Tentukan sendiri jalan cerita selanjutnya.

Tentukan sendiri jalan cerita selanjutnya.
SET YOURSELF THE NEXT STORY

Ads : 1 USD forever

This blog started to be written January 11, 2015.
Advertise your products and services here.
With 1 USD then your ad posted in the article forever.
1 USD per article forever.

A story with tens of thousands of articles.

A story with tens of thousands of articles.
life and death, blessing and cursing, from the main character in the hands of readers.

Campaign : Support my book "The ultimate guide to get life on earth as in heaven."

Campaign : Support my book "The ultimate guide to get life on earth as in heaven."
Campaign started October 17, 2015 (45 days)

Your contribution to my campaign

Sunday, April 1, 2018

4 Pilihan setelah lulus sekolah yang menentukan masa depan dari hidup kita

4 Pilihan setelah lulus sekolah yang menentukan masa depan dari hidup kita


Alangkah senangnya kalau kita lulus sekolah. Untuk mengungkapkan perasaan senang tersebut maka baju seragam yang kita pakai lalu dicoret-coret dengan tanda tangan atau kata kenang-kenangan dari teman-teman kita. Kadang-kadang guru dan kepala sekolah juga diminta untuk ikut menandatangani baju seragam kita.


Setelah itu kita berpawai di jalan-jalan raya dengan motor atau mobil sambil tertawa-tawa dengan perasaan senang. Seringkali pawai diikuti dengan kebut-kebutan di antara teman sekolah. Perbuatan kek begini, sebaiknya jangan diikuti karena kalau terjadi kecelakaan dan mendadak kita mati, maka kita sudah menyia-yiakan masa remaja kita. :)

Free stock photo of people, friends, school, fun

Source image: https://www.pexels.com/photo/accomplishment-ceremony-education-graduation-267885/


Padahal sebenarnya, kalau mau jujur, kita seharusnya sedih saat itu, karena kita akan berpisah dengan teman segenk kita. Sebab belum tentu pilihan kita sama dengan pilihan mereka. Ingatlah ini, masa-masa SMA adalah masa yang terindah dalam hidup kita. Jadi kita seharusnya merasa sedih, bukannya senang. Mendadak jadi terharu. Ihik, ihik... Nangis mendadak. Sedih... deh! Apalagi saat ingat malam perpisahan teman sekelas dulu. Semua pada nangis karena akan berpisah, termasuk wali kelas. Hua...hua, kok pada nangis sih, kok jadi pengen ikutan nangis sih, mendadak kok jadi pada cengeng yah. :)

Belum lagi kalau kita mesti berpisah dengan pacar kita karena kita kuliah di kota yang berbeda dengan pacar kita. Yah, demi masa depan yang indah dan bahagia kelak, maka kita terpaksa mesti melakukan hubungan jarak jauh (LDR) deh. Ihik, ihik... jadi tambah sedih neh. Hua...hua, mendadak tangisan menjadi kencang karena takut pacar direbut orang, setelah melakukan LDR.

4 Pilihan yang bisa anda lakukan setelah lulus sekolah
Setelah lulus Sekolah Menengah Atas (SMA/SMU) maka ada empat pilihan yang bisa kita ambil, yaitu:
1. Mulai bekerja.
Ada beberapa alasan kenapa kita tidak melanjutkan jenjang pendidikan kita ke tempat yang lebih tinggi:
a. Tidak ada biaya.
b. Tidak bakat sekolah tinggi karena nilai ulangan, rapor dan ujian saat di SMA hanya pas-pasan saja.
c. Ingin cepat mencari uang karena ingin segera mandiri. Biasalah. Biar bisa cepat kawin alias menikah. Betul-betul-betul? Ha...7x

Karena kita tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi maka mau tidak mau, suka tidak suka, kita harus bekerja. Terutama sekali bagi mereka (laki-laki) yang sedang pacaran, karena kalau tidak segera bekerja dan mendapatkan uang, terus bagaimana bisa menikah? Sebab jika kita tidak bekerja maka nanti isteri dan anak kita mau dikasih makan apa? Tentu saja kita pasti merasa sangat malu kalau isteri dan anak kita terpaksa harus dikasih makan oleh orang tua kita. Betul-betul-betul? He...7x

Jika kita memilih untuk bekerja maka kita harus tahu kalau cari kerja itu gampang kok.

2. Kuliah
Bagi mereka yang orang tua atau keluarganya mampu, biasanya mereka kuliah, baik kuliah di dalam negeri maupun kuliah di luar negeri. Biasanya mereka hanya kuliah dan tidak diperbolehkan bekerja oleh orang tua mereka dengan alasan takut kuliahnya terganggu. Setelah semester akhir atau sedang skripsi, barulah mereka diperbolehkan untuk bekerja oleh orang tua mereka dengan alasan mencari pengalaman kerja agar setelah lulus kerja bisa langsung menduduki posisi yang bagus di perusahaan.

Pertanyaannya sekarang adalah bagaimana dengan mereka yang orang tuanya hidup pas-pasan atau miskin, tapi ingin kuliah?

Asal kita tahu caranya, maka walaupun orang tua kita hidup miskin, tetapi kita tetap bisa kuliah kok.

Cara agar kita bisa kuliah, walaupun tidak punya uang:
a. Dengan mencari beasiswa. Zaman gini, dengan bantuan internet maka kita bisa kok mencari beasiswa, baik dari dalam maupun luar negeri. Lewat bantuan mesin pencari maka kita bisa kok mencari website dari para pemberi beasiswa, lalu kita pelajari bagaimana cara memperoleh bantuan beasiswa tersebut. Apa saja syarat-syaratnya. Terus kita mulai mengajukan permohonan beasiswa kepada mereka deh. Apapun hasilnya, apakah kita mendapatkan beasiswa atau tidak, yang penting kita sudah berusaha. :)
b. Dengan mencari donatur lewat crowdfunding seperti generosity (dulu bernama indiegogolife), gofundme, dll.


3. Kuliah sambil bekerja
Bagi mereka yang orang tua atau keluarganya berpenghasilan pas-pasan, maka mereka akan kuliah sambil bekerja.

Ada dua alasan kenapa mereka harus melakukan demikian:
a. Tidak ingin membebani orang tua lagi karena biaya kuliah yang sangat tinggi. Walaupun sudah mendapatkan beasiswa, bukan berarti tidak ada biaya kuliah. Sebab masih ada biaya untuk membeli buku-buku kuliah, biaya fotocopi untuk modul, biaya bikin paper, biaya transport pulang pergi ke kampus, biaya untuk makan dan minum selama kuliah di kampus, dlsb.
b. Ingin mempunyai penghasilan dari hasil keringat sendiri. Pasti bangga kan, kalau mau jajan atau mau beli ini dan beli itu, ga perlu minta uang lagi ke ortu.



4. Kawin
Lulus sekolah langsung kawin masih saja terjadi di Indonesia. Hal ini biasanya dilakukan oleh para remaja putri. Orang tua yang ingin cepat-cepat menimang cucu medesak bahkan seringkali memaksa agar putrinya segera kawin setelah lulus sekolah.



Lagu PERPISAHAN sekolah Paling SEDIH | Masa SMA - Angel 9 Band | Video Klip Terbaru


Kesimpulan
Jangan terlalu senang saat kita lulus sekolah, seharusnya kita merasa sedih karena genk kita di sekolah akan bubar. Dan kita akan segera kehilangan teman genk kita. Yang tersisa hanyalah saat-saat indah saat ngegenk di sekolah.

Hidup memang selalu begitu. Kadang kita senang, kadang kita sedih. Kadang kita ngegenk, kadang genk kita bubar.

Tapi jangan terlalu sedih karena kita bisa bikin genk baru kok saat kerja atau kuliah atau kuliah sambil kerja. Bahkan kita bisa bikin genk baru saat kawin dan mempunyai anak. Suami/isteri dan anak-anak, itulah anggota dari genk kita yang baru. Ha...7x

Pertanyaannya sekarang adalah dari keempat pilihan hidup di atas, maka kita pilih yang mana? Kalau penulis pilih kuliah dulu aja deh. :)

Apapun pilihan kita, baik dengan sukarela maupun dengan terpaksa, maka itu adalah jalan yang terbaik buat hidup kita.


Amin.

No comments:

Post a Comment

Related Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...