 4 akan menampilkan Brit Milah (dedikasi anak sulung dan sunat di Bait Suci). Akhirnya, bagian 5 akan menunjukkan hasil riset ahli lain, Dr. Ernest Martin, mengenai penghitungan tanggal kelahiran Yeshua berdasarkan tanda-tanda di langit. Semuanya sinkron dan melukiskan gambaran komposit di mana kita dapat menyatakan dengan tingkat kepastian yang adil bahwa sekarang kita tahu bahwa Yeshua (Yesus) lahir pada musim gugur, pada bulan September, pada tahun 3 SM. Dan bahwa kita bisa menyatakan hari yang tepat untuk setiap peristiwa yang tercatat dalam kitab suci tersebut.

Bagian 2 – Matriks Bible Code Kelahiran Yeshua

Pertama-tama, aku ingin menunjukkan kepada Anda titik tengah dari keseluruhan matriks Bible Code (ELS 19), di mana terdapat frase kata “chag hamolad” (perayaan Kelahiran) dengan huruf merah, dan di atasnya “ranu ami” (Bernyanyilah atau Bersukacitalah, hai umat-Ku). Area matriks dengan informasi tanggal kelahiran Yeshua (Yesus) ada di bawah area tengah dari keseluruhan matriks, jadi alangkah baiknya melihat pusat matriks ini dan mendapatkan perspektif.
Pusat keseluruhan matriks
Perhatikan bahwa aku mematikan semua frase-frase kata lain di dalam matriks yang ditampilkan, supaya Anda bisa melihat pusat dari keseluruhan matriks dengan jelas. Ranu ami (Bernyanyilah atau Bersukacitalah, hai umat-Ku) tertulis dalam huruf hijau dari atas ke bawah, sementara chag hamolad (perayaan Kelahiran) tertulis dalam huruf merah dari bawah ke atas. Itulah sebabnya laporan matriks di atas menunjukkan istilah “perayaan Kelahiran” dalam laporan dengan loncatan huruf atau ELS -19, sementara “Bernyanyilah (Bersukacitalah), hai umat-Ku” memiliki loncatan huruf atau ELS +19. Ini pengetahuan dasar Bible Code bagi pemirsa yang belum mengenal Bible Code. Apa yang signifikan adalah bahwa istilah-istilah ini vertikal pada garis yang sama dan berdekatan satu sama lain, dan mereka menentukan topik dari keseluruhan matriks ini.
Bagi orang-orang yang baru mengenal Bible Code, nilai-R dalam laporan matriks di atas adalah ukuran statistik signifikasi dalam skala log 10. Nilai-R 0.0 artinya ada peluang 50-50 istilah ini muncul dalam matriks ukuran ini, nilai-R negatif artinya istilah itu sepertinya muncul dalam matriks karena kebetulan (istilah pendek), sementara semakin tinggi nilai-R positif menunjukkan kecil kemungkinan istilah ini muncul karena kebetulan. Nilai-R +1.0 artinya peluang muncul 1:10, +2.0 artinya peluang muncul 1:100, +3.0 artinya peluang muncul 1:1000, +6.0 artinya peluang muncul 1:1 juta, dan seterusnya karena ini dalam skala log 10. Ini adalah cara kasar untuk menghitung kemungkinan munculnya istilah tersebut secara kebetulan, meskipun kita tidak akan membahas perhitungan statistik dalam artikel ini. Aku hanya menunjukkan karena angka statistik ini tercantum dalam laporan matriks di atas.
Keseluruhan matriks Bible Code ini pertama kali ditemukan oleh para peneliti di Bible Code Digest (Ed Sherman, Dr. Nathan Jacobi, dan Dave Swaney) meskipun mereka belum meneliti seluruh informasi saat aku memutuskan untuk melihat dan menyelidiki jika kita dapat menentukan secara aktual hari kelahiran Yeshua dari matriks ini.
Laporan Matriks Kelahiran Yeshua (Yesus)
Matriks Bible Code ini ditemukan dalam Kitab Amsal pasal 15:6, mulai huruf ke-30 dan berakhir pada Amsal 17:16. Matriks Bible Code ini berisi total 1919 huruf, terdiri dari 101 baris, 19 kolom. Dalam matriks Bible Code ini ditemukan 36 kata atau frase kata yang berhubungan dengan kelahiran Yeshua (Yesus).
Aku akan menunjukkan bagian matriks di bawah, tapi bagi kebanyakan orang, laporan matriks di atas lebih mudah ditangani dalam menganalisis apa yang ada dalam matriks, karena Anda mendapatkan istilah-istilah dalam bahasa Ibrani dan bahasa Inggris.
Apa yang ditunjukkan di sini adalah bahwa Yeshua (Yesus) dilahirkan pada Rosh haShanah (kepala tahun), yang juga disebut Yom Teru’ah (Hari Raya Peniupan Sangkakala). Itu juga Rosh Kodesh, yang artinya kepala bulan. Rosh haShanah jatuh pada 1 Tishri setiap tahun dalam kalender Yahudi, dan itu terjadi pada musim gugur. Matriks Bible Code menunjukkan bahwa kelahiran Yeshua terjadi dalam tahun Yahudi 3759, yaitu musim gugur tahun 3 SM. Pada tahun 3 SM, 1 Tishri jatuh pada tanggal 11 September 3 SM. Dengan Matriks Bible Code menunjukkan “Rosh haShanah,” “Yom Teru’ah,” “Rosh Kodesh,” dan “pada 1 Tishri,” ini jelas membuktikan bahwa 1 Tishri adalah hari tepatnya kelahiran Yeshua (Yesus).
Matriks menunjukkan bahwa Yeshua dilahirkan pada Yom Teru’ah (Hari Raya Peniupan Sangkakala) pada 1 Tishri 3759, atau 11 September 3 SM pada Kalender Solar (matahari). Matriks menunjukkan bahwa Yusuf dan Maria (Miriam atau Miryam) ada di Bethlehem (Beit Lechem; rumah roti) dan tinggal di dalam sukkah, sebuah kandang. Mesias Yeshua  datang dari Surgake Bumi, dan nama-Nya disebut Ajaib, dan Penasihat, dan Anak ManusiaPalungan atau tempat makanan hewan disebutkan di mana Maria membaringkan bayinya sesudah lahir. Ruach HaKodesh (Roh Kudus) hadir dan para gembala datang untuk memberikan penghormatan. Disebutkan juga bahwa para malaikatmengumumkan kelahiran kepada para gembala, dan bintang-bintang di langit mengumumkan kelahiran-Nya.
Semua detail-detail dari Injil muncul dan mungkin ada lebih banyak lagi dalam matriks ini daripada yang telah aku tunjukkan, karena aku tidak terlalu lama mengembangkannya. Sudahkah kita membuktikan bahwa Yeshua lahir tepat pada 11 September 3 SM? Belum… karena jika matriks tidak menunjukkan konsepsi 270-271 hari sebelum 11 September 3 SM, maka itu belum memenuhi seluruh kriteria yang menunjukkan semua aspek seputar konsepsi dan kelahiran Yeshua. Jika kita menghitung hari dari 1 Januari sampai 11 September 3 SM (tahun non-kabisat, karena 4 M adalah tahun kabisat yang akan menjadikan 1 SM tahun kabisat), maka kita memperoleh jumlah 254 hari. Itu berarti 18 hari mundur ke bulan Desember 4 SM, harus menjadi tanggal pasti konsepsi (Desember memiliki 31 hari). Target kita haruslah tanggal 13 Desember 4 SM untuk tanggal konsepsi berdasarkan rata-rata umur kehamilan 271 hari untuk bayi laki-laki. Aku harus menyebutkan bahwa kata Ibrani untuk kehamilan adalah “herayon” (hey resh yud vav nun). Karena huruf-huruf Ibrani juga memiliki nilai numerik, maka akan menjadi sebagai berikut:
Hey = 5, resh = 200, yud =10, vav = 6, nun = 50
Total = 5 + 200 +10 +6 + 50 = 271
Baiklah, pertama kita lihat sekilas matriks di bawah ini (ini akan terlihat berantakan), dan kemudian ke bagian berikutnya yang menunjukkan tanggal pengumuman kepada Maria oleh malaikat dan konsepsi selanjutnya oleh Roh Kudus (Ruach HaKodesh). Aku pikir Anda akan senang mengetahui bahwa itu sesuai dengan perhitungan di atas.
Matriks di atas berantakan, tapi jika Anda melacak huruf-huruf itu, Anda akan melihat hal-hal seperti Ruach dan HaKodesh bersilangan, Malaikat dan Bintangbersilangan, Rosh dan Khodesh bersilangan, Rosh dan Hashanah bersilangan, palungan dan sukkah (kandang) bersilangan, dan istilah-istilah terkait lainnya bersilangan atau sejajar, atau berdekatan. Lebih baik memperhatikan laporan matriks dan melihat apa yang ada di sana.
Apakah ada dukungan kitab suci tentang Yeshua (Yesus) dilahirkan pada 1 Tishri? Ya, dalam 1 Korintus 15:45 dikatakan tentang Yeshua, “Manusia pertama, Adam, menjadi jiwa yang hidup. Adam yang terakhir menjadi roh yang memberi hidup.” Dalam 1 Korintus 15:22, disebutkan, “Sebab sama seperti di dalam Adam semua mati, demikian juga di dalam Mesias, semua akan dijadikan hidup.” Yeshua adalah Adam yang kedua, dan para rabbi telah lama mengajarkan bahwa tanggal lahir Adam adalah 1 Tishri. Jadi bukan kebetulan kalau Adam kedua punya tanggal lahir yang sama persis.
Mari kita lanjutkan pada bagian 3 dan melihat pengumuman dan konsepsi.

Bagian 3 – Pengumuman Malaikat kepada Maria & Konsepsi Yeshua

Kita telah sampai pada titik di mana kita mencari bukti-bukti pendukung terhadap 1 Tishri 3759, tanggal lahir Yeshua (11 September 3 SM) dengan menyelidiki apakah matriks Bible Code ini juga berisi pengumuman malaikat kepada Maria dan kehamilannya. Kehamilan seharusnya mulai terjadi 270-271 hari sebelum kelahiran, atau tanggal 13 Desember 4 SM.
Sub Matriks Bible Code ini berasal dari Kitab Amsal 15:16 huruf ke-11 dan berakhir pada Amsal 17:16. Jumlah huruf dalam matriks 1938, terdiri dari 102 baris, 19 kolom. Ditemukan 33 kata dan frase kata yang berhubungan dengan konsepsi Yeshua.
Laporan matriks menunjukkan:
Seperti dapat Anda lihat di atas, area sub-matriks mengenai kehamilan ini ternyata menceritakan sebuah kisah. Matriks menunjukkan bahwa tahunnya adalah 3758 (4 SM), dan sesuatu yang mengejutkan muncul. Ketika mencari semua tanggal yang mungkin untuk bulan Kislev di dalam area matriks, muncul 22 Kislev, dan sekaligus matriks menunjukkan petang 1 Chanukkah sebagai tanggalnya. Ini keduanya pada tahun Yahudi 3758 (4 SM). Aku sebelumnya menduga bahwa pengumuman malaikat kepada Maria dan proses kehamilan terjadi secara bersamaan, tapi ternyata bukan seperti ini kejadiannya.
Nampaknya Malaikat Gabriel mengunjungi Maria pada 22 Kislev 3758 (11 Desember 4 SM), dan mengumumkan kepada Maria bahwa dia akan mengandung dan melahirkan seorang Anak oleh kuasa Ruach HaKodesh (Roh Kudus). Namun, kehamilan tidak terjadi sampai petang 1 Chanukkah, yang dimulai pada 25 Kislev setiap tahunnya. Chanukkah adalah Perayaan Terang dan memperingati kemenangan Maccabee atas Antiochus IV Epiphanies dan bangsa Syria. Mereka merebut kembali dan membebaskan Yerusalem dan Bukit Bait Suci, dan menyalakan kembali menorah di tempat kudus Bait Suci, dengan sisa minyak yang hanya cukup untuk sehari saja, tapi secara ajaib pelita itu terus menyala selama 8 hari. Channukah memperingati pentahiran ajaib atas Bait Suci dan secara supernatural menorah menyala selama 8 hari.
Matriks menunjukkan bahwa sementara 24 Kislev berakhir dan 25 Kislev dimulai, menandai dimulainya “Chanukkah”, kuasa “Roh Kudus” datang ke atas “Maria” dan dia “mulai mengandung”. Hari itu tanggal 13 Desember 4 SM, ketika Maria mengandung dan menjadi hamil dengan Yeshua. Matriks tersebut menunjukkan bahwa “Maria” adalah seorang “perawan” (bethulah). Anaknya adalah “Yeshua” sang “Mesias” yang datang dari surga ke bumi. “Yusuf” dan “Maria” tinggal di “Nazaret” di “Galilea”.
Penyebutan Erev 1 Chanukkah lebih spesifik daripada hanya menyebutkan 25 Kislev, karena ini menunjuk waktu hingga beberapa jam pada malam hari tanggal 13 Desember 4 SM. Kriteria kita telah terpenuhi sekarang, di mana kehamilan Maria terbukti 271 hari sebelum tanggal kelahiran. Bonusnya adalah mengetahui tanggal ketika malaikat tersebut memberi pengumuman kepada Maria, yang terjadi beberapa hari sebelum pembuahan. Apa yang perlu kita lihat sekarang, adalah apakah Brit Milah (dedikasi anak sulung dan penyunatan) di Bait Suci terjadi pada hari ke-8 setelah kelahiran Yeshua.
Pertama, perhatikan sekilas matriks di bawah ini, diikuti beberapa komentar mengenai desain matriks.
Satu hal yang akan Anda perhatikan adalah bahwa ada banyak istilah paralel, namun huruf-huruf tersebut tampaknya agak tersebar dalam matriks. Alasan tentang hal ini bisa lihat kembali komentarku di bagian 1, di mana aku mengatakan bahwa ini adalah matriks 3D, tapi kami harus menunjukkannya dalam format 2D yang dibentangkan. Banyak dari istilah-istilah itu muncul pada kisaran 304 atau kelipatan duanya yaitu 608. Ini merupakan indikasi ukuran potongan dari masing-masing panel dalam kubus 3D. 304 dibagi dengan ELS 19 matriks kita memberi kita angka 16. Kita terus memperhatikan bahwa matriks dalam 3D ini akan memiliki panel-panel individu dengan ukuran 16 baris dan 19 kolom. Pada ukuran itu, sebuah istilah pada 304 akan menjadi istilah horizontal dari depan ke belakang dengan satu huruf pada setiap panel di dalam kubus 3D, sementara 608 akan menjadi istilah horizontal dari depan ke belakang pada kubus, namun dengan sebuah huruf pada setiap panel lainnya. Plus atau minus 19 dari 304 dan 608 akan memberi kita istilah-istilah diagonal tambahan dalam kubus 3D. Aku menyadari bahwa beberapa dari Anda mungkin tidak dapat membayangkannya dengan mudah di dalam pikiran Anda, tetapi bagi mereka yang bisa, itu adalah bukti prima facie untuk sebuah matriks 3D.
Software CodeFinder: Millennium Edition Bible Code digunakan untuk semua matriks yang ditunjukkan dalam seri artikel ini. Ini adalah program kode peringkat nomor 1, dan mudah-mudahan di masa depan kita akan benar-benar membangun program kode 3D.
Mari kita beralih ke matriks berikutnya yang menunjukkan Brit Milah di Bait Suci, dan Anda akan menemukan bahwa matriks lebih sederhana untuk dilihat dan dipahami.

Bagian 4 – Brit Milah di Bait Suci pada Hari ke-8

Peristiwa-peristiwa di Bait Suci pada hari ke-8 sesudah kelahiran Yeshua di dalam sukkah (kandang) di Bethlehem merupakan aspek-aspek penting untuk memperoleh kepastian tingkat tinggi bahwa Bible Code menunjukkan tanggal-tanggal yang tepat untuk seluruh peristiwa-peristiwa yang disebutkan. Kita telah melihat bahwa malaikat mengunjungi Maria dan mengumumkan bahwa dia akan mengandung dan melahirkan seorang Anak oleh kuasa Roh Kudus. Peristiwa ini terjadi pada 22 Kislev 3758 (10/11 Desember 4 SM). Aku menunjukkan  tanggal 10 dan 11, karena dalam tradisi Yahudi, hari dimulai pada waktu petang sampai petang, dan bukan dari tengah malam sampai tengah malam sebagaimana kita menentukan hari dalam kalender Gregorian.
Selanjutnya, Maria adalah seorang perawan, dan mengandung oleh kuasa Ruach HaKodesh (Roh Kudus). Kehamilan terjadi pada permulaan 25 Kislev, hari pertama Chanukkah, Perayaan Terang. Dalam matriks, ini ditunjukkan oleh banyaknya kemunculan Erev 1 atau Petang 1. Kehamilan ini terjadi tanggal 13 Desember 4 SM pada waktu petang, yang persis sesuai dengan perhitungan awal yang didasarkan pada masa kehamilan rata-rata manusia yaitu 270-271 hari untuk seorang anak laki-laki.
Kita tahu bahwa tidak ada tambahan bulan Adar II dalam tahun Yahudi 3758, karena 1 Tishri dimulai tahun berikutnya dan itu terjadi pada 11 September 3 SM. Jika memang ada tambahan satu bulan Adar II, maka 1 Tishri akan jatuh pada awal Oktober 3 SM. Ini penting untuk menunjukkan bahwa kehamilan terjadi pada petang hari pertama Chanukkah. Urutan yang sama terulang kembali dalam kalender Ibrani 1999, Rosh haShanah terjadi pada 11 September 1999 (1 Tishri 5760). Setiap kalender Yahudi yang Anda lihat akan menunjukkan bawah mundur 270-271 hari akan jatuh pada tanggal 13 Desember 1998, yaitu petang hari 1 Chanukkah pada 25 Kislev. Anda tidak perlu melihat peristiwa-peristiwa kuno, bandingkan saja kalender Yahudi dalam 1998 dan 1999 dan tanggal-tanggalnya persis sama dengan kalender sipil pada tahun 4 SM dan 3 SM.
Apakah ada ayat Kitab Suci yang akan membuat kita percaya bahwa kita telah mendapatkan tanggal yang tepat dari konsepsi Yeshua?
Mungkin ada satu kiasan yang terdapat dalam nubuat nabi Hagai.
Hagai 2:18-19 (ILT3)  “Sekarang arahkanlah hatimu, sejak hari ini dan seterusnya, sejak hari kedua puluh empat dari bulan yang kesembilan (24 Kislev), sejak hari saat tempat suci YAHWEH didirikan. Arahkanlah hatimu! Apakah benih sudah ada di dalam lumbung? Ya, sampai sekarang pohon anggur, dan pohon ara, dan pohon delima, dan pohon zaitun belum menghasilkan. Mulai hari ini, Aku akan memberkati.”
Kadang-kadang kita heran kenapa Kitab Suci begitu spesifik dalam mengutip hari dan bulan untuk suatu peristiwa. Nabi Hagai berkata, “Apakah benih sudah ada di dalam lumbung?” Mungkin ini adalah kiasan untuk peristiwa masa depan ketika pohon anggur yang benar, akar pohon zaitun, pohon ara surgawi, akan dikandung sebagai seorang Anak Manusia. Benih di dalam lumbung dapat merupakan kiasan untuk kehamilan.
Sementara 24 Kislev berakhir dan 25 Kislev dimulai, Maria mengandung oleh kuasa Roh Kudus. Benih itu kini ada di dalam lumbung, dan suatu berkat bagi dunia sudah ada di sini, mulai hari itu sampai seterusnya.
Sekarang mari kita perhatikan matriks untuk Brit Milah.
Aku membuat laporan matriks di atas sesederhana mungkin supaya Anda dapat dengan cepat melihat orang-orang yang disebutkan dalam Lukas 2:21-39, ada di sana di Bait Suci. “Simeon Tzaddiq” ada di sana (Simeon orang benar dan saleh, ayat 25), bersama “Channah” (Nabiah Hana, anak perempuan Penuel). “Brit” dan “Milah” ditemukan pada ELS (Equidistant Letter Sequence) yang tepat sama hanya terpisah 4 kolom dan disilang oleh kata “milah,” yaitu penyunatan. “Miryam” (Maria) ada di sana, dan Anda mungkin bertanya, “Di manakah Yusuf?” Namanya juga ditemukan di sana, tapi nama Yusuf menyilang pada jarak ELS yang lebih lebar, sehingga tidak aku masukkan di sini, supaya semuanya lebih mudah dilihat. “Yeshua” dan “Mashiach” ada di dalam matriks, dan yang paling penting tanggal “8 Tishri” dan tahun “3759” (18 September 3 SM).
Aku harus mengakui bahwa ada kemungkinan jauh lebih banyak lagi di dalam matriks ini, tapi aku tidak meluangkan waktu terlalu banyak di situ, karena ini sudah menunjukkan secara tepat apa yang perlu kita ketahui. Keseluruhan skenario yang berhubungan dengan pengumuman, konsepsi, kelahiran, dan Brit Milah di Bait Suci sudah ditunjukkan, bahwa semuanya ini ada di dalam satu matriks Bible Code, dari Kitab Amsal 15-17. Tanggal-tanggalnya saling tersulam begitu rapat dan menunjukkan hal-hal yang terjadi. Sekarang kita ringkas semua yang telah kita temukan:
  1. Pengumuman Malaikat Gabriel kepada Maria terjadi pada 22 Kislev 3758, yaitu 10/11 Desember 4 SM.
  2. Maria mengandung bayi Yeshua oleh Roh Kudus terjadi pada penghujung 24 Kislev, permulaan 25 Kislev pada waktu petang, dalam tahun 3758, yaitu 13 Desember 4 SM. Ini adalah permulaan Chanukkah, Perayaan Terang.
  3. Kelahiran Yeshua di Bethlehem terjadi pada 1 Tishri 3759(Rosh haShanah), yaitu 11 September 3 SM.
  4. Brit Milah di Bait Suci terjadi pada 8 Tishri 3759, yaitu 18 September 3 SM.
Apakah ada dukungan ilmiah untuk skenario di atas? Seorang teman menulis kepadaku selagi aku mengerjakan matriks Bible Code di atas dan menyarankan buku tulisan Dr. Ernest L. Martin. Aku memesan buku ini, dan pada bagian akhir dari artikel ini, aku akan menghubungkan apa yang ditunjukkan Dr. Martin dalam bukunya mengenai tanda-tanda di langit dan tanggal sebenarnya dari kematian Raja Herodes. Tidak perlu dikatakan lagi, ulasan Dr. Martin sesuai 100% dengan skenario yang ditunjukkan oleh matriks Bible Code Ibrani!

Bagian 5 – Sarjana Lain Membuktikan Tanggal Pasti Kelahiran Yeshua

Dr. Ernest L. Martin menulis sebuah buku berjudul The Star of Bethlehem: The Star that Astonished the World, dan aku menyadari buku ini saat aku mengerjakan matriks-matriks kelahiran Yeshua. Keilmuannya telah bertahan melewati pemeriksaan seksama dan setidaknya satu aspek dari buku ini sekarang ada dalam edisi terbaru The Handbook of Biblical Chronology. Kita akan membahasnya segera, tapi pertama-tama situsnya adalah http://www.askelm.comdan Anda dapat memesan bukunya secara langsung.
Dr. Ernest L. Martin menunjukkan dalam bukunya, bahwa tanda-tanda di langit yang ditunjukkan dalam Wahyu 12:1-3, terjadi hanya pada satu hari di tahun 3 SM, dan itu terjadi tepat pada tanggal 11 September 3 SM, antara pukul 18.15 dan 19.49. Tanda-tanda langit apakah ini?
Wahyu 12:1-3 (AI) Dan suatu tanda besar nampak di langit, seorang perempuan dengan berselubungkan matahari, dan bulan di bawah kakinya, dan di atas kepalanya sebuah mahkota dua belas bintang. Dan sedang mengandung dalam rahimnya, dia berteriak karena sakit bersalin dan kesakitan pada saat melahirkan. Dan nampaklah suatu tanda lain di langit. Dan lihatlah, seekor naga merah yang mempunyai tujuh kepala dan sepuluh tanduk, dan di atas kepalanya ada tujuh mahkota.
Karena bumi berotasi, terjadi pergerakan nyata matahari dan bulan, sementara bintang-bintang entah bagaimana berkedudukan tetap dalam hubungannya dengan bumi. Matahari ada di bagian tengah di sepanjang garis ekliptik di rasi Virgo pada 11 September 3 SM, dan bulan ada di bawah kakinya tepat mulai pukul 18.15 sampai 19.49 pada 11 September 3 SM. Menurut Dr. Martin, tanda besar di langit ini hanya terjadi pada satu hari itu saja, di tahun 3 SM.
Sementara tanggal kelahiran Yeshua (Yesus) yang ditemukan oleh Dr. Martin persis sesuai dengan yang ada di dalam Bible Code, dapatkah kita menyimpulkan bahwa kelahiran Yeshua terjadi tepat antara pukul 18.15 sampai 19.49 pada tanggal 11 September 3 SM? Aku percaya bahwa kita dapat menyetujui waktu kelahiran Yeshua pada pukul 19.00 plus minus satu jam berdasarkan tanda persis di langit.
Bagaimana dengan kematian Herodes yang berhubungan dengan semuanya ini? Lagipula, banyak ahli Alkitab yang mengatakan bahwa Raja Herodes mati pada tahun 4 SM atau 5 SM? Dr. Ernest L. Martin dalam bukunya, bekerja keras meneliti setiap kemungkinan waktu kematian Raja Herodes dan bersama sejumlah ahli-ahli lainnya, membuktikan bahwa Herodes mati beberapa minggu sesudah gerhana bulan total pada 10 Januari 1 SM. Dia menunjukkan tanggal kematian Herodes pada sekitar 29 Januari 1 SM plus minus beberapa hari.
Flavius Josephus menulis banyak detail seputar kematian dan penguburan Raja Herodes dalam bukunya, Jewish Antiquities. Dia menuliskan bahwa Raja Herodes mati tidak lama sesudah sebuah gerhana bulan. Gerhana-gerhana bulan di Israel yang terjadi pada periode waktu itu adalah sebagai berikut:
  • 7 SM — tidak ada gerhana bulan
  • 6 SM —  tidak ada gerhana bulan
  • 5 SM — gerhana bulan total pada tanggal 23 Maret, waktu antara gerhana bulan dan Paskah adalah 29 hari
  • 5 SM — gerhana bulan total pada tanggal 15 September, waktu antara gerhana bulan dan Paskah adalah 7 bulan
  • 4 SM — gerhana bulan parsial pada tanggal 13 Maret, waktu antara gerhana bulan dan Paskah adalah 29 hari
  • 3 SM — tidak ada gerhana bulan
  • 2 SM — tidak ada gerhana bulan
  • 1 SM — gerhana bulan total pada tanggal 10 Januari, waktu antara gerhana bulan dan Paskah adalah 12,5 minggu
Dr. Martin dan sejumlah ahli lain telah menunjukkan bahwa detail-detail yang dituliskan oleh Josephus dan para sejarawan lain dari zaman itu adalah bahwa Raja Herodes pasti sudah mati sekitar 3 minggu sesudah gerhana bulan itu. Kemudian ada persiapan penguburan kerajaan dan periode 30 hari untuk prosesi dan penguburan. Sesudah semuanya itu selesai, raja baru, Archelaus mengambil alih banyak tugas-tugas kerajaan sebelum Paskah. Dari semuanya ini, gerhana-gerhana bulan pada musim semi dalam tahun 5 SM dan 4 SM tidak mungkin merupakan gerhana bulan yang mendahului kematian Raja Herodes. Anda perlu membaca buku Dr. Ernest L. Martin untuk mendapatkan seluruh detail dan informasi pendukung lainnya.
Intinya adalah bahwa pengetahuan Dr. Martin dan yang lain-lainnya membuktikan bahwa apa yang ditunjukkan oleh Bible Code sehubungan dengan kelahiran Yeshua (Yesus) adalah masuk akal dan dapat diterima.
Klik di sini untuk melihat animasi Flash yang dikembangkan oleh perusahaan MSNBC dan Griffith Planetarium, berdasarkan penelitian/penemuan Dr. Martin, untuk menunjukkan seperti apa Bintang Bethlehem di langit pada tahun 3 SM dan 2 SM. Anda akan memerlukan Flash Player untuk ini. Ini benar-benar layak untuk disaksikan secara visual.
(Akhir dari artikel Roy A. Reinhold)

Referensi: