A story with tens of thousands of articles.

A story with tens of thousands of articles.
life and death, blessing and cursing, from the main character in the hands of readers.

Wednesday, July 18, 2018

Menjadi “Whiner or Winner”?

Menjadi “Whiner or Winner”?

Excited, Happy, Woman, Fun, Happiness, Excitement
Mungkin ada di antara kita yang tidak mengenal *Jean-Dominique Bauby.* Ia pemimpin redaksi majalah Perancis ‘Elle’. Tahun 1996 ia meninggal pada usia 45 tahun setelah menyelesaikan memoar yang “ditulisnya” secara istimewa dan diberinya judul *Le Scaphandre et le Papillon* _(The Bubble and The Butterfly)_, yang mengisahkan tentang sang pemimpin redaksi itu.
Pada 1995 Jean terkena stroke yang menyebabkan seluruh tubuhnya lumpuh. Ia mengalami apa yang disebut _*’locked-in syndrome’,*_ kelumpuhan total yang ia sebut ‘seperti pikiran di dalam botol’. Memang Jean masih bisa berpikir jernih tetapi sama sekali tidak bisa berbicara maupun bergerak. Satu-satunya otot yang masih dapat diperintahnya adalah kelopak mata kiri. Jadi itulah caranya berkomunikasi dengan para perawatnya, dokter rumah sakit, keluarga dan teman-temannya.
Mereka menunjukkan huruf demi huruf dan si Jean akan berkedip bila huruf yang ditunjukkan adalah yang dipilihnya. ‘Bukan main’, kata setiap orang yang membaca kisahnya.
Buat kita, kegiatan menulis mungkin sepele dan menjadi hal yang biasa. Namun, kalau kita disuruh menulis dengan cara si Jean, barangkali kita harus menangis dulu berhari-hari.
Betapa mengagumkan tekad dan semangat hidup si Jean untuk tetap menulis dan membagikan kisah hidupnya yang begitu luar biasa. Ia meninggal 3 hari setelah bukunya diterbitkan.
Nah, berapa pun problem dan stress hidup kita, tiada artinya jika dibandingkan dengan problem si Jean.
Dalam memoarnya ia menulis: _*’Aku akan jadi orang paling bahagia di dunia ini, jika aku bisa menelan ludahku saja’.*_ Bisa dibayangkan, menelan ludah pun ia tak mampu, sementara banyak orang yang masih bisa makan bakmi dsb, mengeluh setiap hari, sepanjang tahun.
Apa lagi yang dikerjakan Jean dalam kelumpuhan totalnya selain menulis buku? Ia mendirikan asosiasi penderita ‘locked-in syndrome’ untuk membantu keluarga penderita. Ia juga menjadi ‘bintang film’ sebagai pemeran utama dalam film yang dibuat TV Perancis yang menceritakan kisah Jean. Ia merencanakan untuk menulis, menulis dan menulis buku selanjutnya. Pokoknya ia hidup *’to celebrate life, to do something good for others’.* _(rayakan hidup ini, dengan melakukan kebaikan bagi orang lain)_
Adakah arti kisah nyata si Jean buat kita? Betapa pun dahsyat masalah kita saat ini, stress berat, konflik batin dengan diri sendiri maupun orang lain, tak bahagia dengan pasangan, kebutuhan hidup tak terpenuhi, baru saja di-PHK dst, saya yakin kita masih bisa menelan ludah bukan ?
Mari, kita jangan terus menjadi *whiner* _(pengeluh abadi)_, melainkan jadi *winner* _(pemenang)_ atas kehidupan ini.
*”Bersukacitalah senantiasa. Tetaplah berdoa. Mengucap syukurlah dalam segala hal”*

No comments:

Post a Comment

Related Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...