Tentukan sendiri jalan cerita selanjutnya.

Tentukan sendiri jalan cerita selanjutnya.
SET YOURSELF THE NEXT STORY

Ads : 1 USD forever

This blog started to be written January 11, 2015.
Advertise your products and services here.
With 1 USD then your ad posted in the article forever.
1 USD per article forever.

A story with tens of thousands of articles.

A story with tens of thousands of articles.
life and death, blessing and cursing, from the main character in the hands of readers.

Campaign : Support my book "The ultimate guide to get life on earth as in heaven."

Campaign : Support my book "The ultimate guide to get life on earth as in heaven."
Campaign started October 17, 2015 (45 days)

Your contribution to my campaign

Saturday, March 3, 2018

Dalam Nama Tuhan Yesus... Amin

Dalam Nama Tuhan Yesus... Amin



by Eunike Santosa



“Dalam nama Tuhan Yesus… Amin. “ Kalimat yang sudah tidak asing lagi bukan? Mulai dari anak kecil yang baru diajar berdoa oleh ibunya sampai pendeta terkenal biasanya mengakhiri doanya dengan kalimat ini. Bagi saya pribadi, terkadang kalimat ini sudah menjadi rutinitas dalam doa sehingga terkadang saya sudah tidak memikirkan maknanya lagi. Apalagi ketika mengikuti kebaktian doa dimana doa tersebut sudah sangat panjang, kalimat ini seperti menjadi nafas lega. Hehehe..

Back to topic, pernahkah kita merenungkan seberapa dalam arti kalimat yang sederhana ini?

Ketika saya mulai mengambil waktu sejenak dan berpikir serta merenungkan kalimat ini, saya menemukan lima hal dari arti kalimat “dalam nama Yesus”, yaitu:
  1. Salib Kristus
Kenapa salib Kristus? Karena kematian Kristus di kayu salib itulah yang memperbaiki relasi kita dengan Allah yang sebelumnya terputus oleh dosa. Karena Kristus, kita dapat layak untuk datang kepada Allah. Kita yang sebelumnya kotor, ga kudus, najis ini, tapi lewat darah Kristus yang dicurahkan itu telah membersihkan kita. Kita dapat datang dengan bebas, ngobrol dengan terbuka sama our heavenly Father.

In Jesus name means remember The Cross”

Kalimat “dalam nama Tuhan Yesus” ini mengingatkan bahwa, relasi doa yang kita punya ini adalah semata-mata karena anugrah Tuhan, karena karya agung Kristus, karena kasih Bapa, karena pengorbanan Kristus di atas salib.

2. Kristus sebagai Imam Besar

Pada saat Kristus mati di kayu salib, tirai/tabir bait suci terbelah dua. (Matius 27:51, Markus 15:38). Pada zaman perjanjian lama, tabir bait suci ini memisahkan antara ruang kudus dan ruang maha kudus. Ruang maha kudus ini hanya boleh dimasuki oleh imam besar saja, in which dia hanya boleh masuk sekali setahun dan sebelum masuk pun dia harus ngasih korban bakaran terlebih dahulu buat dosa-dosa yang perhaps dia and/or umatnya lakukan secara tidak sadar (Ibrani 9:7).

Terbelahnya tirai itu menandakan bahwa kita dapat masuk ke dalam tempat kudus karena Kristus telah buka jalan yang baru melalui tabir yaitu diri-Nya sendiri (Ibrani 10:19-20). Kristus telah datang sebagai Imam Besar dan Ia masuk ke tempat kudus dengan membawa darah-Nya sendiri, darah Anak Domba yang tak bercacat supaya kita bisa beribadah ke Tuhan (Ibrani 9:11-14). Hal ini menyatakan bahwa Kristus adalah pengantara kita kepada Bapa,

1Timotius 2:5-6Karena Allah itu esa dan esa pula Dia yang menjadi pengantara antara Allah dan manusia, yaitu manusia Kristus Yesus, yang telah menyerahkan diri-Nya sebagai tebusan bagi semua manusia: itu kesaksian pada waktu yang ditentukan.

  1. Christ's Divinity not Ours
Ketika kita berdoa, pernahkah kita memikirkan bahwa kita sedang memuliakan Tuhan lewat doa kita? Atau malah kita hanya memikirkan kepentingan pergumulan kita saja?
Kala seseorang sedang memimpin doa di depan umum dan menutup doanya dengan kalimat ini, dia sedang menyatakan kekuasaan Tuhan, peran Kristus. Kalimat ini merupakan pengakuan akan Dia bukan kita. 
 
Di dalam nama Yesus, kita dilayakkan, kita dipulihkan oleh karena Dia yang layak bukan kita. Ini menandakan bahwa harga diri kita, keegoisan kita, all of our desires, is nothing if it’s not for Jesus name. Kita bisa datang dengan segala permohonan kita dalam nama Kristus dan untuk Kristus saja.

  1. Perintah dan Janji Tuhan
Tuhan Yesus sendiri yang mengatakan untuk meminta dalam nama-Nya dan memberikan janji untuk diberikan. Namun janji ini pun tidak terlepas dari kedaulatan Tuhan untuk menolak permintaan kita tentunya. 
  • (Yohanes 14:13-14) dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak. Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya.
  • (Yohanes 15:16b) Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.
  • (Yohanes 16:23-24) Dan pada hari itu kamu tidak akan menanyakan apa-apa kepada-Ku. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepadamu dalam nama-Ku. Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatupun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu.
  1. Kedaulatan Allah
Berdoa dalam nama Tuhan Yesus itu berarti bahwa kita mengakui kedaulatan Allah sebagaimana Yesus sendiri mengakuinya:
- bukanlah kehendak-Ku melainkan kehedak-Mulah yang terjadi (Lukas 22:42),
- jangan seperti yang Kukehendaki melainkan seperti yang Engkau kehendaki (Matius 26:39).
Kita mengakui bahwa Allah adalah Allah yang Maha Tahu (omniscience). Dia adalah Allah yang punya recana indah atas hidup kita. Rancangan Tuhan adalah rancangan yang terindah. God’s plan is wise. Jadi pengakuan ini adalah sebagai bentuk penyerahan, submission kita akan keinginan kita kepada kehendak Allah. Kita percayakan semuanya kepada kebijaksanaan Tuhan sama seperti Kristus.

Sebuah kalimat yang simple yet very deep bukan?  Ketika direnungkan baik-baik, betapa luar biasanya maknanya.

Forgive me Lord for I have not taken this sentence seriously, for demeaning it by letting it be part of mere routines, for making a joke out of it. I’m sorry Lord. In Jesus Name I pray, Amen.


Siapa Yesus dan apa arti nama Yesus?
Bacaan: Filipi 2:6-11
Ayat:
6 yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, 7 melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia. 8 Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib. 9 Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama, 10 supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi,
11 dan segala lidah mengaku: “Yesus Kristus adalah Tuhan,” bagi kemuliaan Allah, Bapa!
Nah seringkali orang dibingungkan apakah Yesus dengan Allah adalah oknum yang sama atau 2 oknum yang berbeda? Mari kita pelajari dr bacaan filipi 2:6-11 ini kenapa disana dikatakan: Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama(ayat 9)
Nah kenapa Allah sangat meninggikan Dia(Yesus) dan mengaruniakan kepadaNya(Yesus) nama di atas segala nama? Wow bukankan arti nama di atas segala nama itu memiliki pengertian nama yang sangat hebat,kenapa bisa begitu?
Kita lihat pengertian nama Yesus, ditinjau dr bahasa ibraninya,krn dia berasal dr keturunan Daud(tunas daud) (wahyu 22:16)-->“Aku, Yesus, telah mengutus malaikat-Ku untuk memberi kesaksian tentang semuanya ini kepadamu bagi jemaat-jemaat. Aku adalah tunas, yaitu keturunan Daud, bintang timur yang gilang-gemilang.”
Dan dr suku yehuda,dan dikenal dengan yahudi atau ibrani.
ARTI NAMA YESUS
Nama YESUS bukan sekedar gelar bagi penyandang nama itu. Nama Yesus dalam bahasa Ibrani adalah , yõd - hê' - vâv - syïn - vâv - 'ayin,tulisan ibraninya: יהושע - YEHOSYUA'.
atau ישוע - YESYUA', yõd-syïn-vâv-'ayin (Ibrani-Aramaik, ibarat Alexander menjadi Alex saja).
Kata יהושע - YEHOSYUA' memang berasal dari dua kata Ibrani yaitu YHVH (TUHAN) dan (menyelamatkan). Jadi, nama Yesus berarti (TUHAN) adalah keselamatan atau "YHVH (TUHAN) menyelamatkan",
Makna kata יהושע - YEHOSYUA' ini mirip dengan kata (nabi Yesaya) hanya kombinasinya terbalik yaitu (menyelamatkan} dan (TUHAN).
* Kejadian 49:18
LAI TB, Aku menanti-nantikan keselamatan yang dari pada-Mu, ya TUHAN.
KJV, I have waited for thy salvation, O LORD.
Biblia Hebraic Stuttgartensia (BHS), Hebrew with vowels, live">
לִישׁוּעָתְךָ קִוִּיתִי יְהוָה׃
Translit, live"> LISYUATKHA QIVITI YEHOVAH (baca ADONAY)
* Yesaya 56:1
LAI TB, Beginilah firman TUHAN: Taatilah hukum dan tegakkanlah keadilan, sebab sebentar lagi akan datang keselamatan yang dari pada-Ku, dan keadilan-Ku akan dinyatakan.
KJV, Thus saith the LORD, Keep ye judgment, and do justice: for my salvation is near to come, and my righteousness to be revealed.
Hebrew, live">
כֹּה אָמַר יְהוָה שִׁמְרוּ מִשְׁפָּט וַעֲשׂוּ צְדָקָה כִּי־קְרֹובָה יְשׁוּעָתִי לָבֹוא וְצִדְקָתִי לְהִגָּלֹות׃
Translit, live">KOH 'AMAR YEHOVAH (baca ADONAY) SYIMRU MISYPAT VA'ASYOU TSEDAQAH KI-QEROVA YESYUATI LAVO' VETSIDQATI LEHIGALOT
* Yunus 2:9
LAI TB, Tetapi aku, dengan ucapan syukur akan kupersembahkan korban kepada-Mu; apa yang kunazarkan akan kubayar. Keselamatan adalah dari TUHAN!
KJV, But I will sacrifice unto thee with the voice of thanksgiving; I will pay that that I have vowed. Salvation is of the LORD.
Hebrew, live">
וַאֲנִי בְּקֹול תֹּודָה אֶזְבְּחָה־לָּךְ אֲשֶׁר נָדַרְתִּי אֲשַׁלֵּמָה יְשׁוּעָתָה לַיהוָה׃ ס
Translit, live">VA'ANI BEQOL TODAH 'EZBEKHAH-LAKH ASYER NADARTI ASYALEMAH YESYUATAH LAYEHOVAH
Jadi Yesus dlm bhs ibraninya: Yehoshua: artinya Tuhan menyelamatkan,
Dr namanya berarti Yesus bukan pribadi yang berbeda dengan Allah tapi dia sehakekat dengan Allah makanya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan nama itu atas segala nama karena Dia itu memang Tuhan yang menyelamatkan-->Yesus.
Dan di Filipi 2:10-11 dikatakan:
10supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi,
11 dan segala lidah mengaku: “Yesus Kristus adalah Tuhan,” bagi kemuliaan Allah, Bapa!
Karena didalam nama Yesus yg artinya Tuhan menyelamatkan itulah nama yang berkuasa ata segala yg dibumi dan dilangit karena Dia adalah Allah(Tuhan) yang menyelamatkan. Dan pada akhirnya tidak ada keraguan untuk mengatakan seperti di ayat 11 yaitu semua lidah mengaku Yesus adalah Tuhan,karena keselamatan hanya ada pada namaNya, keselamatan Allah diwujudkan dlm diri Yesus kristus ,Allah(Tuhan) penyelamat kita.... ☆˚◦°•˚◦  äмën  ˚◦°•˚◦☆,

No comments:

Post a Comment

Related Posts

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...