28 Kesamaan Yusuf dan Yesus

Banyak catatan Perjanjian Lama tentang orang-orang dan peristiwa-peristiwa menceritakan kejadian-kejadian secara langsung yang memiliki bayangan dari apa yang akan terjadi. Misalnya, Musa mengatakan kepada orang Israel tentang seorang Nabi lain, yang seperti dia, yang akan datang kemudian dan yang akan meminta kesetiaan dan ketaatan total dari orang Israel; kitab Mazmur menggambarkan pengalaman-pengalaman Daud, namun Mazmur juga berbicara tentang Anak Daud yang Lebih Besar, sang Mesias.
Mungkin salah satu kisah Alkitab yang paling dikenal dan disukai, selain kisah bahtera Nuh dan air bah, Daud dan Goliat, adalah kisah Yusuf dan jubah beraneka warna. Kisah hidup Yusuf memberi banyak pelajaran dan aplikasi-aplikasi berharga dalam kehidupan. Namun ada juga aspek profetik dari kisah tersebut yang menubuatkan Mesias itu sendiri. Ada banyak persamaan yang menarik (lebih dari 100) antara Yusuf, anak yang dikasihi Yakub, dan Yeshua (Yesus), Anak Elohim yang akan datang di panggung sejarah umat manusia berabad-abad kemudian. Berikut ini beberapa persamaan di antara keduanya:
1. Dikasihi bapanya
Yusuf:
Kejadian 37:3 Tetapi Israel mencintai Yusuf lebih daripada semua anaknya, karena baginya dia adalah anak pada masa tuanya; dan dia telah membuatkan baginya jubah panjang.
Yeshua:
Matius 3:17 Dan, perhatikanlah suatu suara dari surga yang mengatakan, “Inilah Putra-Ku Yang Terkasih, kepada-Nyalah Aku berkenan!”
2. Dicemburui dan dibenci tanpa alasan
Yusuf:
Kejadian 37:4 Dan saudara-saudaranya melihat bahwa ayah mereka mencintai dia lebih daripada semua saudaranya, maka bencilah mereka kepadanya, dan mereka tidak mau menyapanya dengan ramah.
Yeshua:
Markus 15:10 Sebab ia mengetahui, bahwa para imam kepala itu telah menyerahkan Dia karena iri hati.
Yohanes 15:25 Namun supaya dapat digenapi firman yang telah tertulis di dalam Torah mereka: Mereka membenci Aku tanpa alasan.
3. Tunas dari tanah kering
Yusuf:
Kejadian 37:3 Tetapi Israel mencintai Yusuf lebih daripada semua anaknya, karena baginya dia adalah anak pada masa tuanya;
Yeshua:
Yesaya 53:2 Ya, dia tumbuh bagaikan tunas muda di hadapan-Nya, dan bagaikan akar dari tanah yang kering. Dia tidak mempunyai bentuk ataupun kemuliaan sehingga kita memandangnya, ataupun rupa, sehingga kita mengingininya.
4. Dia menubuatkan bahwa satu hari, dia akan memerintah
Yusuf:
Kejadian 37:7 Maka, tampaklah kita sedang mengikat berkas-berkas gandum di tengah-tengah ladang, dan tampaklah berkasku bangkit dan juga berdiri tegak, tetapi tampaklah berkas-berkas kalian mengelilingi dan bersujud pada berkasku.”
Yeshua:
Matius 26:64 YESHUA berkata kepadanya, “Engkau telah mengatakannya! Namun demikian, Aku berkata kepadamu, sejak sekarang kamu akan melihat Anak Manusia duduk di sebelah kanan kuasa dan datang di atas awan-awan di langit.”
5. Dituduh sebagai pemimpi atau orang gila
Yusuf:
Kejadian 37:19 Dan mereka berkata seorang kepada yang lain, “Lihat, si tukang mimpi itu datang!”
Yeshua:
Markus 3:21 Dan, setelah orang-orang di sekitar itu mendengar-Nya, mereka keluar untuk menahan Dia, karena mereka berkata bahwa Dia kurang waras.
6. Diutus bapanya untuk mencari saudara-saudaranya
Yusuf:
Kejadian 37:14 Dan dia (Yakub) berkata kepadanya, “Aku minta, pergilah engkau, lihatlah keselamatan saudara-saudaramu dan keselamatan kawanan domba, dan bawalah kembali kabar kepadaku.” Maka dia mengutusnya dari Lembah Hebron, dan sampailah dia di Sikhem.
Yeshua:
Lukas 20:13 Lalu tuan pemilik kebun anggur itu berkata: Apakah yang harus aku perbuat? Aku akan mengutus anakku yang terkasih, mungkin setelah melihatnya mereka akan menghormatinya.
7. Pergi dengan sepenuh hati hingga dia menemukan saudara-saudaranya
Yusuf:
Kejadian 37:17 Dan berkatalah orang itu, “Mereka telah beranjak dari sini karena aku telah mendengar ada yang berkata: Marilah kita pergi ke Dotan.” Maka Yusuf menyusul saudara-saudaranya, dan ia menjumpai mereka di Dotan.
Yeshua:
Ibrani 10:9 Lalu Dia berkata: “Lihatlah, Aku datang untuk melakukan kehendak-Mu, ya Elohim.”
Yohanes 1:11 Dia telah datang kepada milik-Nya, dan milik-Nya tidak menerima Dia.
8. Ditolak dan diserahkan untuk mati
Yusuf:
Kejadian 37:18 Dan mereka melihatnya dari jauh, bahkan sebelum ia mendekat kepada mereka, maka mereka bersekongkol terhadapnya untuk membunuh dia.
Yeshua:
Lukas 19:14 Akan tetapi warga kerajaannya membenci dia, dan mengutus seorang utusan di belakang dia dengan mengatakan: Kami tidak mau orang ini memerintah atas kami.
Lukas 23:21 Namun mereka berteriak sambil berkata, “Salibkanlah! Salibkanlah Dia!”
9. Dilucuti pakaiannya
Yusuf:
Kejadian 37:23 Dan terjadilah, ketika Yusuf sampai kepada saudara-saudaranya, maka mereka melucuti jubah Yusuf, jubah panjang yang dikenakannya.
Yeshua:
Matius 27:28 Dan mereka menelanjangi Dia, …
10. Dibuang ke dalam lubang, ditinggalkan, sendirian
Yusuf:
Kejadian 37:24 Lalu mereka menyeretnya dan melemparkannya ke dalam sumur, …
Yeshua:
Matius 12:40 … demikianlah Anak Manusia akan berada di dalam rahim bumi tiga hari dan tiga malam.
11. Dijual dengan uang perak ke dalam tangan Goyim (bangsa lain)
Yusuf:
Kejadian 37:28 Ketika saudagar-saudagar Midian itu lewat, maka mereka menarik dan mengangkat Yusuf dari sumur itu, dan mereka menjual Yusuf kepada orang-orang Ismael itu dengan harga dua puluh shikal perak. Dan mereka membawa Yusuf ke Mesir.
Yeshua:
Matius 26:15 berkata, “Kamu mau memberikan apa kepadaku, agar aku menyerahkan Dia kepadamu?” Dan mereka menetapkan tiga puluh keping perak baginya.
Markus 14:41 Cukuplah. Saatnya sudah tiba, lihat, Anak Manusia diserahkan ke tangan orang-orang berdosa.
Lukas 24:7 seraya berkata, “Sudah seharusnya Anak Manusia diserahkan ke tangan orang-orang berdosa dan disalibkan dan bangkit pada hari ketiga!”
Kisah 2:23 sesuai dengan rencana yang telah ditentukan dan diketahui sebelumnya oleh Elohim, Dia telah diserahkan kepadamu, lalu kamu membunuh-Nya dengan menyalibkan-Nya melalui tangan orang-orang durhaka.
12. Diangkat dari dalam lubang
Yusuf:
Kejadian 37:28 Ketika saudagar-saudagar Midian itu lewat, maka mereka menarik dan mengangkat Yusuf dari sumur itu, dan mereka menjual Yusuf kepada orang-orang Ismael itu dengan harga dua puluh shikal perak. Dan mereka membawa Yusuf ke Mesir.
Yeshua:
1Korintus 15:4 dan bahwa Dia telah dikuburkan, juga bahwa Dia telah dibangkitkan pada hari yang ketiga sesuai dengan kitab suci,
13. Menjadi hamba
Yusuf:
Kejadian 39:1-2 Dan Yusuf telah dibawa ke Mesir, dan Potifar seorang Mesir, pegawai Firaun, pemimpin para algojo, telah membelinya dari tangan orang-orang Ismael yang telah membawanya ke sana… dan dia berada di rumah tuannya, orang Mesir itu.
Yeshua:
Lukas 22:27 Siapa yang lebih besar, orang yang duduk makan atau yang melayani? Bukankah orang yang duduk makan? Namun, Aku ada di tengah-tengahmu sebagai orang yang melayani.
Filipi 2:7 Sebaliknya, Dia sudah mengosongkan diri-Nya sendiri dengan mengambil rupa seorang hamba agar berada dalam keserupaan manusia.
14. Segala hal yang dia perbuat berhasil
Yusuf:
Kejadian 39:3 Dan tuannya melihat bahwa YAHWEH ada bersamanya, dan segala yang ia kerjakan, YAHWEH yang membuatnya berhasil di tangannya.
Yeshua:
Yesaya 53:10 Namun YAHWEH berkehendak untuk meremukkannya (Mesias Yeshua), membuatnya sakit. Sekiranya dia menaruh jiwanya sebagai persembahan penebus salah, dia akan melihat benihnya, dia akan memperpanjang hari-harinya, dan dalam tangannya kehendak YAHWEH akan berhasil.
15. Bertahan dalam pencobaan
Yusuf:
Kejadian 39:7-10 Dan setelah hal-hal ini terjadilah, bahwa istri tuannya memandang kepada Yusuf, dan berkata, “Berbaringlah denganku!” Tetapi dia menolak dan berkata kepada istri tuannya itu, … Dan terjadilah, sekalipun bujukan wanita itu kepada Yusuf dari hari ke hari, tetapi dia tidak mendengarkan kepadanya untuk berbaring di sisinya, bersetubuh dengannya.
Yeshua:
Matius 4:1 Kemudian, YESHUA dipimpin oleh Roh ke tengah padang gurun untuk dicobai oleh si iblis.
Ibrani 7:26 Sebab Imam Besar seperti itulah yang sesuai bagi kita: yang kudus, tanpa salah, tanpa cacat, yang terpisah dari orang-orang berdosa, dan lebih tinggi daripada langit yang telah ada;
Ibrani 4:15 Sebab Imam Besar yang kita miliki adalah Imam Besar yang dapat merasakan kelemahan-kelemahan kita, dan sama seperti kita, Dia telah dicobai dalam segala sesuatu, tetapi Dia tidak berbuat dosa.
16. Difitnah
Yusuf:
Kejadian 39:17 Lalu, wanita itu (istri Potifar) berbicara kepadanya sesuai dengan perkataannya itu, dengan mengatakan, “Budak Ibrani yang telah engkau bawa kepada kita, dia telah masuk mendekatiku untuk mempermainkan aku. Namun terjadilah, ketika aku menyaringkan suaraku dan berteriak, maka dia meninggalkan bajunya di dekatku, lalu ia melarikan diri ke luar.”
Yeshua:
Matius 26:60-61 tetapi mereka tidak menemukannya, dan sekalipun banyak saksi dusta hadir, mereka belum menemukannya. Namun akhirnya, setelah dua saksi dusta datang, mereka berkata, “Orang ini mengatakan: Aku berkuasa untuk merobohkan tempat suci Elohim dan membangunnya dalam tiga hari!”
17. Terhitung di antara penjahat/orang berdosa
Yusuf:
Kejadian 39:20 Kemudian majikan Yusuf menangkapnya dan menyerahkannya ke rumah bundar, tempat para tahanan raja dikurung; dan dia berada di sana, di dalam rumah bundar itu.
Yeshua:
Lukas 23:33 Dan ketika mereka sampai di tempat yang disebut Tengkorak, di sana mereka menyalibkan Dia (Yeshua) dan para penjahat itu, seorang di sebelah kanan dan yang lain di sebelah kiri.
18. Menjanjikan pembebasan bagi orang yang dihukum
Yusuf:
Kejadian 40:13 Dalam tiga hari lagi, Firaun akan menegakkan kepalamu dan mengembalikan engkau (kepala juru minuman) pada kedudukanmu semula dan engkau akan mempersembahkan cawan Firaun ke tangannya, sebagaimana keputusan yang semula yaitu engkau menjadi juru minumannya.
Yeshua:
Lukas 23:43 Dan Yeshua berkata kepadanya, “Sesungguhnya Aku berkata kepadamu, hari ini engkau (penjahat yang disalib di sebelah Yeshua) akan bersama dengan Aku di dalam firdaus.”
19. Menubuatkan masa depan dengan tepat
Yusuf:
Kejadian 41:13 Dan terjadilah, sebagaimana dia (Yusuf) telah mengartikannya kepada kami, demikianlah yang terjadi: aku (kepala juru minuman), ia (Firaun) telah mengembalikannya pada keadaan semula, dan dia (kepala juru roti), dia (Firaun) telah menggantungnya.”
Yeshua:
Yohanes 13:19 Aku berkata kepadamu sejak sekarang, sebelum itu terjadi, supaya bilamana hal itu terjadi kamu dapat percaya bahwa Akulah Dia.
20. Terbukti sebagai penasihat agung
Yusuf:
Kejadian 41:39 Dan Firaun berkata kepada Yusuf, “Oleh karena Elohim membuat kamu mengetahui semua hal ini, maka tidak seorang pun yang berakal budi dan bijaksana seperti engkau.”
Yeshua:
Yesaya 9:6 Sebab, seorang Anak telah lahir bagi kita, seorang Putra telah diberikan kepada kita, dan pemerintahan ada di bahu-Nya, dan Nama-Nya disebut Ajaib, Penasihat, Elohim Yang Perkasa, Bapa Yang Kekal, Raja Damai.
21. Diangkat ke dalam kemuliaan dan hormat, dan diberikan nama baru
Yusuf:
Kejadian 41:41,45 Dan berkatalah Firaun kepada Yusuf, “Lihatlah, aku telah mengangkat engkau menguasai seluruh negeri Mesir.” … Lalu Firaun menyebut nama Yusuf: Zafnat-Paaneah, dan dia memberikan kepadanya Asnat anak Potifera, imam di On, sebagai istrinya. Dan Yusuf pergi menjelajah seluruh tanah Mesir.
Yeshua:
Filipi 2:9 Oleh karena itu pula Elohim telah meninggikan Dia dan menganugerahkan kepada-Nya Nama itu, yang di atas segala nama;
22. Semua orang diperintahkan sujud kepadanya
Yusuf:
Kejadian 41:43 Dan dia (Firaun) membuatnya (Yusuf) berkendaraan kereta miliknya yang kedua –dan orang berseru di hadapannya, “Bersujud!”– dan memberikan kepadanya kuasa atas seluruh Tanah Mesir.
Yeshua:
Filipi 2:10 supaya di dalam Nama YESHUA, setiap lutut, yang surgawi dan duniawi dan yang di bawah bumi, akan bertelut,
23. Menyediakan bagi semua yang membutuhkan
Yusuf:
Kejadian 41:57 dan seluruh penduduk bumi berdatangan ke Mesir untuk membeli kepada Yusuf, karena kelaparan itu demikian hebat di seluruh bumi.
Yeshua:
Yohanes 6:35 Dan YESHUA berkata kepada mereka, “Akulah roti kehidupan; siapa yang datang kepada-Ku, ia sekali-kali tidak akan lapar, dan siapa yang percaya kepada-Ku, ia sekali-kali tidak akan haus.
24. Bangsanya sendiri tidak mengenalinya
Yusuf:
Kejadian 42:8 Dan Yusuf mengenali saudara-saudaranya itu, tetapi mereka tidak mengenalinya.
Yeshua:
Yohanes 14:9 YESHUA berkata kepadanya, “Telah demikian lama Aku ada bersama kamu, dan engkau belum mengenal Aku, …
2Korintus 3:14-15 Namun pikiran mereka telah dikeraskan, sebab sampai hari ini selubung yang sama tetap menyelubungi mereka dan tidak tersingkapkan pada waktu mereka membaca Perjanjian Lama. Sebab hanya Kristus yang dapat menyingkapkannya. Bahkan sampai hari ini, ketika Kitab Musa dibaca, suatu selubung menutupi hati mereka.
25. Saudara-saudaranya ketakutan dan bersedih hati ketika akhirnya berjumpa dia
Yusuf:
Kejadian 45:3-5 Dan berkatalah Yusuf kepada saudara-saudaranya, “Akulah Yusuf! Apakah ayahku masih hidup?” Dan saudara-saudaranya tidak dapat menjawabnya, karena mereka sangat ketakutan di hadapannya. Lalu Yusuf berkata kepada saudara-saudaranya itu, “Aku mohon, mendekatlah kepadaku!” Dan mendekatlah mereka. Kemudian dia berkata, “Akulah Yusuf, saudaramu, yang kamu jual ke Mesir. Tetapi sekarang, janganlah bersedih hati dan jangan pula menyalahkan diri sendiri bahwa kamu telah menjual aku ke sini, karena, untuk menyelamatkan kehidupanlah Elohim telah menyuruh aku mendahului kamu.”
Yeshua:
Zakharia 12:10 Lalu, ke atas keluarga Daud dan ke atas penduduk Yerusalem, Aku akan mencurahkan roh anugerah dan permohonan. Dan mereka akan memandang kepada-Ku yang telah mereka tikam; mereka akan meratap atas-Nya, seperti ratapan atas anak tunggal; dan akan merasa pahit karena-Nya, seperti merasa pahit karena anak sulung.
26. Penolakan oleh bangsanya menyebabkan keselamatan sampai kepada seluruh dunia
Yusuf:
Kejadian 41:57 dan seluruh penduduk bumi berdatangan ke Mesir untuk membeli kepada Yusuf, karena kelaparan itu demikian hebat di seluruh bumi.
Kejadian 45:5 Tetapi sekarang, janganlah bersedih hati dan jangan pula menyalahkan diri sendiri bahwa kamu telah menjual aku ke sini, karena, untuk menyelamatkan kehidupanlah Elohim telah menyuruh aku mendahului kamu.
Yeshua:
Roma 11:11-15 Selanjutnya aku berkata, apakah mereka (Yahudi) tersandung sehingga mereka jatuh? Tidaklah demikian! Namun oleh kesalahan mereka (Yahudi), keselamatan sampai kepada bangsa-bangsa lain untuk membuat mereka (Yahudi) cemburu. Dan jika kesalahan mereka (Yahudi) menjadi kekayaan bagi dunia dan kegagalan mereka (Yahudi) menjadi kekayaan bagi bangsa-bangsa lain, betapa lebihnya kesempurnaan mereka (Yahudi). Sebab jika penolakan mereka (Yahudi) berarti pendamaian bagi dunia, apakah arti penerimaan mereka (Yahudi), kalau bukan kebangkitan dari antara yang mati?
27. Mengijinkan saudara-saudaranya mengalami suatu periode Tribulasi
Yusuf:
Baca Kejadian 42:6-44:34.
Yeshua:
Matius 24:21 Sebab, pada waktu itu akan terjadi kesukaran besar seperti yang belum pernah terjadi sejak awal dunia sampai sekarang, bahkan sekali-kali tidak akan pernah terjadi.
Daniel 12:1 Pada waktu itu akan muncul Mikhael, pemimpin besar yang akan mendampingi anak-anak bangsamu. Dan akan ada suatu masa kesusahan yang besar, yang belum pernah terjadi sejak bangsa-bangsa ada sampai pada waktu itu. Dan pada waktu itu bangsamu akan dibebaskan, yakni semua orang yang akan didapati namanya tertulis dalam kitab itu.
Yeremia 30:7 Wahai! Alangkah hebatnya hari itu, sehingga tidak ada yang seperti itu. Dan inilah waktu kesusahan Yakub, tetapi dia akan diselamatkan darinya.
Wahyu 7:14 Lalu ia berkata kepadaku, “Mereka ini adalah orang-orang yang keluar dari kesengsaraan besar, mereka telah mencuci jubahnya dan membuatnya putih di dalam darah Anak Domba.”
28. Penyataan diri dan rekonsiliasi
Yusuf:
Kejadian 45:3-5 Dan berkatalah Yusuf kepada saudara-saudaranya, “Akulah Yusuf! …” Dan saudara-saudaranya tidak dapat menjawabnya, karena mereka sangat ketakutan di hadapannya. Lalu Yusuf berkata kepada saudara-saudaranya itu, “Aku mohon, mendekatlah kepadaku!” Dan mendekatlah mereka. Kemudian dia berkata, “Akulah Yusuf, saudaramu, yang kamu jual ke Mesir. Tetapi sekarang, janganlah bersedih hati dan jangan pula menyalahkan diri sendiri bahwa kamu telah menjual aku ke sini, karena, untuk menyelamatkan kehidupanlah Elohim telah menyuruh aku mendahului kamu.”
Yeshua:
Roma 11:25-26 Saudara-saudara, aku tidak mengharapkan bahwa kamu tidak mengetahui rahasia ini, supaya kamu tidak menganggap diri bijaksana, sebab kekerasan hati sebagian Israel telah berlangsung sampai jumlah yang masuk dari bangsa-bangsa bukan Yahudi sudah genap. Dengan demikian seluruh Israel akan diselamatkan, sama seperti yang telah tertulis: “Dari Sion akan datang Pembebas dan Dia akan menyingkirkan kefasikan dari Yakub.”

Kesimpulan

  1. Yusuf adalah tipikal Mesias. Kesamaan-kesamaannya begitu menakjubkan dan dramatis, dan merupakan kesaksian tentang Mesias dalam Perjanjian Lama.
  2. Seluruh Kitab Suci (Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru) diinspirasi oleh Elohim, Kitab Suci tidak dapat dipisah-pisahkan.
  3. Pola yang dialami Yusuf memberikan pesan profetik tentang peristiwa-peristiwa yang akan terjadi di masa depan pada Akhir Zaman: melewati masa Tribulasi, Mesias akan menyatakan diri kepada saudara-saudara-Nya (Yahudi), dan mereka direkonsiliasi.
Roma 11:15 Sebab jika penolakan mereka (Yahudi) berarti pendamaian bagi dunia, apakah arti penerimaan, kalau bukan kehidupan dari antara yang mati?

Referensi: