A story with tens of thousands of articles.

A story with tens of thousands of articles.
life and death, blessing and cursing, from the main character in the hands of readers.

Friday, August 3, 2018

14 Kesalahan Fatal Bisnis Online, dan Bagaimana Cara Mendobraknya!

14 Kesalahan Fatal Bisnis Online, dan Bagaimana Cara Mendobraknya!

Kesalahan Fatal Bisnis Online

Saya tengah mengamati gejala buruk sedang melanda dunia bisnis online.
Gejala ini adalah betapa banyak pebisnis online yang sudah bekerja sangat keras, bahkan menghabiskan sebagian besar uang dan waktunya untuk meraih kesuksesan, tapi hasilnya tidak seperti yang diharapkan. Justru sebaliknya, mereka malah kehilangan banyak uang, waktu bersama keluarga hilang terbuang, sementara kesuksesan yang diangankan belum juga tercapai.
Seperti kucing yang berusaha meraih ekornya sendiri, upaya yang mereka lakukan selama ini hanya SIA-SIA BELAKA.
Mereka bingung seperti tikus yang berlari di atas roda! Terus berputar-putar tapi tak pernah beranjak dari tempatnya! Mereka sudah berusaha sekuat tenaga tapi hasilnya NOL!
Ada pebisnis online yang menghasilkan uang sedikit, tapi sebenarnya mereka kehilangan uang jauh lebih banyak. Pengorbanan yang sudah dilakukan tidak sebanding dengan hasil yang didapat. Ada yang melihat peluang sukses, tapi mereka sama sekali tak mampu mewujudkannya.
Dan yang paling menyedihkan adalah walaupun mereka tidak melihat peluang untuk sukses, tapi sudah bekerja begitu keras menghabiskan sebagian besar hidupnya hanya untuk “tidak memiliki apa-apa”!
Sedihnya lagi, dari sekian banyak yang belum berhasil di bisnis online, ada yang kemudian menyerah. Sebelum meraih kesuksesan, mereka sudah tersungkur dan mengangkat bendera putih! Mereka menyerah sebelum kesuksesan yang diinginkan tercapai!
Ada memang internet marketer yang menggapai sukses kecil, mendapat uang recehan dari bisnis online. Namun mereka terus dihantui rasa penasaran MENGAPA penghasilan mereka tidak melimpah. Mengapa mereka tidak bisa hidup mewah seperti internet marketer sukses…
Saya tahu apa yang ada di pikiran anda… “GUE BANGET!”
SKENARIO DI ATAS JUGA MENIMPA ANDA BUKAN?
Jika IYA, anda perlu baca artikel menarik ini. Saya sengaja menulis ini agar anda bisa segera instropeksi diri, dan mulai meraup lebih banyak uang dari bisnis online.
Anda sudah siap? Mari kita mulai…
Tahukah anda, ada 14 kesalahan fatal kita lakukan saat menekuni bisnis online. Sayangnya kita ini termasuk makhluk yang malas melakukan introspeksi sehingga kita tidak menyadari kesalahan yang telah kita perbuat. Padahal kesalahan ini amat sangat mematikan karir kita sebagai pelaku bisnis online.
Sekarang renungkan, apakah anda berada di kondisi berikut ini?
  • anda merasa seperti tikus yang berlari-lari di atas roda.
  • anda sudah berusaha terlalu keras dalam bisnis online tapi penghasilan masih jauh dari yang anda inginkan.
  • anda belum melihat kesuksesan yang seharusnya bisa anda raih.
Jika anda ada dalam salah satu kondisi di atas, berarti anda masih melakukan kesalahan fatal terhadap bisnis anda. Dan ketika anda melakukan kesalahan fatal itu, otomatis anda kehilangan BANYAK uang!
BERAPA BANYAK UANG YANG LENYAP HANYA KARENA ANDA TERUS MENGULANG-ULANG KESALAHAN FATAL ITU?
Kerugian-kerugian anda akan terus bertambah jika anda tidak segera berubah. Segera cari tahu apa penyebabnya agar anda bisa cepat berhenti melakukan kesalahan-kesalahan fatal tersebut yang akan membuat anda miskin seumur hidup!
TERSESAT DI HUTAN RIMBA BISNIS ONLINE
Banyak internet marketer pemula yang tumbang dalam waktu singkat. Kenapa? Karena mereka tak tahu ada yang salah dalam bisnis mereka. Sebagian dari mereka sebetulnya sadar dan tahu bagaimana cara menghentikan kekeliruan itu. Tetapi sebagian besar lainnya gagal sebelum bertindak.
Patut anda pahami, dunia bisnis online ibarat hutan rimba yang ganas. Bila anda tak selalu siap, bisa-bisa macan atau harimau tiba-tiba sudah menerkam anda. Patukan ular juga bisa seketika membuat anda mati sekarat!

Apa yang salah dengan bisnis online anda?

Jika anda tanya mengapa sebagian besar internet marketer tidak mencapai kesuksesan puncak, anda akan menemui beragam alasan.
Kira-kira kalau dikumpulkan, alasannya mungkin seperti ini:
  • Buruknya kualitas content.
  • Pemilihan web hosting yang tidak tepat.
  • Desain web jelek.
  • Tidak punya system autoresponder.
  • Sistem penjualan yang tidak bagus.
  • Tidak punya produk yang tepat
  • Dipasarkan ke tempat yang salah
  • Dan lain-lain
Tapi coba renungkan lebih lama. Benarkah poin-poin di atas menjadi penyebab anda tidak sukses? Mungkin ada benarnya. Tapi perlu anda ketahui, poin-poin tersebut BUKAN PENYEBAB UTAMA ambruknya bisnis online anda.
Jika bisnis anda sekarang ini terasa seperti lari di tempat, bisa jadi penyebab utamanya adalah diri anda sendiri. Ya, diri anda sendiri!
Tenang, anda tidak perlu frustasi dan jangan buang dulu impian untuk jadi orang sukses. Saya akan ungkapkan lebih detail sehingga anda bisa cepat mengambil langkah-langkah perbaikan untuk MENGUBAH SEGALANYA demi bisnis anda hari ini dan demi masa depan hidup anda.
Saya JAMIN, jika anda sekarang BELUM meraih kesuksesan dalam bisnis, itu pasti karena anda masih melakukan kesalahan-kesalahan fatal ini. Mungkin satu kesalahan atau bahkan lebih.
Dan saya JAMIN dengan mengikuti langkah-langkah dalam artikel ini anda bisa memperbaikinya dengan sangat cepat. Asal, sekali lagi, anda mau baca langkah-langkah ini dan segera mempraktekkannya.
Formula Ajaib ini adalah jurus ampuh yang akan memutus rantai-rantai penghalang kesuksesan anda.
Formula ini menyingkap tabir rahasia yang TANPA anda sadari telah membelenggu pikiran anda selama ini. Istimewanya lagi, formula ini akan mengantarkan anda pada kesuksesan. Dan, sangat mudah untuk dipraktekkan!
Sebelum anda bilang, “Buku ini sama seperti yang lainnya”… tolong lanjutkan membaca.
Dengar baik-baik. Saya memegang KUNCI KESUKSESAN dari Formula Ajaib untuk membuat bisnis ANDA SUKSES! Saya tahu apa yang selama ini membelenggu anda. Dan saya bisa membantu anda mendobrak belenggu itu. Apa yang saya ungkap ini adalah kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh para internet marketer, termasuk anda.
Bahkan sebagian besar internet marketer sukses pun pernah melakukan kesalahan-kesalahan ini. Saya pun pernah! Tapi bedanya, mereka segera sadar dan menemukan cara untuk TERBEBAS DARI KESALAHAN-KESALAHAN FATAL itu.
Apakah KESALAHAN FATAL berikut ini yang mengganjal kesuksesan anda?

Kesalahan # 1:
Terlalu Banyak Belajar

Begini jelasnya…
Rata-rata pendatang baru di bisnis online punya nafsu belajar yang besar. Begitu anda berminat terjun di sini, anda seolah haus ilmu internet marketing. Semua produk tentang pemahaman internet marketing anda lahap habis (biasanya berupa ebook). Semua metode anda pelajari. Nasihat semua ahli bisnis online anda ikuti.
Dan seperti yang lazim terjadi, ketika anda membaca apa yang dikatakan ahli marketer A, anda mulai bersemangat melakukan sesuai caranya. Sampai kemudian ada ahli marketer B yang merampas fokus dan perhatian anda. Akibatnya, fokus anda kemudian beralih dari si A ke si B.
Lalu anda lama-lama jadi bingung dengan kedua ahli tersebut. Pendapat ahli marketer A yang awalnya sudah tertancap dalam otak anda tidak jarang bertentangan dengan ahli B. Setelah makin bingung, anda kemudian stres dan merasa TIDAK AKAN PERNAH sukses.
Karena bingung, anda terus mencari ahli marketer lainnya. Harapannya bisa membantu pemahaman anda lebih “jelas” untuk memulai kembali bisnis anda. Tapi sayangnya anda malah cuma asyik belajar dan memusingkan pendapat para ahli. Nah, selama anda tidak beranjak dari kondisi ini, tidak akan ada yang anda hasilkan. Akibatnya, kesuksesan segan mendatangi anda.
Perlu anda mengerti, orang sukses bertebaran di seluruh dunia. Semuanya memprovokasi bahwa anda juga dapat mengikuti jejak kesuksesan mereka! Tapi, jangan terjebak api semangat anda sendiri. Bisa saja hidup anda malah jadi gosong!
Memang banyak orang yang sangat sukses, tetapi mereka punya keahlian berbeda. Dan mereka pun sukses di bidang mereka masing-masing.
Inilah masalah yang anda hadapi. Anda sudah menguras isi kantong tapi bayangan kesuksesan belum tampak.
Kemudian, anda mulai membeli produk lagi… lagi… dan lagi. Atau mungkin melihat penawaran lain dan bingung mau berinvestasi di mana lagi.
Akibatnya, pengetahuan yang anda dapat malah menjadi lingkaran setan yang membuat anda bingung!
Sekali lagi saya tegaskan, selama anda masih dalam kondisi ini, anda TIDAK AKAN PERNAH mencapai sukses. Karena keadaan anda ibarat tikus yang berlari di atas roda. Dan itu bukan kondisi yang bisa membawa kesuksesan.
Jika anda merasa seperti itu, langkah-langkah ini yang harus segera anda lakukan.
Pertama, hadapi kenyataan. Inilah yang terjadi pada bisnis anda. Anda berjalan di tempat seperti tikus yang berlari-lari di atas roda.
Jangan salahkan diri anda! Banyak orang mengalami hal serupa. Anda tidak sendirian. Yang terpenting anda tahu apa yang harus segera diperbuat sekarang!
Saat keinginan membeli ebook muncul lagi, anda harus melawannya. Jangan terus-menerus membeli ebook. Bunuh keinginan anda! Perlu anda pahami, setiap ebook punya kunci kesuksesan masing-masing. Masing-masing menjelaskan rahasia-rahasia menghasilkan uang lewat internet. Dan yang harus anda harus pastikan, “Apa saya sudah siap mempraktekkannya?”
Ilmu-ilmu dari ebook itu biasanya berupa pembelajaran dan motivasi tanpa henti. Tetapi, itu bukan jalan keluar bagi anda saat ini. Yang penting, pondasi bisnis anda kokoh terlebih dulu. Dan untuk melakukannya, anda harus teguh dengan rencana yang sudah anda rancang sampai menampakkan hasil. Barulah setelah pondasi bisnis anda kokoh, anda bisa memasukkan ide-ide baru untuk kemajuan bisnis anda.
Jika anda masih bingung dan bertanya, “Apa yang harus saya lakukan selanjutnya?”
Baiklah, coba tanyakan pada diri sendiri,
  • “Apa yang sudah saya tahu?”
  • “Apa yang telah menghasilkan uang untuk saya (sekalipun hanya Rp 10 ribu)?”
  • “Apa yang paling nyaman saya rasakan?”
  • “Apa yang paling cocok bagi saya dengan skill dan hobi yang saya punya?”
  • “Proyek atau situs web apa yang telah saya buat?”
Setelah tahu jawabannya, segera mulai!
Dobrak kesalahan #1:
Turun dari roda dan membuat perencanaan yang cocok untuk bisnis anda!

Kesalahan #2:
Ketagihan Menjajal Berbagai Ide

Kesalahan kedua ini sering berhubungan dengan kesalahan #1. Memang semua pebisnis pasti ingin mengembangkan dan memperbesar bisnisnya. Begitu pula internet marketer. Ya, keinginan macam ini memang perlu anda miliki. Tapi sayangnya, banyak yang tidak tahu kapan saatnya mengembangkan bisnis.
Karena saking inginnya memajukan bisnis, semua ide dan uneg-uneg anda jalankan sekaligus. Dan inilah yang justru jadi bumerang bagi seluruh bisnis anda.
Kita mungkin punya 1.000 gagasan di otak kita pada saat bersamaan. Dan sering sebelum kita menyelesaikan SATU proyek, kita langsung meninggalkan ide tersebut untuk menggarap ide yang lain.
Kadang kita mencoba membuat dua atau tiga website sekaligus. Tapi hasilnya tidak memuaskan. Bukan saja tujuan kita tidak lekas tercapai, tapi ini akan sangat mudah membuat kita frustasi!
Bahkan cepat atau lambat, hal ini bisa MEMBUNUH bisnis anda!
Ingat, sekalipun banyak marketer yang sukses melakukan banyak proyek sekaligus, tapi mereka melakukannya seperti ini:
SATU website pada satu waktu
SATU projek pada satu waktu
SATU strategi pada satu waktu.
Coba bayangkan ada 5 piring di meja makan anda dan anda ingin memutarnya secara bersamaan. Bisakah anda melakukannya bersamaan hanya dengan dua tangan yang anda punya?
Ya maksud saya, anda memutar piring-piring itu sekaligus? Anda pasti tidak bisa melakukannya dalam satu waktu, bukan?
Bagaimana kalau anda coba putar satu piring? Anda mulai putar satu piring… lalu setelah piring itu bergerak, anda mulai putar piring ke-2. Lalu piring ke-3 dan seterusnya.
Semua piring anda bergerak! Dan tugas anda sekarang kembali ke setiap piring untuk mempertahankan dan mengatur pergerakannya agar tidak saling bertabrakan.
Pada titik ini, anda bahkan dengan nyaman dapat menambah piring baru tanpa kehilangan piring-piring anda sebelumnya.
BEGITULAH cara melakukan bisnis online!
Buat satu website atau proyek dan pastikan “berjalan” dengan baik, ambil untung, hasilkan uang, tingkatkan, capai potensi maksimal, kemudian baru beralih ke proyek ke-2.
Proyek ke-2 sukses, lanjutkan proyek ke-3… Begitu seterusnya!
Sudah mengerti kan? Jika begitu… anda harus berhenti mencoba memutar piring-piring anda semuanya pada saat bersamaan!
Anda harus pilih satu yang anda yakini SANGAT BAGUS dan fokuskan upaya anda membuatnya menjadi yang terbaik dan paling menguntungkan. Baru setelah website pertama sukses, anda bisa menjalankan website kedua.
Dobrak kesalahan #2:
Hindari mencoba memutar semua piring secara bersamaan! Cukup buat satu website saja. Baru kalau sudah menguntungkan dan mendatangkan uang, anda boleh membuat yang lainnya!

Kesalahan #3:
Tidak menganggapnya sebagai sebuah bisnis

Banyak orang memulai bisnis online hanya untuk mengisi waktu senggang mereka. Mereka menganggap bisnis ini hanya iseng-iseng berhadiah. Satu jam ngurusi ini… satu jam ngurusi itu… atau bahkan kalau sedang mood saja.
Apa anda pernah beranggapan demikian? Menurut anda, bisakah sukses dengan cara seperti ini?
Jika anda benar-benar ingin sukses, anda harus SERIUS. Anda harus memperlakukan bisnis ini seperti bisnis sesungguhnya. Anda boleh atur jam kerja anda untuk bisnis ini, tetapi gunakan waktu tersebut dengan benar. Tepati jadwal yang sudah anda buat!
Salah satu kelebihan bisnis online adalah keluwesan waktu. Terserah anda mau bekerja pagi, siang, atau malam. Lamanya jam kerja juga anda sendiri yang menentukan. Tapi sayangnya banyak yang terjebak dengan kemudahan ini. Jarang yang memanfaatkan waktu untuk bekerja secara teratur. Hasilnya jadwal kerja anda berantakan! Tidak ada kedisiplinan.
Anda tentu BOLEH membangun bisnis online dengan sepuluh jam setiap hari atau dalam seminggu…. yang penting anda konsisten dan tekun menjalaninya.
Untuk menjalani bisnis apapun memang butuh waktu. Ada rumus manjur yang perlu anda ingat: semakin banyak waktu yang anda habiskan untuk suatu bisnis, semakin cepat anda menuai sukses. Artinya, anda perlu konsisten!
Tak ada gunanya anda bekerja full seminggu penuh tapi kemudian ‘bolos’ berminggu-minggu. Itu bukan cara yang baik untuk membangun sebuah bisnis.
Mereka yang dikenal sebagai pebisnis sukses mengorbankan banyak waktu. Hanya kerja keras lah yang bisa mengembangkan bisnisnya. Karena itu tak perlu iri, mereka memang pantas merasakan apa yang mereka raih sekarang! Dan anda pun BISA seperti mereka!
Dobrak kesalahan #3:
Konsisten terapkan jam kerja untuk bisnis online marketing anda (tidak peduli sedikit atau banyak) dan perlakukan bisnis anda sebagai bisnis yang sebenarnya.

Kesalahan # 4:
Menunggu sampai tahu segalanya

Anda pernah berada di tahap ini? Menunda bisnis dengan alasan klasik, “belum mudeng A, belum tahu B, belum ngerti C…”
Ini masalah besar yang akan menghambat anda! Memang benar anda perlu tahu dasar-dasar membuat bisnis online. Tapi jangan terjebak. Belajar bisnis online itu bukan seperti pelajaran di kelas. Tapi, learning by doing. Anda bisa belajar sambil mulai membangun bisnis online anda. Malah kadang pelajaran TERBAIK berasal dari kesalahan yang anda perbuat.
Jika ada sesuatu yang tidak anda tahu, segera tanyakan. Jangan biarkan hal ini membuat anda menunda untuk mulai mempraktekkan bisnis ini.
Segera langkahkan satu kaki di depan kaki lainnya. Seperti slogan Nike… ”Just do it”!
Dobrak kesalahan #4:
Just do it! Jangan biarkan keterbatasan pengetahuan menghentikan langkah anda! Lihat mereka yang sukses. Mereka tak pernah berhenti bergerak!

Kesalahan # 5:
Tidak cukup percaya diri

Ini masalah yang kerap menimpa banyak pebisnis online. Sering kita bergulat dengan perasaan kita sendiri. Kita merasa belum punya banyak bekal menjalankan bisnis ini. Dan, akibatnya kita sama sekali tak pernah memiliki bisnis online.
Ada yang menyebut problem ini sebagai bagian dari rasa rendah diri. Anda merasa belum cukup bagus, merasa belum cukup siap, dan malu jika ada orang lain yang melihat apa yang anda lakukan. Jangan biarkan ini terjadi pada diri anda.
Saran saya
STOP! HENTIKAN PERASAAN-PERASAAN TAK BERGUNA ITU!
Bisakah? Ya, tentu saja anda bisa melakukannya.
Ok. Mungkin ada banyak orang yang jauh lebih siap dari anda! Tapi, peluang-peluang di dunia internet itu selalu bermunculan. Selalu ada tempat untuk anda!
Ayo bangkit! Ada banyak orang di luar sana yang sebetulnya tidak lebih baik dari anda, tapi karena mereka segera memulainya, mereka bisa tersenyum setiap hari melihat aliran uang masuk ke kantong mereka!
Dan satu hal lagi. Mereka terus belajar dan mempraktekkannya sehingga semakin baik! Kalau cuma seperti itu, tentu anda juga bisa melakukannya!
Dobrak kesalahan #5:
Tarik nafas dalam-dalam, hadapi rasa takut…dan lakukan saja!

Kesalahan # 6:
Tidak serius menjalaninya

Apa anda seorang marketer yang MALAS? Mungkin tidak… tapi banyak hal lain yang harus anda lakukan. Atau, barangkali bisnis online hanya menjadi prioritas anda yang nomor sekian.
Kalau jawaban anda IYA, saya berani bertaruh anda tidak akan pernah mendapat uang. Anda mesti paham, tidak ada kesuksesan tanpa keseriusan.
Jadi, untuk menjadi sukses, anda harus serius melakukannya! Ketika saya bilang serius, bukan berarti anda harus menghabiskan 24 jam hidup anda untuk mengurusi bisnis ini (meski tidak sedikit pebisnis online yang bahkan menghabiskan waktunya lebih dari yang seharusnya).
Waktu yang telah anda habiskan harus BETUL-BETUL ditujukan untuk kesuksesan. Jangan main-main dengan bisnis ini.
Dobrak kesalahan #6:Berapapun lamanya anda bekerja dalam bisnis online marketing, bersungguh-sungguh-lah!

Kesalahan # 7:
Rajin mendalami tanpa berbuat apapun

Ikut pelatihan itu bagus. Apalagi bagi anda para pemain baru di bisnis ini. Banyak hal menarik yang bisa anda jumpai. Di sana juga banyak informasi menarik yang bisa anda baca, lihat, dan dengar. Itu bukan hal yang jelek. Tapi, hati-hati!
Kadang anda malah jadi terlena dengan kesibukan macam ini. Anda pikir makin banyak yang kita tahu, makin banyak pula yang kita hasilkan. Padahal ini berbahaya. Karena waktu anda jadi tersita.
Tahukah anda bahwa kita tak bisa sukses kalau hanya belajar saja. Anda butuh ACTION!
Kurangi kebiasaan terlalu mudah membuang satu atau dua jam anda yang berharga tanpa melakukan apa-apa.
Mungkin yang anda lakukan hanya membaca posting di forum, membaca artikel dan ebook, atau menonton video online. Ini memang sangat menyenangkan dan anda bisa mendapat banyak informasi. Tetapi kalau tak terkontrol sama artinya anda sedang menghambur-hamburkan uang. Waktu yang mestinya bisa anda manfaatkan untuk menghasilkan uang, malah anda sia-siakan.
It’s time to get money!
Sekarang waktunya beraksi untuk mencapai kesuksesan yang anda inginkan! Alokasikan waktu setiap hari atau setiap minggu untuk membaca dan belajar. Tapi jangan sampai menggerogoti waktu anda untuk menghasilkan uang.
Dobrak kesalahan #7:
Berhati-hatilah, perhatikan berapa banyak waktu yang sudah anda buang hanya untuk TIDAK MENGHASILKAN UANG.

Kesalahan # 8:
Tanpa tujuan, tanpa rencana

Sudahkah anda meluangkan waktu untuk memetakan semua uneg-uneg yang ada di kepala anda? Sudahkah anda membuat rencana kerja harian sebagai internet marketer? Kalau anda belum punya rencana bisnis, siap-siap saja untuk gagal. Kenapa begitu?
Seperti bisnis offline, bisnis online juga perlu planning dan target. Jadi anda punya pegangan, “apa yang harus saya lakukan selanjutnya?” Misal, hari ini anda berpartisipasi dalam affiliate program. Dua minggu lagi situs web affiliate anda harus sudah jadi. Dan, promosi-promosi produk harus anda gencarkan. Nah, setelah sukses jadi affiliate marketer, anda bisa beralih menjadi blogger. Selanjutnya, silakan membuat produk sendiri dan pasarkan di situs web anda sendiri!
Jadi, buat perencanaan dan patuhi! Sisihkan waktu untuk menuliskan perencanaan bisnis yang baik. Menulis perencanaan bisnis memang bukan jaminan kesuksesan, tetapi pasti memperbesar peluang anda!
Ada sebuah pepatah yang mengatakan ”Jika anda tidak membuat rencana, anda pasti merencanakan untuk gagal”. Pepatah inipun berlaku di dunia bisnis online.
Karena itu, sangat penting tahu mau kemana anda melangkah.
Dan sangat penting pula punya perencanaan.
Seperti peta, anda bisa tahu jalur yang akan anda tempuh! Dan tentu anda boleh melakukan perubahan sambil jalan. Tetapi setidaknya sebelum melangkah anda harus punya gambaran yang jelas apa yang akan anda lakukan dan apa yang diperlukan untuk mencapainya.
Jangan abaikan ini!
Dobrak kesalahan #8:
Buatlah perencanaan bisnis dan patuhi agar anda segera mencapai kesuksesan.

Kesalahan #9:
Takut BERTANYA, tersesat selamanya

“Bertanyalah dan anda akan mendapat jawabannya!”
Hari ini mungkin pengetahuan anda tentang bisnis online belum beranjak dari angka NOL besar. Lantas apa yang akan anda lakukan? Apa anda hanya akan browsing di samudera internet? Mencari sendiri ilmu bisnis online yang anda butuhkan?
Wow! Waktu anda bisa habis. Memang benar anda akan menemukan banyak harta karun. Tapi, sebagian besar hidup anda akan habis demi berselancar dan berburu ilmu saja.
So, langkah apa yang paling tepat anda tempuh?
Jawabannya mudah. Bergabunglah dalam suatu forum/blog. Tentu yang mengupas habis bisnis online. Banyak hal yang bisa anda lakukan untuk membunuh ketidak-tahuan anda.
Jika anda tidak tahu apa yang harus diperbuat…. Tidak perlu bingung, berTANYALAH!
Jika anda perlu bantuan… MINTALAH TOLONG!
Jika anda belum mencapai kesuksesan… TANYA KENAPA!
Jika anda perlu dukungan …. MINTALAH!
Jika anda punya pertanyaan… TANYALAH dan ANDA AKAN MENDAPATKAN JAWABANNYA.
Oya, ada satu hal penting yang perlu anda lakukan. Sebelum bertanya di sebuah forum/blog, coba cari lebih dulu hal apa yang ingin anda gali lebih dalam. Gunakan search tool forum tersebut. Setelah mengetik keyword atas pertanyaan, anda akan berada di bagian forum yang tepat. Dan, tentu anda akan mendapat jawaban-jawaban spesifik atas pertanyaan anda.
Silakan belajar di blog ini, yang didedikasikan untuk anda-anda yang ingin lebih serius belajar bisnis online. Tinggal gerakkan jari-jari anda untuk menjelajahi isi forum/blog. Anda bisa mendapat banyak pengetahuan dari forum/blog yang anda ikuti.
Dobrak kesalahan #9:
Bergabunglah dalam sebuah forum atau blog. Manfaatkan search tool yang ada. Jangan takut atau malu bertanya dan minta bimbingan!

Kesalahan #10:
Melakukan sendiri – TIDAK mencari mentor

Agar bisnis online anda cepat sukses, carilah seorang mentor. Karena mentor akan membantu memecahkan masalah yang anda temui. Ia juga akan mendorong anda untuk cepat memulai bisnis anda. Mentor yang baik tidak akan berhenti berkata, “LAKUKAN SEKARANG JUGA!”
Jika anda BENAR-BENAR ingin sukses, cari mentor yang bisa membimbing anda. Dan, temukan pakar internet yang sudah teruji keberhasilannya.
Ucapkan mantra sakti ”Bertanyalah!”
Jika anda membutuhkan panduan langkah demi langkah membangun bisnis di internet, satu-satunya sumber yang saya sarankan adalah http://www.FormulaBisnis.com. Program ini sudah memberikan kesuksesan ke banyak orang di seluruh Indonesia.
Dobrak kesalahan #9:
Carilah mentor bisnis online untuk anda. Dengan memiliki mentor langkah anda akan menjadi lebih cepat. Rute bisnis anda jadi lebih jelas sejak awal, sehingga langkah anda semakin mantap.

Kesalahan #11:
Fokus setengah-setengah

Terjun di bisnis yang sama sekali baru memang tidak gampang. Perasaan was-was tidak bakal sukses di bisnis online pasti acap kali mendatangi anda. Akibatnya, anda tidak mencurahkan perhatian 100% pada bisnis ini.
Apalagi jika penghasilan anda dari bisnis online belum sesuai harapan… perhatian anda pasti akan beralih pada bisnis offline. Dan, anda akan berpikir, “saya akan serius di bisnis nyata…!”
Ini gawat!
Anda harus punya “kaca mata kuda” untuk mencegah mata anda melirik ke sana-sini dan menjauh dari bisnis online. Nah, apa dan bagaimana “kaca mata kuda” itu?
Jawabannya adalah anda harus punya mentor. Dengan adanya mentor, anda jadi punya seseorang yang bertanggung jawab membantu anda tetap fokus pada jalur bisnis anda. Mentor inilah yang akan membantu menampung kesulitan yang anda alami dan menampung segala keluh kesah anda.
Kadang-kadang hal ini sulit dilakukan, tetapi anda harus melakukannya!
Dobrak kesalahan #11:
Lakukan cek mental tiap hari dan tiap minggu untuk mengetahui apakah anda tetap semangat untuk mencapai tujuan anda. Apakah anda tetap fokus? Jika tidak, bagaimana bisa kembali ke jalur? Ingat, fokus sangat penting untuk mencapai kesuksesan!

Kesalahan #12:
Rumput tetangga selalu terlihat lebih hijau

Kita sering merasa jauh tertinggal dari orang lain. Rasanya orang lain jauh lebih sukses dan menghasilkan lebih banyak uang. Sementara kita merasa cuma bisa menghasilkan uang yang lebih sedikit.
Ini adalah kesalahan fatal!
Melihat kesuksesan orang lain sebenarnya bagus untuk memotivasi diri kita. Kita harus menanamkan: “Kalau dia bisa berhasil, saya pun pasti bisa!”
Tapi, sayangnya kita malah jadi merasa minder dan rendah diri. Hasilnya kita malah jadi pesimis “Saya sudah berusaha sekian lama tapi kenapa tidak pernah ada peningkatan?”
Harusnya, kita tidak boleh hanya merasa iri dengan kesuksesan orang lain saja. Sebaliknya kita berusaha mempelajari kunci kesuksesan mereka. Dan tidak cukup itu saja, segera bertindak mengikuti gaya kesuksesan mereka. Jangan racuni diri anda dengan virus pesimis!
Setiap waktu, ada baiknya kita pantau kemajuan orang lain melalui blog, website, forum,… lalu tekan pikiran kita untuk berusaha mengikuti jejak mereka. Melihat peningkatan bisnis orang lain harus jadi pengobar semangat anda!
Jangan sampai anda melihat orang lain makin meningkat, sementara anda jalan di tempat.
Dobrak kesalahan #12:
Jika anda hanya jadi penonton, anda hanya bisa melihat kemajuan orang lain, memberi applause buat mereka, dan ikut senang dengan kemajuan mereka. Buat orang-orang melihat kesuksesan ANDA juga!

Kesalahan #13:
Suka Berkhayal dan menunda-nunda

Salah satu Kesalahan FATAL yang kerap kita lakukan adalah hobi berkhayal. Berkhayal itu haram bagi anda yang ingin sukses.
Dalam bisnis online anda tidak boleh membuang waktu percuma. Anda tahu kalau berkhayal itu hanya kegiatan menghabiskan waktu? Saat anda sibuk dengan khayalan anda tentang kesuksesan, sebenarnya anda bisa lebih realistis dengan bertindak nyata mengupayakan terjadinya kesuksesan itu. Sekarang dan saat ini juga! Bukan nanti setelah anda puas mengkhayal.
Berkhayal hanyalah satu strategi orang malas untuk menunda-nunda pekerjaan. Atau, kadang kita berkhayal malah karena kita takut gagal.
Lalu bagaimana solusinya? Waktu berkhayal yang produktif bagi anda adalah ketika berkhayal itu digunakan sebagai bahan bakar untuk melakukan tindakan.
Dobrak kesalahan #13:
Jika anda berkhayal tentang sukses, gunakan itu untuk membakar tindakan anda ! HENTIKAN berkhayal, lakukan tindakan.

Kesalahan #14:
Terlalu mudah menyerah

Bisnis online itu membutuhkan kerja dan dedikasi. Dan, tahukah anda, banyak internet marketer menyerah justru ketika mereka sudah mendekati kesuksesan?
Permasalahannya, kita ini punya penyakit ‘terlalu mudah menyerah’. Belum ada pencapaian apa-apa kita sudah ngos-ngosan. Padahal garis finish tinggal dua meter di depan kita.
Untuk menyembuhkan penyakit ‘terlalu mudah menyerah’ ini kita harus punya obat yang ampuh. Seperti, kenali apa yang anda inginkan sebelum anda mulai. Ketahui bahwa untuk sukses diperlukan kerja keras dan kesuksesan tidak dapat diraih dalam semalam.
Anda mesti paham benar bahwa menghasilkan lebih banyak uang adalah impian anda dan anda HARUS melakukannya dengan benar. Tidak ada jalan pintas untuk mencapai kesuksesan!
Dobrak kesalahan #14:
Berkomitmen untuk melakukan apapun yang diperlukan sampai kapan pun! Berkomitmenlah untuk mencapai kesuksesan.
* * *
Bagaimana? Sudah anda pahami semua kesalahan fatal di atas? Berapa yang anda rasa masih melekat dalam diri anda? Satu? Dua? Atau bahkan semuanya?
14 kesalahan potensial di atas dapat menyebabkan bisnis anda gagal dan terpuruk. Jangan tergoda untuk mengelak “Oh, itu bukan saya!”, karena saya sangat yakin kita semua punya masalah yang sama.
Menyadari dan memperbaiki kesalahan yang kita lakukan dapat membuat kita yakin kalau kita MEMANG BISA!
Sekarang anda sudah tahu kunci-kunci Formula Ajaib untuk sukses. Saya harap anda segera mempraktekkan yang telah anda pelajari. Karena akan membawa anda menuju jalan mendapatkan penghasilan yang mencengangkan dan menciptakan sukses jangka panjang yang anda inginkan!
Punya pengalaman menarik berkaitan dengan masalah di atas?
Silakan sharing pengalaman anda! Sampaikan juga uneg-uneg maupun komentar anda tentang masalah ini dengan mengisi form komentar berikut ini.
Mari kita bahas bersama-sama!

No comments:

Post a Comment

Related Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...